100+ Soal Sumatif Akhir Semester (SAS) Informatika Kelas 10 dan Jawabannya Kurikulum Merdeka

Hallo sobat semuanya pada artikel kali ini admin akan berbagi 100+ Soal SAS Informatika Kelas 10 Semester 1 dan Jawabannya Kurikulum Merdeka kepada anda semuanya.

Simak di bawah ini :


1. Apa yang dimaksud dengan Informatika?

Jawaban : Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut.


2. Sebutkan bidang-bidang informatika?

Jawaban : 

Bidang Informatika dikelompokkan menjadi beberapa bidang pengetahuan. Bidang-bidang tersebut sebagai berikut.

a. Berpikir Komputasional (BK).

b. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

c. Sistem Komputer (SK).

d. Jaringan Komputer dan Internet (JKI).

e. Analisis Data (AD).

f. Algoritma dan Pemrograman (AP).

g. Dampak Sosial Informatika (DSI).

h. Praktik Lintas Bidang (BLP)


3. Apa yang dimaksud dengan berpikir komputasional?

Jawaban : Berpikir komputasional adalah suatu metode pemecahan masalah dengan mengaplikasikan/melibatkan teknik yang digunakan oleh software engineer dalam menulis program


4. Jelaskan langkah-langkah dalam proses abstraksi suatu masalah.

Jawaban : 

a. Mengumpulkan submasalah dari hasil dekomposisi.

b. Menentukan skala kebutuhan dari sub masalah tersebut terhadap seberapa besar dampak dari submasalah terse but terhadap masalah kompleks.

c. Menghilangkan submasalah yang memiliki skala kebutuhan tidak terlalu penting hingga tidak penting


5.  Apa yang dimaksud dengan spreadsheet?

Jawaban : Spreadsheet adalah program yang difungsikan untuk mengolah data berupa angka.


6. Berikan contoh perangkat lunak untuk pembuatan presentasi, 

Jawaban : Microsoft Office PowerPoint, OpenOffice Presentation, Google Slide, dan lain-lain.


7. Apa yang dimaksud dengan Infografis chart?

Jawaban : Infografis chart adalah jenis infografis yang menampilkan informasi dengan menggunakan berbagai jenis chart atau grafik yang disesuaikan dengan poin utama informasi.


8. Jelaskan hal-hal yang perlu ditampilkan saat membuat infografis!

Jawaban :

a. Pemilihan kata-kata kunci. Karena sempitnya ruangan, pemilihan kata kunci dan kalimat yang singkat dan bermakna harus diperhatikan. 

b. Pemilihan huruf yang sesuai ukuran dan jenisnya. 

c. Pemilihan ilustrasi (grafik, gambar) yang sesuai. 

d. Tata warna yang serasi dan sesuai dengan konteks. Beberapa warna mempunyai arti tersendiri. Bahkan, kalian perlu memerhatikan komposisi warna agar teman yang buta warna akan masih bisa menginterpretasi dengan baik. 

e. Tata letak yang baik.


9. Jelaskan yang dimaksud dengan Sistem computer!

Jawaban : Sistem komputer adalah kumpulan perangkat-perangkat komputer yang saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain untuk melakukan proses pengolahan data, sehingga dapat menghasilkan informasi yang diharapkan oleh penggunanya


10. Jelaskan tiga jenis komputer berdasarkan ukurannya!

Jawaban : 

a. Microcomputer (Komputer Mikro) 

Komputer mikro merupakan komputer yang memiliki ukuran paling kecil dibandingkan dengan jenis komputer lainnya dan menggunakan microprocessor sebagai CPU atau unit pemrosesan utama. 

b. Personal Computer (PC) 

Komputer personal atau PC memiliki ukuran yang lebih besar dari komputer mikro dan memiliki kemampuan penyimpanan dan pengolahan data yang lebih besar dibandingkan dengan komputer mikro, dan dibuat untuk penggunaan personal. PC dapat berbentuk desktop PC (dirancang untuk ditaruh di meja), atau untuk dapat dijinjing dan dibawa-bawa (laptop).

c. Mini PC

Mini PC merupakan komputer “peralihan” dari komputer personal ke komputer mini yang dipakai di industri. Biasanya, dipakai untuk industri kecil atau personal untuk keperluan profesional atau industri kecil.


11. Apa yang dimaksud dengan jaringan lokal? 

Jawaban : Jaringan lokal adalah jaringan komputer berkabel maupun nirkabel yang menghubungkan komputer dengan perangkat lainnya dalam area terbatas, seperti tempat tinggal, sekolah, laboratorium, kampus universitas, atau gedung kantor.


12. Apa fungsi dari IP addres? 

Jawaban : IP address berfungsi sebagai alamat pengiriman data dari satu perangkat ke perangkat lain. Mungkin IP address bisa dianalogikan seperti alamat rumah. Saat akan mengirim paket, tentunya akan lebih mudah kalau sudah mengetahui alamat pastinya. Sama halnya dengan ketika akan mengirim data dari satu perangkat ke perangkat lain. Pengirim harus tahu data itu akan dikirim ke komputer dengan IP address yang mana


13. Sebutkan cara yang bisa dilakukan untuk melindungi data pribadi dari kejahatan siber!

Jawaban :

a. Memastikan data terenkripsi.

b. Berhati-hati saat menggunakan jaringan wifi.

c. Mewaspadai tautan phising.

d. Menggunakan password yang sulit ditebak.

e. Menggunakan metode incognito ketika berselancar.


14. Apa fungsi dari Router?

Jawaban :  Fungsi utama router adalah sebagai perangkat dalam jaringan komputer yang digunakan sebagai penghubung antara jaringan atau network. Router yang menentukan jalur mana yang terbaik untuk dilewati paket data sehingga data dapat sampai ke tujuannya


15. Apa fungsi dari Ethernet Card (LAN Card)? 

Jawaban : Ethernet card atau lebih populer dengan istilah LAN card adalah kartu jaringan yang berfungsi sebagai penghubung antarkomputer dengan sebuah jaringan. Umumnya, LAN cardini sudah terintegrasi dengan motherboard komputer dan laptop, namun ada juga berupa kartu yang ditancapkan ke motherboard. Bahkan seiring dengan laju perkembangan, ada juga yang berupa USB


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel