Panduan Penulisan Soal USBN PAS dan PAT SMP Terbaru


Membuat soal adalah salah satu tugas guru yang sangat penting sekali. Sebab dalam kegiatan tersebut, profesionalitas guru akan dapat dilihat. Apakah dia mampu membuat soal sesuai dengan ketentuan yang berlaku atau belum.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi kepada anda mengenai Panduan Penulisan Soal USBN, PAS dan PAT SMP Terbaru.

Panduan Penulisan Soal USBN PAS dan PAT SMP Terbaru


Di dalam buku panduan tersebut dijelaskan mengenai cara membuat soal yang baik dan berkualitas. Sehingga bisa membuat peserta didik melakukan aktivitas berpikir tingkat tinggi. Sehingga peserta didik akan benar-benar bisa melatih diri mereka untuk berpikir serius dalam mengerjakan setiap soal yang dibuat oleh para guru.

Untuk membuat soal yang membuat peserta didik menjadi berpikir tinggi tentunya bukan perkara yang mudah. Dibutuhkan pemahaman yang baik mengenai teknik-teknik penulisan soal dan latihan pembuatan soal secara berkelanjutan agar seorang guru bisa membuat soal yang berkualitas.

Baca juga: Panduan Penulisan Soal USBN PAS dan PAT SD

Kita sering sekali menemui terutama ketika pelaksanaan PAS atau PAT yang di mana soal dibuat oleh masing-masing guru, biasanya sangat tekstual sekali dan cenderung berada pada tahap hafalan peserta didik.

Soal-soal seperti itu hanya akan membuat peserta didik menjadi pribadi yang mengutamakan hafalan. Padahal untuk bisa melatih siswa agar terbiasa menggunakan berpikir tingkat tinggi, maka guru harus membuat soal yang bisa memantik daya analisis siswa.

Tentu untuk memubuat soal demikian dibutuhkan latihan secara berkelanjutan supaya memperoleh kualitas pembuatan soal yang benar-benar kredibel.

Untuk itu, sebagai bahan acuan dalam pembuatan soal Puspendik Kemendikbud telah membuat buku Panduan Penulisan Soal USBN PAS dan PAT SMP yang sangat lengkap sekali.

Di dalamnya juga dijelaskan bagaimana cara membuat soal Pilihan Ganda dan Essai yang baik dan berkualitas. bagaimana mana aturan yang benar, serta apa-apa saja yang tidak boleh dilakukan dalam membuat soal.

Download Panduan Penulisan Soal USBN PAS dan PAT SMP

Adapun Buku Panduan Penulisan Soal USBN PAS dan PAT SMP terbaru ini bisa anda unduh pada link di bawah ini:

SIMPAN FILE

Demikianlah informasi mengenai Panduan Penulisan Soal USBN PAS dan PAT SMP yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel