Cara Mengatur Mapel Rapor di Dapodik



Entri Rapor di Aplikasi Dapodik saat ini telah menjadi pembahasan utama para operator sekolah (OPS).

Dalam berbagai forum diskusi, kawan-kawan operator banyak yang menanyakan mengenai hal tersebut. Untuk itu, kali ini saya akan coba membantu memberi penjelasan. Tema utamanya adalah tentang Cara Mengatur Mapel Rapor di Dapodik.

Tentu penjelasan saya ini berasal dari pengetahuan pribadi dan pengalaman mengatur Mapel Rapor di dalam Aplikasi Dapodik.

Rencananya saya akan membuat tutorial mengenai entri nilai rapor secara berkelanjutan. Supaya bisa membantu teman-teman yang akan mengentri nilai.

Saya juga akan menyertakan video tutorialnya di dalam artikel (KALAU SAYA TIDA KECAPEKAN). Tujuannya, supaya anda semua bisa melihat secara langsung tahap demi tahap yang harus dilalui.

Kembali ke pokok pembahasan artikel ini, sebelum anda mengentri nilai rapor terlebih dahulu anda harus mengatur mata pelajaran yang terdapat di rapor ke dalam Aplikasi Dapodik.

 Cara Mengatur Mapel Rapor di Dapodik


Data Mapel ini nantinya akan secara otomatis muncul ketika guru mapel melakukan input nilai mata pelajaran.

Dengan mengatur mapel ini, nantinya juga bisa dilihat siapa yang wajib mengentrikan nilai mapel terkait. Maka dari itu, anda sebagai operator sekolah harus mengatur susunan mata pelajaran di Aplikasi Dapodik secara valid sesuai dengan yang tertera di dalam rapor.

Namun sebelum melakukan pengaturan mata pelajaran, terlebih dahulu anda harus melakukan registrasi data nilai rapor.

Mengenai hal ini, saya telah menjelaskannya dalam artikel yang berjudul Cara Registrasi Data Prefill Nilai Rapor di Dapodik.

Registrasi prefill nilai ini sangat penting sekali, sebab jika anda belum melakukan registrasi maka tidak akan bisa mengentri nilai. Maka lakukanlah setiap langkah dengan benar.

Cara Mengatur Mapel Rapor di Dapodik


Jika anda masih bingung mengenai Cara Mengatur Mapel Rapor di Dapodik, berikut ini kami sajikan langkah-langkah lengkapnya:

  1. Silahkan Login ke dalam Aplikasi Dapodikdasmen dengan menggunakan Akun Operator Sekolah. (Ingat!!! Yang bisa dan wajib mengatur mapel rapor adalah operator)
  2. Klik Menu Nilai, Kemudian Klik Rapor. Tunggu sampai Jendela Mata Evaluasi Rapor muncul
  3. Setelah Jendela Mata Evaluasi muncul, silahkan Pilih Tahun Pelajaran yang akan anda isikan data mapelnya. Misalnya saja 2016/2017 Ganjil. 2016/2017 menunjukkan tahun pelajaran. Sedangkan ganjil menunjukkan semester
  4. Lalu pilih Rombongan Belajar (Rombel). Entri semua rombel yang memang wajib dientrikan data nilai rapornya
  5. Klik Tombol Tambah berwarna Biru, gunanya untuk melakukan Penambahan Mata Pelajaran
  6. Nanti akan muncul jendela Tambah Mata Evaluasi untuk Rombel yang anda pilih
  7. Pilih Pembelajaran sesuaikan urutannya dengan yang ada di rapor
  8. Setelah anda isi, kemudian Klik Tombol Simpan dan Tutup. Maka secara otomatis, mata evaluasi yang anda tambahkan akan masuk ke dalam daftar rapor
  9. Ulangi proses penginputan tersebut sampai dengan seluruh mata pelajaran selesai di entri
  10. Jangan lupa, ketika selesai silahkan Klik Simpan Klik Tombol Simpan berwarna Hijau di atasnya.

Berikut ini video tutorial Cara Mengatur Mapel Rapor di Dapodik



Silahkan anda perhatikan gambar yang ada di atas. Gunakanlah tombol-tombol yang sudah saya tandai tersebut.

Tambahan: Proses pengentrian mapel pada setiap rombel sama. Jadi setelah anda selesai menginput data mapel untuk satu rombel, maka silahkan dilanjutkan untuk rombel berikutnya.

Ketika anda sudah mengentri semua mapel rapor di dapodik, maka pada semester selanjutnya tidak perlu melakukan input mapel secara manual lagi.

Anda cukup melakukan Klik terhadap Tombol Salin Template Mata Evaluasi berwarna ungu yang berada di bawahnya.

Maka secara otomatis mapel yang sudah anda entri akan muncul dengan sendirinya. Apabila ada mapel yang ingin diubah silahkan gunakan Tombol Ubah yang berada di atas.

Jika anda hendak menghapus mapel yang sudah dientri maka gunakanlah Tombol Hapus yang berwarna merah.

Penutup


Silahkan anda coba panduan yang saya buat tersebut. Lakukan langkah demi langkah dengan benar supaya proses pengaturan mapel sesuai dengan aturan yang berlaku.

Pada intinya, pengaturan mapel rapor di dapodik ini harus anda sesuaikan dengan yang tertera pada rapor. Terutama di bagian urutan setiap mata pelajaran harus sama.

Demikianlah informasi mengenai Cara Mengatur Mapel Rapor di Dapodik yang dapat saya sampaikan kepada anda sekalian.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara Mengatur Mapel Rapor di Dapodik"

Posting Komentar