100+ Soal PPPK Guru SD Materi Bahasa Indonesia dan Jawabannya | Part 2

Pada artikel kali ini admin akan berbagi informasi mengenai 100+ Soal PPPK Guru SD Materi Bahasa Indonesia dan Jawabannya | Part 2 kepada anda semuanya.

Silahkan simak di bawah ini :


16. Ani, peserta didik kelas 3 SD, sudah bisa berbicara dengan lancar dengan jumlah kata bisa sampai 12 kata dalam satu kalimat. Ani juga sudah dapat memahami penjelasan gurudi kelas, sehingga mampu mengikuti pelajaran dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa Ani berada pada fase ….

A. pragmatik

B. semantik

C. sintaksis

D. morfologis

E. fonologis

Jawaban : B


17. Kata nyanyian terdiri atas ….

A. delapan fonem, yaitu /n/, /y/, /a/, /n/, /y/, /i/, /a/, /n/

B. enam fonem, yaitu /ny/, /a/, /ny/, /i/, /a/, /n/

C. enam fonem, yaitu /ñ/, /a/, /ñ/, /i/, /a/, /n/

D. empat fonem, yaitu /ñ/, /a/, /i/, /n/

E. tiga fonem, yaitu /nya/, /nyi/, /an/

Jawaban : C


18. Pemenggalan kata transmigrasi yang paling tepat adalah ….

A. tran-smig-ra-si

B. tran-smi-gra-si

C. trans-mig-ra-si

D. trans-mi-gra-si

E. trans-mi-gras-i

Jawaban : C


19. “Seekor anak gajah terperangkap dalam lubang yang sangat besar”. Kata yang mengandung morfem terikat pada kalimat di atas adalah ....

A. seekor dan gajah

B. anak dan terperangkap

C. terperangkap dan lubang

D. seekor dan terperangkap

E. lubang dan besar

Jawaban : D


20. Proses pembentukan kata pertanggungjawaban berasal dari ….

A. tanggung jawab + per-an

B. pertanggung + jawaban

C. pertanggung + jawab + -an

D. per- + tanggung + jawaban

E. per- + tanggung + jawab + -an

Jawaban : A


21. Kata-kata berikut yang bukan kata sifat adalah … .

A. cemerlang

B. pahit

C. telantar

D. rata

E. sakit

Jawaban : C


22. Kelompok kata di bawah ini yang merupakan frasa adalah … .

A. ayah pergi

B. bapakku guru

C. sepatu baru

D. aldo mahasiswa

E. adik menang

Jawaban : C


23. Mantan pejabat itu duduk di meja hijau untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Meja hijau pada kalimat di atas bermakna ... .

A. denotatif

B. konotatif

C. leksikal

D. gramatikal

E. asosiatif

Jawaban : B


24. Penggunaan ejaan yang tidak tepat pada kalimat di bawah ini adalah … .

A. Ibu menasehati adik, “Hati-hati di jalan!”

B. “Kek, saya sudah menyampaikan pesan ini kepada Nenek.”

C. “Dimana rumahmu, Dik?” tanya Jani.

D. Gubernur Papua Barat mengunjungi para pengungsi.

E. Kakak Kinan membeli jeruk bali di pasar.

Jawaban : C


25. Pernyataan di bawah ini yang menunjukkan perbedaan menyimak dan membaca adalah… .

A. membaca membutuhkan sumber bahan tulisan, sedangkan menyimak membutuhkan sumber lisan

B. menyimak bersifat reseptif, sedangkan membaca bersifat produktif

C. menyimak adalah kegiatan yang disengaja, membaca adalah kegiatan yang tidak disengaja

D. menyimak bertujuan untuk memahami secara mendalam, sedangkan membaca hanya sekedar memahami

E. membaca dilakukan dengan bersuara, sedangkan menyimak tidak bersuara

Jawaban : A


26. Bacalah kalimat-kalimat berikut!

(1) Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.

(2) Dengan demikian, organ gerak pada hewan dan manusia dapat dikatakan memiliki kesamaan.

(3) Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot.

(4) Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan.

Urutan kalimat yang padu adalah … .

A. (1), (2), (3), (4)

B. (4), (3), (2), (1)

C. (3), (1), (4), (2)

D. (3), (4), (1), (2)

E. (1), (3), (4), (2)

Jawaban : D


27. Kelebihan sistem baru dalam penilaian rapor sekolah dasar dibandingkan dengan penilaian rapor sebelum tahun 2014 adalah … .

A. adanya predikat dalam rapor memudahkan guru dalam menentukan rangking peserta didik di kelas

B. untuk menilai sikap, keterampilan, dan pengetahuan hanya dapat dilakukan dalam bentuk penilaian deskriptif

C. gambaran kemampuan peserta didik dapat digunakan sebagai pemacu peningkatan kompetensinya

D. sebagai pengganti ujian nasional untuk sekolah dasar sekolah dasar luar biasa, dan madrasah ibtidaiyah yang telah dihapuskan

E. hasil penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan dilaporkan dalam bentuk nilai, predikat, dan deskripsi

Jawaban : C


Bacalah puisi berikut!

GURUKU PAHLAWANKU

Oleh: Cindy Agustin

Sinar pagi yang cerah...

Membuat aku bergegas untuk berangkat sekolah

Sungguh senang hari ini

Demi mendapat ilmu

Aku rela berjalan kaki

Untuk meraih suksesku

Gurulah yang memberiku ilmu

Gurulah yang menyemangatiku

Gurulah yang membimbingku

Tanpa ilmu aku takkan sukses

Tidak ada guru tidak ada pula ilmu

Terima kasih guru

Kaulah guru terhebat bagiku

Kaulah pahlawanku

Pahlawan tanpa tanda jasa

Jika suatu saat nanti aku sudah menjadi sepertimu

Aku akan memberikan ilmu yang kau berikan kepada ku

Untuk mereka yang membutuhkanku

Guru jasamu akan selalu kukenang

28. Puisi di atas bertemakan tentang ... .

A. pendidikan

B. ilmu

C. guru

D. motivasi

E. cita-cita

Jawaban : A


29. Bacalah cerita berikut!

Dengan cepat kehebatan Serunting menyebar luas hingga ke negeri seberang. Kabar tentang kehebatan Si Pahit Lidah pun terdengar oleh Si Empat Mata, yaitu pendekar yang mempunyai kesaktian mandra guna dari negeri India, karena merasa kesaktiannya tersaingi oleh Si Pahit lidah, ia pun memutuskan untuk pergi ke Sumatra dan menantang Si Pahit Lidah bertarung untuk menentukan siapakah yang paling kuat diantara mereka. Sesampainya di Sumatera, ia pun mencari dan bertemu dengan Si Pahit Lidah, pertarungan pun tak bisa terelakkan lagi, mereka berdua bertarung dengan mengeluarkan segala kesaktian yang dimilikinya, namun setelah beberapa hari bertarung mereka berdua masih saja imbang, tidak ada yang menang ataupun kalah.

Tiba-tiba di tengah pertarungan mereka tibalah tetua kampung untuk memberikan solusi agar mereka bisa menentukan siapakah yang paling hebat diantara mereka. Tetua kampung itu menantang mereka berdua untuk memakan buah aren yang telah dibawa oleh tetua kampung yang sebelumnya tanpa sepengatahuan mereka telah di beri racun yang sangat mematikan. Karena kesombongan mereka, mereka pun menerima tantangan itu. Si Pahit lidah mendapat giliran yang pertama, ia berfikir bahwa ia tidak akan apa-apakalau hanya memakan buah aren saja, itu adalah tantangan yang sangat mudah, maka segera ia memakan buah aren itu, tidak lama setelah ia memakan buah aren itu, ia pun terkapar dan mati seketika.

Mengetahui Saingannya mati, Si Empat mata merasa bahwa kini tidak ada lagi yang bisa menyaingi kekuatannya, ia pun segera mengambil buah aren sisa Si Pahit lidah dan memakannya, namun nasib yang sama menghampirinya, ia pun mati terkapar setelah memakan buah itu. Jasad mereka berdua pun dimakamkan di Danau Ranau oleh masyarakat sekitar. Kini di kampung itu tidak ada lagi orang kuat yang berperilaku sombong dan berbuat semaunya untuk menyakiti masyarakat, dan masyarakat pun kembali hidup damai setelah kepergian Si Pahit Lidah dan Si Empat Mata untuk selamanya.

Pepatah yang tepat untuk menggambarkan cerita di atas adalah ... .

A. nasi sudah menjadi bubur

B. sedia payung sebelum hujan

C. di atas langit masih ada langit

D. hiduplah seperti ilmu padi

E. sepandai-pandainya tupai melompat akan jatuh jua

Jawaban : C


30. Bahasa Indonesia mempunyai kedudukan dan fungsi yang penting bagi kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, sasaran pembelajaran bahasa Indonesia di SD adalah peserta didik terampil dalam berbahasa Indonesia, dengan kata lain mampu berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tertulis. Berdasarkan hal tersebut, rumusan yang tidak terkait dengan tujuan pembelajaran bahasa Indonesia di SD adalah …

A. Peserta didik mampu berkomunikasi secara efektif dan efisien dengan etika yang berlaku, baik lisan maupun tertulis.

B. Peserta didik dapat menghargai bahasa dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.

C. Peserta didik mampu menguasai konsep fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan pragmatik dalam bahasa Indonesia.

D. Peserta didik dapat menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk meningkatkan wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan bahasa.

E. Peserta didik mampu menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual serta kematangan emosional dan sosial.

Jawaban : C

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel