Tanya Jawab Seputar Pendaftaran CPNS Online Tahun 2017

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) telah resmi dibuka. Bagi anda yang berminat segera saja mendaftarkan diri anda melalui laman scn.bkn.go.id.

Sebelum anda mendaftar online, ada baiknya anda membaca informasi Tanya Jawab Seputar Pendaftaran CPNS Online Tahun 2017 berikut ini supaya tidak terjadi kesalahan dan kendala.

Tanya Jawab Seputar Pendaftaran CPNS Online Tahun 2017


Ada  fokus pembahasan dalam tanya jawab ini yaitu, Pendaftaran, Perbaikan Data, Kartu, Dokumen, Koneksi dan Aduan. Silahkan simak baik-baik ya.

PENDAFTARAN


Apakah yang dimaksud SSCN itu?

SSCN atau Sistem Seleksi CPNS Nasional adalah sebuah situs resmi untuk pendaftaran CPNS secara nasional yang digunakan sebagai pintu pendaftaran pertama seleksi CPNS di seluruh Instansi baik di tingkat Pusat maupun Daerah dan juga dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI sebagai Panitia Seleksi CPNS Nasional. Website SSCN ini bisa diakses dengan memasukkan alamat https://sscn.bkn.go.id

Berapakah Batas Usia Pelamar CPNS pada Tahun 2017?

Batas maksimal usia pelamar CPNS untuk Tahun 2017 ialah sesuai dengan pengumuman persyaratan yang terdapat pada masing-masing instansi.

Bagaimanakah apabila data Kependudukan dan juga Catatan Sipil saya tidak sesuai dengan  data ijazah?

Silahkan hubungi pihak Kantor DUKCAPIL sesuaikan alamat KTP guna melakukan perbaikan data agar sesuai dengan dokumen resmi yang Anda miliki.

Bagaimanakah cara pengisian data nama yang benar?

Cara pengisian Nama yang benar adalah menuliskan Nama TANPA GELAR

Apakah bisa/boleh melamar lebih dari 1 (satu) jabatan?

Untuk formasi CPNS pada tahun 2017, masing-masing pelamar CPNS bisa mendaftar 1  formasi jabatan pada 1 instansi di dalam 1  kali periode pendaftaran.

Apakah yang dimaksud dengan periode pendaftaran?

Periode pendaftaran adalah satu kurun waktu tertentu di mana terdapat beberapa instansi yang akan membuka pendaftaran CPNS pada waktu yang bersamaan.

Bagaimanakah apabila saya mengalami kendala pendaftaran di Instansi/lembaga yang memakai portal mandiri?

Silahkan Anda mengubungi Call Center atau Customer Care Instansi yang tersedia.

Apakah yang dimaksud portal mandiri itu?

Portal mandiri adalah sebuah website pendaftaran CPNS online yang dimiliki oleh pihak instansi yang telah membuka pendaftaran CPNS.

Bagaimanakah apabila kode Captcha tidak terbaca atau tidak muncul?


Silahkan anda lakukan clear history lalu refresh browser dengan cara menekan tombol (ctrl + f5).

Bagaimanakah apabila data tempat lahir pendaftar tidak terdapat di referensi?

Data tempat lahir yang dipakai hingga pada Daerah Tingkat II (Kabupaten/Kota) pada waktu pendaftar lahir dan bukan data wilayah pemekaran pada saat sekarang. Pastikanlah bahwa data tempat lahir yang anda ketikkan sudah benar. Apabila anda masih membutuhkan penambahan referensi maka bisa melakukan permintaan penambahan data tempat lahir dengan cara klik link tombol HelpDesk SSCN Tahun 2017.

Apa yang harus dilakukan apabila tidak ada tombol "DAFTAR" pada formulir pendaftaran?

Hal itu disebabkan karena jadwal pendaftaran belum resmi dibuka atau telah ditutup oleh pihak SSCN, silahkan anda hubungi Instansi untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Ketika melakukan login SSCN, tampil konfirmasi "User Tidak Ditemukan", bagaimanakah solusinya?

Silahkan cek ulang Kartu Informasi Akun SSCN Anda, pastikanlah bahwa username yang anda ketikkan telah sesuai dengan username yang terdapat pada Kartu tersebut. Apabila masih tampil informasi "User Tidak Ditemukan" maka anda bisa menghubungi pihak HelpDesk SSCN Tahun 2017.

Ketika melakukan login SSCN, tampil konfirmasi "User Tidak Ditemukan", bagaimanakah solusinya?

Kami akan melakukan pengecekan terhadap database SSCN Tahun 2017, maka dari itu dibutuhkan beberapa dokumen pendukung berupa FC KTP, KK sebagai barang bukti pencarian data. Anda juga bisa menghubungi pihak HelpDesk SSCN 2017.

Ketika melakukan login SSCN, tampill konfirmasi "Password Salah", bagaimanaka solusinya?

Silahkan cek ulang Kartu Informasi Akun SSCN Anda guna memastikan bahwa User dan Password telah terdaftar ke dalam SSCN. Silahkan Anda hubungi HelpDesk SSCN 2017.

Saya telah melakukan pendaftaran akun SSCN Tahun 2017, apakah dapat langsung melakukan login guna melanjutkan pengisian biodata pendaftaran?

Sesuah anda melakukan pendaftaran akun SSCN Tahun 2017, maka anda bisa langsung melakukan proses pengisian biodata pendaftaran dengan cara login memakai NIK dan password yang telah dibuat.

Bisakah saya mengganti/membatalkan instansi yang suda dipilih?


Anda tidak bisa mengganti instansi yang sudaah dipilih jika telah menekan tombol kirim.

PERBAIKAN DATA


Apakah diperbolehkan memperbaiki data yang telah dikirim?

Anda TIDAK BISA memperbaiki data yang telah di kirim, maka dari itr anda harus BERHATI-HATI ketika mengisi data. Jika ternyata masih terdapat data yang perlu diperbaiki sesudah dikirim maka data tersebut bisa diperbaiki ketika sudah lulus dalam ujian dan akan diproses pemberkasan guna penetapan NIP

Bagaimanakah cara untuk mengubah pilihan instansi pendaftaran?

Apabila anda belum melakukan proses "simpan" pendaftaran maka anda masih bisa mengubah pilihan instansi yang akan dilamar. Tetapi apabila anda sudah selesai melakukan proses pendaftaran maka anda TIDAK BISA MELAKUKAN PERUBAHAN pilihan instansi yang dilamar tersebut.

KARTU


Bagaimanakah apabila hasil cetak Kartu Informasi di Akun SSCN tidak sesuai dengan data isian?

Silahkan lakukan clear history terhadap Komputer lalu refresh browser dengan cara menekan tombol (ctrl + f5).

Bagaimanakah cara untuk mencetak ulang Kartu Informasi Akun SSCN 2017?

Silahkan Anda Log In ke dalam portal SSCN dengan memakai NIK dan juga password yang sudah didaftarkan kemudian pilih menu Riwayat

DOKUMEN


Bagaimana Solusi Tidak dapat upload  dokumen?

Pastikanlah bahwa ukuran file yang akan diupload tidak melebihi kapasitas 300 Kb per file, format file ialah dalam bentuk PDF, jika melebihi ukuran tersebut maka secara otomatis file atau berkas yang akan diupload atau kirim gagal atau ditolak

Bagaimanakah cara untuk upload (unggah) dokumen persyaratan?


Pastikanlah bahwa ukuran file yang akan diupload tidak melebihi kapasitas 300 Kb, format file ialah dalam bentuk PDF, kemudian buka link BUKU PETUNJUK PENDAFTARAN SSCN 2017 v.1

Berapakah ukuran file yang diupload dalam sistem?
  1. Pas Foto yang berwarna maksimal ukuran 200 Kb
  2. Dokumen lain maksimal ukuran ialah 300 Kb per dokumen
Bagaimanakah supaya proses upload dokumen bisa lebih cepat?

Bersihkan cache, cookies (riwayat history) sehingga anda dapat lebih cepat dalam proses UPLOAD Dokumen, pakailah koneksi internet yang cukup besar. agar dalam pengiriman file atau berkas dapat berjalan lancar sesuai dengan kuota yang sudah disediakan.

Apa sajakah dokumen yang harus diupload?

Untuk syarat dokumen apa saja yang harus diupload pendaftar bisa dapat di lihat pada pengumuman pendaftaran masing-masing instansi.

Saya telah mendaftar secara online, apakah perlu juga mengirimkan berkas fisik untuk proses seleksi administrasi?

Anda bisa memperhatikan pengumuman dan menyiapkan berbagai berkas tersebut saat dibutuhkan pada tahapan tes tertentu.

Bagaimanakah apabila kartu pendaftaran atau kartu ujian hilang?

Anda bisa mencetak ulang Kartu Informasi Akun, Kartu Pendaftaran SSCN serta Kartu Peserta Ujian dengan cara login ke dalam portal SSCN.

Apakah saya dapat mengupload ulang dokumen yang telah diupload?

Dokumen yang telah di upload tidak bisa di upload ulang. Maka dari itu anda harus berhati-hati dalam mengunggah dokumen pastikanlah bahwa semuanya telah sesuai dengan persyaratan dan di cek ulang sebelum melakukan proses upload dokumen.

KONEKSI


Bagaimanakah apabila aplikasi yang diakses menjadi lambat?

Pastikanlah koneksi internet Anda dalam kondisi yang stabil. Pastikan juga layanan internet yang digunakan mempunyai cukup banyak bandwidth.

ADUAN


Apakah ada biaya tertentu untuk pendaftaran CPNS?


Pendaftaran CPNS ini TIDAK DIKENAKAN BIAYA apapu. Segeralah LAPORKAN kepada jik ada oknum yang meminta sejumlah uang kepada anda.

Bagaimana jika ada oknum yang meminta sejumlah uang kepada pendaftara untuk meloloskan seleksi CPNS?

Hati-hati itu adalah PENIPUAN!!! Segera LAPORKAN kepada PANSELNAS BKN atau pihak berwajib setempat.

Demikianlah informasi mengenai Tanya Jawab Seputar Pendaftaran CPNS Online Tahun 2017 yang bisa kami sampaikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel