Syarat Pengajuan Guru Inpassing Terbaru 2017

Persyaratan untuk Pengajuan Guru  Inpassing Terbaru 2017. Sobat Guru di seluruh Indonesia, bagaimana kabar anda semua? Semoga anda semua selalu dalam keadaan sehat sehingga bisa terus menjalankan tugas mulia, mendidik para generasi muda penerus bangsa agar terlepas dari segala macam bentuk kebodohan. Kemajuan bangsa Indonesia di masa depan berada di tangan anda sekalian.
Sahabat Guru, pada kesempatan kali ini saya akan berbagai informasi terkait dengan Program Pemberian Keseteraan Jabatan dan Pangkat Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil atau Non PNS yang biasa disebut sebagai Inpassing. Tentu sebagai guru anda sekalian tak asing dengan nama ini bukan Sebuah program yang cukup didambakan oleh guru sebagai bentuk pemenuhan kesejahteraan.

Oke, bagi anda yang belum tahu tentang program Inpassing akan saya jelaskan terlebih dahulu, Pemberian kesetaraan jabatan dan pangkat bagi Guru bukan Pegawai Negeri Sipil atau yang disebut Inpassing adalah adalah penyetaraan jabatan antara guru Swasta dan PNS yang dilihat berdasarkan kualifikasi akademik, masa kerja dan sertifikat pendidik.

Semua itu kemudian diformulasikan menggunakan angka kredit, jabatan dan pangkat yang akan disamakan dengan jabatan fungsional PNS Guru.

Syarat Pengajuan Guru Inpassing Terbaru 2017
Syarat Pengajuan Guru Inpassing Terbaru 2017.

Atau dalam bahasa sederhananya adalah, setelah guru mendapatkan Inpassing maka gajinya per bulan akan setara dengan PNS. Yang kemudian gaji tersebut dibedakan sesuai dengan golongannya. Dengan memperhitungkan angka kredit jabatan dan Pangkat yang dimiliki oleh seorang guru selama dia mengajar. Perlu diketahui, syarat utama agar bisa memperoleh Inpassing adalah guru tersebut sudah mendapatkan Sertifikasi Guru.

Sebenarnya, apa sih tujuan diadakannya Inpassing? Tentu bagi anda yang belum tahu pasti akan bertanya-tanya demikian. Perlu anda mengerti, setidaknya terdapat tiga tujuan utama program Inpassing, yaitu:

1. Menetapkan Inpassing atau kesetaraan jabatan dan pangkat GBPNS sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku/

2. Akan menjadi acuan/rujukan bagi guru, pengelola pendidikan, penyelenggara pendidikan, tim penilai, maupun pihak lain yang mempunyai kepentingan dan kewenangan dalam melaksanakan pengusulan dan pemrosesan penetapan angka kredit GBPNS

3. Menjadi acuan/rujukan bagi GBPNS untuk memenuhi kewajiban dan haknya terkait dengan pemberian tunjangan profesi

Lalu kapankah Inpassing itu ada? Program Inpassing pada dasarnya setiap tahun selalu ada. Untuk itu, seorang guru perlu pro aktif mencari informasi terbaru mengenai Program Inpassing, tujuannya supaya dia tahu apakah pada tahun tersebut, ia sudah memenuhi syarat mengajukan inpassing atau belum. Jika sudah maka anda perlu mengirim segala berkas yang diperlukan secepatnya agar segera diproses.

Kembali ke judul artikel ini yaitu Syarat Pengajuan Guru Inpassing Terbaru 2017. Sahabat guru yang sudah sertifikasi perlu mengetahui bahwa beberapa hari yang lalu Kemendikbud mengeluarkan pengumuman mengenai persyaratan Inpassing 2017. Tentu ini menjadi kabar menggembirakan bagi para guru, khususnya yang sudah sertifikasi.

Lantas, apa saja Syarat Pengajuan Guru Inpassing Terbaru 2017? Pada dasarnya, persyaratan yang harus dipenuhi pada tahun 2017 tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Berkas yang diminta berkaitan dengan data mengajar anda di sekolah selama ini, yang semuanya harus sesuai dan benar apa adanya tanpa ada unsur manipulasi data.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini Syarat Pengajuan Guru Inpassing Terbaru 2017:

1. Surat Pengantar dari Kepala Sekolah yang intinya guru terkait benar-benar menjadi pengajar di sekolah tersebut. Surat ini resmi dan harus ditanda tangani langsung oleh kepala sekolah bersangkutan, tidak boleh diwakilkan oleh siapapun.

2. NUPTK bisa berupa Fotokopi NUPTK atau lembar Padamu Negeri yang dicetak dan di situ tertulis jelas NUPTK anda. Tentu sebagai guru anda yang sudah sertifikasi pasti mempunyai NUPTK yang merupakan kependekan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan. NUPTK berisi 16 digit kombinasi angka yang merupakan identitas guru tersebut.

3. Menyertakan Biodata diri yang formatnya dapat diakses di website http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id untuk formatnya bisa disesuaikan.

4. Surat Keputusan (SK) pengangkatan Guru Tetap Yayasan dilegalisir Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.

5. Fotokopi Ijazah Minimal s1 dan dilegalisir Kampus dengan nilai akreditasi minimal B

6. Surat Keputusan (SK) Pembagian tugas mengajar 4 semester terakhir dan harus dilegalisir oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat

7. Surat Keterangan dari kepala sekolah bahwa guru yang mengajukan Inpassing memiliki kinerja baik dan ditandatngani resmi oleh kepala sekolah bersangkutan.

8. Bagi anda yang menjabat di Sekolah maka perlu melampirkan SK pengangkatan sebagai Kepala sekolah, wakil kepala sekolah, Kepala Perpustakaan, Kepala Laboratorium dan Kepala Bengkel (Ini hanya bagi yang ada saja)

9. Fotokopi Sertifikat Pendidik sesuai dengan bidang studinya (jika ada)

10. Nomor Registrasi Gur (NRG) jika ada

Nah itulah sederetan Syarat Pengajuan Guru Inpassing Terbaru 2017. Cukup banyak memang, namun itu sebanding dengan kesejahteraan yang akan anda dapatkan setelah dinyatakan memenuhi persyaratan dan masuk dalam kategori Inpassing.

Perlu diketahui bersama bahwa program penyetaraan Guru atau Inpassing sampai hari ini hanya berlaku untuk guru yang berada di bawah naungan Kemendikbud. Sedangkan guru-guru di bawah naungan Kemenag belum ada program Inpassing seperti ini. Demikian informasi mengenai Syarat Pengajuan Guru Inpassing Terbaru 2017. Semoga dapat bermanfaat.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

48 Responses to "Syarat Pengajuan Guru Inpassing Terbaru 2017"

  1. MAU TANYA : Setelah berkas sudah dilengkapi,kemudian dikirim ke mana...terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya nnti ada pemberitahuan dr dinas setempat.

      Hapus
  2. Untuk pengajuan inpasing guru SMK apakah SK dilegalisir dinas propinsi atau msh oleh dinas setempat?

    BalasHapus
  3. Yth. Pengasuh Panduan Dapodik! Kami sdh mengajukan Invasing tahun 2015 dan sdh terbit di Web. bahwa berkas sdh lengkap, siap ceta dengan Nomor PAK sdh ada, tapi sampai sekarang ini kami menunggu blm ada kelanjutannya lag, Mohon bantuannya, Trimakasih

    BalasHapus
  4. Bagaimana cara memperbaiki masa kerja saya di impassing ada kesalahan

    BalasHapus
  5. apakah yang bisa mengusulkan inpasing hanya guru yang sudah sertifikasi saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini hanya untuk guru yg sudah sertifikasi

      Hapus
    2. apakah guru non pns yg sudah punya sk inpassing bisa mengajukan kenaikan pangkat atau golongan seperti guru pns. Kalo bisa kemana dan syaratnya apa.Tks

      Hapus
  6. Maaf mau tanya, untuk kepala sekolah di swasta, surat pengantar dan surat keterangan lainnya dibuat oleh yayasan atau pengawas, atau dibuat sendiri oleh yg bersangkutan. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung surat apa dlu, kalau sk gty y yg buat yayasan

      Hapus
  7. Maaf mau tanya, untuk kepala sekolah di swasta, surat pengantar dan surat keterangan lainnya dibuat oleh yayasan atau pengawas, atau dibuat sendiri oleh yg bersangkutan. Terima kasih

    BalasHapus
  8. APAKAH TENDIK BISA MENGAJUKAN JUGA INPASSING

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini hanya untuk guru swasta yg sudah sertifikasi

      Hapus
  9. Maaf mau naya...saya mngajujan sk impasing th 2015.. Saya sdh trdaftar dari penyetaraan guru tk non pns..stlh itu saya lm tdk mengecek tryata daftar saya sdh terdaftar tp ad salah satu perdyaratan yng disilang...cara mngirimkn persyaratan yng kurang itu bgamana y...lewat mana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau guru TK sepengetahuan saya lewat dinas pendidikan Kab/kota

      Hapus
  10. KEPADA BAPAK ADMIN YANG TERHORMAT.
    MAU TANYA, KAPAN KIRA KIRA KEMENAG AKAN MELAKUKAN PENDATAAN PENDAFTARAN INPASING GBPNS YANG BELUM PUNYA SK DAN BELUM TERDAFTAR? MOHON PENJELASANYA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai sekarang belum ada informasi pendataan informasi kemenag pak. Tunggu saja

      Hapus
    2. Ass.. pak bagaimana caranya,,, bahan saya sudah dua kali di kirim ke kantor kemdikbud pusat tntang bahan inpasing GPNS tetapi belum nyampe juga,,,apakah saya bisa mengirim ulang pak ,,,???

      Hapus
  11. Assalamualaikum wr.wb. sblmnya sy minta cm mau tanya knp dr 2010-skrg sy sdh mgrm brkas inpassing sdh sesuai aturan dn syrtnya knp smpk skrg sk inpassing sy blm kluar pdhl shrsny sdh kluar d th 2010.mohon d cek lg data sy pk buk sy sdh mgbdi sejak th 2004.ap sy perlu k jakarta langsung atau bgimna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam wr. Wb.
      Bu nunik, untuk sk inpassing cb tanyakan kepada operator simtun kab/kota setempat

      Hapus
  12. Assalamualaikum,sy sdh mengajukan inpassing 2017 ini dan teryata berkasnya kurang jd sy susulkan berkasya yg kurang tersebut pd buln april.Setelah sy lht di info ptk bahwa pengiriman berkas yg kurang hrs lengkap sprti pada pngajuan awal.Padahal sy sdh ternjur mengirimkan yg kurng itu.Apa yg hrs sy lakukan menunggu info selanjutnya atau bgmna. Mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikuti saja pemberitahuannya bu, kirim ulang lagi

      Hapus
  13. mf Pak, mohon informasinya. Sebagai syarat inpassing untuk SK yayasan yang harus dilampirkan 2 tahun terakhir ataukah semua SK dari awal sampai SK terakhir?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk teknis seperti itu silahkan ditanyakan kepada operator simtun setempat bu

      Hapus
  14. numpang nanya, kemarin saya cek data berkas tidak ada masalah tapi kenapa setelah di cek lagi berubah ada yang salah mohon penjelasan

    BalasHapus
  15. Bagai mana kalau status impasing sudah sampai pada validasi berkas PAK untuk prose selanjut nya apa saja mohon info nya trimakasih

    BalasHapus
  16. Saya mengajukan inpassing smp dari dulu tp belum jg terjaring. Sedangkan teman2 sma yg baru dptcsertfkasi trus mngajukan inpassing langsung terjaring. Apakah sertfkasi smp bisa inpassing di SMA?

    BalasHapus
  17. saya guru kelas yang berijasah S1 pendidikan bahasa tahun lulus 2003. pengangkatan saya tahun 2014 dengan gol. IIIa (k2 kemarin). dan saya sertifikasi(guru kelas) 2008. kemarin saya mengajukan sk inpassing pertama (Sk jabatan fungsional). namun terkendala karena ijasah saya tidak linear dengan sertifikasi saya. apakah ada ketentuan/syarat dari BKN tentang itu? mohon penjelasan dan solusinya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya memang saat ini ijazah harus linier pak

      Hapus
  18. Assalamialaikum.tolonv bantuannya.saya dr SMK sudah pernah mengirimkan berkas bulan bulan mei 2017.tp smp sekarang belum ada infonya lagi dan sy liat statusnya tetap menunggu berkas dan smp sekarang.mohon bantuannya apa saya harus mengirim ulang lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk urusan persetejuan itu berasal dari pihak SIMTUN. jadi ya memang harus bersabar kalau sudah memenuhi semua persyaratan

      Hapus
  19. Assalamu'alaikum w.w.
    kenapa guru yang mengajar baru kk malah sudah terkafer impasing , tapi yang wiyatanya lama kk malah tidak di perhatikannya yang kaitannya impasing,,

    BalasHapus
  20. Assalamulakum saya sudah ngusulkan inpassing terus cek klis hijau semua apa saya ngusulkan lagi ap d tunggu skx kok belum turun turun mohon infox trims

    BalasHapus
  21. Assalamulakum saya sudah ngusulkan inpassing terus cek klis hijau semua apa saya ngusulkan lagi ap d tunggu skx kok belum turun turun mohon infox trims

    BalasHapus
  22. ass. pak admin kemdikbud....untuk guru sma warna map impassing warna apa

    BalasHapus
  23. assalamualaikum ... apakah persyaratan inpassing mutlak akreditasi PT harus min B bagaimana yg terakreditasi C. bagaimana nasibnya kita sama sama berjuang di pendidikan. terima kasih

    BalasHapus
  24. assalamualaikum ... apakah persyaratan inpassing mutlak akreditasi PT harus min B bagaimana yg terakreditasi C. bagaimana nasibnya kita sama sama berjuang di pendidikan. terima kasih

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum, bagaimana kalau nomor berkas sudah lewat, tahun 2015 apakah masih bisa mengirimkan berkas untuk tahun 2017?

    BalasHapus
  26. Bagaimana kalau nomor berkas sudah lewat tahun 2015, apakah masih bisa mengirim berkas untuk tahun 2017?

    BalasHapus
  27. Mohon info,pngusuln berkas inpasing saya tahun 2016,no berkas 20160237693,tapi saya cek di http://mutasi.sdm.kemdikbud.go.id,nama dan data saya blm muncul pak,saya muhammad yanas ,tempt sdn saring sungai bubu,kusanhilir tanah bumbukalsel

    BalasHapus
  28. Mohon info,pngusuln berkas inpasing saya tahun 2016,no berkas 20160237693,tapi saya cek di http://mutasi.sdm.kemdikbud.go.id,nama dan data saya blm muncul pak,saya muhammad yanas ,tempt sdn saring sungai bubu,kusanhilir tanah bumbukalsel

    BalasHapus
  29. Aslamualaikum..saya honor dr tahun 2010..sya belum memiliki serftifikat pendidikan.apakah sya bisa mbgusulkan berkas saya..jika bisa saya mengusulkannya bagaimna.terima ksih..aaslmkummm

    BalasHapus
  30. mau tanya apakah betul program impasing mulai bulan oktober 2017ini di bekukan untuk sementara waktu .., trimaksih admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kami malah belum mendengar kabar tersebut. Sebaiknya ditunggu saja kabar resminya dr Kemendikbud

      Hapus
    2. mau tanya pak, saya sudah muncul no urut, nomer berkas untuk untuk jabatan fungsional guru bukan PNS (inpassing) tapi pengiriman berkas untuk jenjang SMK ke mana pak?,.sama cetak LIP (lembar identitas pengusul) bagaimana?

      Hapus
  31. Mohon bimbingannya sodara admin, sayamau tanya "apakah guru swasta yang sudah punya NUPTK tapi belom sertifikasi bisa mengajukan inpasing? Jika bisa bagaimana mekanisme/caranya" terimaksih sebelumnya pak admin

    BalasHapus
  32. mau nanya min, kapan pengajuan impassing buka lagi?

    BalasHapus
  33. Informasi yang sangat bermanfaat. Min Dulu untuk nomor antrian Inpassing Non PNS sudah sertifikasi bisa dilihat lewat info GTK,,,apakah sekarang bisa dilihat lewat info GTK juga?

    BalasHapus