Cut Off Entri Nilai Rapor, US/USBN di Dapodik


Cut Off Entri Nilai Rapor, US/USBN di Dapodik - Kawan-kawan Operator Sekolah di seluruh Indonesia, bagaimana kabar anda? Semoga kita semua selalu senantiasa diberikan kesehatan dan kenikmatan sehingga bisa terus menjalankan tugas pendataan pendidikan.

Mengingatkan kembali, bahwa pada saat ini Tim Dapodikdasmen Pusat telah melakukan pembaruan terhadap Aplikasi Dapodik.

Saat ini, Dapodik telah diupdate menjadi Aplikasi Dapodik Versi 2017-B. Bagi anda yang masih menggunakan aplikasi dapodik versi lama, maka segeralah untuk diperbarui.

Sebab jika tidak segera anda perbarui maka data anda tidak akan bisa dikirim ke server dapodikdasmen pusat.

Perlu anda fahami bahwa pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2017-B adalah updater, bukannya installer. Sehingga anda tidak perlu melakukan uninstall (mencopot) aplikasi dapodik lama yang sudah terpasan di PC.

Cut Off Entri Nilai Rapor, US/USBN di Dapodik


Anda cukup mengunduh updaternya saja di website dapodikdasmen, kemudian lakukan instalasi software dan ikuti semua petunjuk yang ada sampai dengan prosesnya selesai.

Setelah proses pembaruan berhasil, nantinya akan muncul keterangan di halaman Home Dapodik anda.  Di situ akan ada keterangan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2017-B.

Jika keterangan tersebut belum muncul, lakukanlah refresh ulang terhadap aplikasi dapodik. Atau juga bisa menghapus history pada browser yang anda gunakan.

Baca juga: Cara Mengatur Mapel Rapor di Dapodik

Setelah riwayat penelusuran dihapus, akses kembali localhost dapodik. Pasti nanti keterangan Aplikasi Dapodik versi 2017-B akan muncul.

Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2017-B

Seperti biasanya, dalam setiap pembaruan Aplikasi Dapodik baik itu installer maupun updater pasti ada beberapa hal yang diperbarui.

Begitu juga pada Aplikasi Dapodik Versi 2017-B. Di dalam updater ini, ada beberapa pembaruan yang dilakukan oleh admin pusat.

Di antara pembaruan tersebut, terdapat penambahan 2 fitur baru yang saat ini menjadi perbincangan hangat para operator di berbagai forum. Kedua fitur tersebut adalah sebagai berikut:

1. Fitur Entri Nilai Rapor

Saat ini sekolah diwajibkan melakukan entri nilai rapor menggunakan dapodik. Proses pengentrian ini dilakukan oleh setiap guru mata pelajaran. Memang setiap jenjang sekolah berbeda-beda dalam hal rapor semester berapa saja yang harus dientri.

Hal ini dipengaruhi dengan jenjang dan kurikulum apa yang dipakai oleh sekolah tersebut. Mengenai penjelasan ini, silahkan anda baca sendiri pada panduan singkat Aplikasi Dapodik Versi 2017-B.

Di dalam panduan tersebut, sudah dijelaskan tentang ketentuan pengentrian nilai rapor bagi setiap sekolah.

2. Fitur Entri Nilai US/USBN

Penambahan Fitur kedua adalah penambahan Fitur Entri Nilai US/USBN. Setelah selesai melaksanakan US/USBN, sekolah harus mengentrikan nilainya menggunakan Aplikasi Dapodik.

Sama seperti entri nilai rapor, entri nilai US/USBN juga dilakukan langsung oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan.

Tentu mapel US/USBN di setiap jenjang sekolah berbeda-beda. Anda harus mengetahui dan memahami hal ini, supaya ketika melakukan pengentrian nilai tidak keliru.

Sebenarnya kedua fitur tersebut diperuntukkan bagi semua jenjang pendidikan, mulai dari SD sampai dengan SMA/SMK sederajat.

Namun saat ini, khusus untuk jenjang pendidikan SD dan SLB fitur tersebut belum terakomodir. Sehingga saat ini belum perlu mengentri nilai.

Nampakanya nanti akan ada pembaruan Aplikasi Dapodik lagi untuk mengakomodir entri nilai untuk jenjang SD dan SLB.

Cut Off Entri Nilai Rapor, US/USBN di Dapodik


Terkait dengan Entri Nilai Rapor, US/USBN di Dapodik, banyak dari kawan-kawan operator yang menanyakan kapan batas akhirnya?

Pertanyaan ini sangat wajar, mengingat dalam setiap pendataan di Dapodik ada batas akhirnya atau Cut Off.

Jika melebihi batas cutt off yang telah ditentukan maka data tidak akan bisa dikirim ke server pusat.

Nah berkaitan dengan Batas akhir Entri Nilai Rapor, US/USBN di Dapodik adalah tanggal 31 Mei 2017.

Hal ini sesuai surat edaran dari Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah yang berisi tentang Pengisian Nilai Akhir Rapor, US dan USBN di Dapodik.

Nanti jika informasi ini sudah ada, akan secara resmi dipublikasi melalui website dapodikdasmen.

Maka anda semua tidak perlu resah. Kendati demikian, alangkah baiknya segera anda selesaikan proses entri nilai ini, supaya cepat selesai.

Demikian informasi mengenai Cut Off Entri Nilai Rapor, US/USBN di Dapodik yang bisa saya sampaikan kepada anda semuanya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel