Cara Mengatasi Nama Kecamatan Tak Muncul di Relasi Dunia Usaha &Industri

Cara Mengatasi Nama Kecamatan Tak Muncul di Relasi Dunia Usaha &Industri. Banyak Operator Dapodik SMK saat ini sedang gelisah menyelesaikan salah satu pembaruan yang ada di dalam aplikasi dapodik terbaru versi 2016c. Pembaruan yang saya maksud adalah mengenai pengisian data MoU kerjasama.

Dalam aplikasi terbaru ini, setiap SMK diwajibkan memiliki MoU kerjasama dengan Dunia Usaha & Industri. Masing-masing program keahlian paling tidak memiliki minimal 1 kerjasama. Artinya apabila di sebuah SMK terdapat 3 jurusan, maka harus memiliki 3 jalinan kerjasama. Data ini harus dipenuhi, jika tidak maka saat validasi data akan dinyatakan invalid sehingga tak bisa disinkronisasikan.

 Cara Mengatasi Nama Kecamatan Tak Muncul di Relasi Dunia Usaha &Industri
 Cara Mengatasi Nama Kecamatan Tak Muncul di Relasi Dunia Usaha &Industri.

Sebenarnya pembaruan ini bukan menjadi permasalahan bagi SMK. Sebab sejak pertama berdiri harusnya SMK sudah memiliki MoU kerjasama dengan dunia industri. Paling mudahnya adalah kerjasama tentang tempat praktik kerja industri (Prakerin) siswa. Semua SMK pasti melaksanakan kegiatan ini, sehingga otomatis sudah memiliki kerjasama dengan dunia usaha.

Persoalan yang muncul adalah banyak dari operator yang belum faham cara input data MoU kerjasama. Hal ini sangat wajar mengingat untuk berhasil input data ini maka data yang terkait di kolom sebelumnya harus diselesaikan. Untuk lebih jelasnya silahkan anda baca artikel Cara Mengisi MoU Kerjasama di Dapodik.

Sobat operator dapodik SMK. Agar dapat mengisi data MoU kerjasama terlebih dahulu anda harus mengisikan data Relasi Dunia Usaha &Industri. Namun perlu dimengerti jika pada terdapat sebuah Bug Aplikasi yang membuat data yang diinput tidak dapat disimpan.

Apakah Bug Aplikasi tersebut? Kesalahan sistem ini berada pada Kolom Kecamatan di Menu Relasi Dunia Usaha &Industri. Jika melihat perintah, untuk mengisi kolom kecamatan/kabupaten anda hanya perlu mengetik nama kecamatan/kabupaen di mana sekolah anda berada. Secara otomatis, sistem akan memunculkan nama kecamatan anda.

Sayangnya pada kenyataannya fitur ini tidak berfungsi dengan baik. Sebab meski data kecamatan/kabupaten sudah diinputkan namun nama daerah yang dimaksud tak kunjung muncul. Di sisi lain apabila data ini diisi secara manual, maka akan terjadi kegagalan dalam menyimpan. Alasannya data kecamatan/kabupaten belum diisi.

Lalu bagaimana cara mengisi kolom kecamatan/kabupaten di Menu Relasi Dunia Usaha &Industri. Apakah tidak bisa diisi? Lalu bagaimana untuk mengatasinya? Tenang saja meski ini merupakan Bug Aplikasi tapi jika kita bisa menyikapi dengan sedikit trik maka semua akan terselesaikan dengan baik dan benar.

Beberapa hal yang nanti saya tuliskan di bawah ini terkait dengan cara pengisian nama kecamatan/kabupaten berasal dari pengalaman pribadi dan hasil diskusi dengan teman-teman operator lain. Sehingga sudah pernah dibuktikan secara langsung.

Cara Mengatasi Nama Kecamatan Tak Muncul di Relasi Dunia Usaha &Industri

1. Gunakan Browser Mozila Firefox

Untuk pengisian data Relasi Dunia Usaha &Industri saya menganjurkan anda untuk menggunakan browser mozila firefox. Apakah ini mempunya pengaruh? Dalam beberapa kasus sangat berpengaruh. Termasuk di dapodik saya, ketika menggunakan chrome data kecamatan/kabupaten tidak muncul namun setelah mencoba beralih ke mozila bisa muncul.

2. Input Data Kecamatan/Kabupaten Berulangkali

Karena masih penasaran saya mencoba untuk tetap input data kecamatan/kabupaten di chrome. Memang cukup sulit, tetapi setelah saya mencoba input sebanya 5 kali akhirnya nama kecamatan bisa muncul juga. Tipsnya, setelah anda mengetik nama kecamatan, tunggu sistem selesai memprosesnya. Jika data daerah yang diinginkan sudah keluar maka segera klik agar dapat terinput.


3. Gunakan Kode Kecamatan untuk Dapodik

Cara ketiga inilah yang paling ampuh untuk mengatasi persoalan tidak munculnya nama kecamatan/kabupaten di Menu Relasi Dunia Usaha & Industri. Perlu anda mengerti, jika di dapodik setiap kecamatan memiliki kode tersendiri yang berbentuk angka. Anda bisa menginput data kecamatan melalui angka tersebut. Cara ini terbukti selalu sukses, lihatlah gambar di bawah ini sebagai contoh kode data kecamatan.

Kode Kecamatan untuk Dapodik
Kode Kecamatan untuk Dapodik.

Kembali lagi saya tekankan bahwa persoalan tidak munculnya nama kecamatan/kabupaten di Menu Relasi Dunia Usaha & Industri itu disebabkan karena Bug Aplikasi. Karena kesalahan sistem, cara untuk mengatasinya sampai tuntas ya dengan perbaikan sistem. Semoga saja pada update aplikasi dapodik selanjutnya permasalahan ini bisa segera di selesaikan.

Sembari menunggu perbaikan sistem, ketiga cara di atas bisa anda jadikan sebagai solusi sementara untuk mengisi data kecamatan/kabupaten. Memang dibutuhkan sedikit kesabaran, namun saya rasa itu bukan persoalan mengingat data ini termasuk Utama. Artinya harus diisi, jika tidak maka tak bisa melakukan sinkronisasi.

Padahal waktu pengambilan data (Cut Off) BOS untuk triwulan 1 pada tahun 2017 akan berakhir sebentar lagi. Pastinya anda semua tak ingin jika sekolah anda tidak menerima BOS pada tri wulan 1 yang akan datang. Maka dari itu segera lengkapi data dan lakukan sinkronisasi ke server pusat. Demikianlah informasi mengenai Cara Mengatasi Nama Kecamatan Tak Muncul di Relasi Dunia Usaha &Industri yang bisa saya sampaikan pada saat ini.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara Mengatasi Nama Kecamatan Tak Muncul di Relasi Dunia Usaha &Industri "

Posting Komentar