Cara Download Berita Acara dan Data Calon Peserta Peserta UN


Cara  Download Berita Acara dan Data Calon Peserta Peserta UN - Sobat Admin Ujian Nasional dan Operator Dapodik, salah satu kelengkapan UN yang harus dipersiapkan adalah Data Calon Peserta dan Berita Acara.

Kedua data tersebut, wajib dimiliki oleh setiap sekolah pelaksana UN. Maka dari itu, alangkah baiknya jika data-data itu anda siapkan sejak sekarang juga. Sehingga ketika hari pelaksanaan tiba, semua kelengkapan administrasi sudah terpenuhi semuanya.

Dari mana data peserta dan berita acara UN bisa diperoleh? Semua data tersebut bisa anda dapatkan dengan lengkap melalui website manajemen UN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang beralamat di url di http://pdun.data.kemdikbud.go.id/.

Supaya lebih jelas mengenai tahap-tahap memperoleh kedua data penting itu, simaklah baik-baik mengenai Cara Download Berita Acara dan Data Calon Peserta Peserta UN.

Cara Download Berita Acara dan Data CalonPeserta Peserta UN

Berita Acara dan Data Calon Peserta Peserta UN 


Bagi anda semuanya yang sampai saat ini belum juga memperoleh file data peserta UN dan US Tahun Ajaran 2016/2017 maka perlu segera untuk mengunduh data tersebut.

Seperti yang saya utarakan di atas, kedua data tersebut bisa anda peroleh melalui website http://pdun.data.kemdikbud.go.id/.

Di dalam website resmi manajemen PDUN Kemdikbud tersebut kedua data mengenai data calon peserta dan Berita Acara UN bisa diunduh. Anda dapat memilih 2 jenis file, yaitu file berekstensi Excel dan DZ. Saya sendiri menganjurkan untuk mengunduh kedua jenis dile tersebut.

Meski secara subtansial sama, namun tidak ada salahnya anda memiliki kedua jenis file tersebut. Sehingga ketika dibutuhkan kapan saja data itu sudah siap.

Pada jenjang pendidikan SD dan SMP sederajat, selain bisa diunduh dalam file excel dan DZ, data peserta dan berita acara UN juga bisa diunduh dalam file jenis PDF.

Kendati pada jenjang pendidikan tingkat SD yang ada hanya Ujian Sekolah, namun untuk data berita acara tetap menggunakan file tersebut.

Tentu hal ini akan memudahkan anda dalam mengecek ulang data peserta UN. Melalui hasil unduhan data tersebut, anda bisa memastikan bahwa identitas siswa sudah valid semua.

Cara Download Data Calon Peserta UN


Pertama marilah kita bahas terlebih dahulu mengenai Cara Download Data Calon Peserta UN. Adapun tahap-tahapnya adalah sebagai berikut:

1. Silahkan kunjungi website manajemen UN 2017 kemdikbud  yang beralamat di url berikut http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ 

2. Nanti anda akan dibawa menuju halaman Login Manajemen UN. Ada beberapa data yang harus anda masukkan, yaitu:

  • Username isi dengan email yang anda gunakan dalam dapodik
  • Password isi dengan password login dapodik anda
  • Kode Registrasi isi dengan kode registrasi dapodik

Setelah semua data tersebut diisi dengan benar, maka selanjutnya klik tombol  Login berwarna biru di bawahnya.

3. Klik Menu Calon Peserta UN yang ada di samping kiri

4. Di bagian atas Menu Calon Peserta UN akan terdapat sub menu lagi

  • Klik Unduh CPUN File DZ untuk menguduh file data peserta UN dengan format DZ
  • Klik Unduh CPUN File Excel untuk menguduh file data peserta UN dengan format Excel

Tunggu beberapa saat sampai data sepenuhnya berhasil diunduh dan disimpan.

Cara Download Berita Acara Calon Peserta UN

Berita acara UN adalah sebuah pernyataan yang intinya menyatakan bahwa proses UN di sebuah sekolah benar-benar sudah dilakukan dengan baik dan sesuai dengan Prosedur Operasional yang telah ditetapkan.

Berbeda dengan data peserta UN yang  bisa diunduh menggunakan dua jenis file yaitu DZ dan Excel, Berita Acara UN hanya bisa diunduh dalam file PDF. Sebab nanti akan langsung di prin.

Adapun Cara Download Berita Acara UN adalah sebagai berikut:

1. Silahkan anda kunjungi website manajemen UN 2017 kemdikbud  yang beralamat di url berikut http://pdun.data.kemdikbud.go.id/

2Selanjutnya anda akan dibawa menuju halaman Login Manajemen UN. Ada beberapa data yang harus anda masukkan, yaitu:

  • Username isi dengan email yang anda gunakan dalam dapodik
  • Password isi dengan password login dapodik anda
  • Kode Registrasi isi dengan kode registrasi dapodik

Setelah semua data tersebut diisi dengan benar, maka selanjutnya klik tombol  Login berwarna biru di bawahnya.

3. Klik Menu Calon Peserta UN yang ada di samping kiri

4. Di bagian atas Menu Calon Peserta UN silahkan klik Sub Menu Unduh Berita Acara, maka secara otomatis berita acara UN akan tersimpan di PC anda

Setiap sekolah wajib mempunyai berita acara UN. Data ini menjadi bukti bahwa sekolah bersangkutan sudah melaksanakan UN sesuai dengan aturan yang berlaku.

Contoh Berita Acara UN


Berita Acara UN pada intinya adalah berisi mengenai serah terima pendaftaran Calon Peserta Ujian Nasional. Berikut ni contoh berita acara tersebut:

"Berita Acara ini telah diunduh pada tanggal: … (Isi Tanggal saat mengunduh berita acara) melalui website ….. (Isi dengan Website manajemen UN).  Dengan ini saya …. (tuliskan nama lengkap) kepala sekolah dari SD/SMP/SMA/SMK (Harus disebutkan lengkap nama jenjang pendidikannya), yang selanjutnya akan disebut sebagai pihak pertama menyatakan bahwa 

data calon peserta Ujian Nasional di sekolah terkait yang terakhir dikirimkan pada tanggal (diisi dengan tanggal terakhir pengiriman) sudah saya periksa kebenaran (validitas) dan kemutakhiran datanya sesuai dengan fakta yang berada di lapangan tanpa ada rekayasa suatu apapun dan saya nantinya akan bertanggungjawab apabila dikemudian hari ditemukan adanya ketidaksesuaian antara data yang telah dikirimkan dengan fakta yang adaa di lapangan. Saya benar-benar siap menerima sanksi administrasi, sanksi moral, dan sanksi hukum sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Selanjutnya dari Dinas Pendidikan kabupaten/kota setempat yang akan diwakili oleh Ketua KK-DATADIK dan Ketua Panitia Ujian Nasional setempat yang selanjutnya disebut pihak kedua, sudah menerima daftar calon peserta ujian nasional dari sekolah tertent yang diserahkan dari pihak pertama pada :

Hari isi dengan hari penyerahan

Tanggal isi dengan tanggal penyerahan

Nama Sekolah isi dengan sekolah yang menyerahkan

NPSN isi dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional

Alamat isi dengan alamat lengkap sekolah

Desa/Kelurahan isi dengan nama desa/kelurahan sekolah tersebut berada

Kecamatan isi dengan nama kecamatan sekolah berada

Kabupaten/Kota isi dengan nama kabupaten sekolah berada

Provinsi isi dengan nama provinsi sekolah berada

Jumlah Siswa Reguler : … (diisi dengan angka) Laki-laki …Perempuan"

Berita acara Calon Peserta UN nanti akan terisi secara otomatis. Tugas operator sekolah hanya mencetaknya saja yang selanjutnyanya harus ditandatangani oleh Kepala Sekolah.

Setelah itu, silahkan kirim kepada Ketua Panitia Ujian Nasional di Tingkat Kabupaten melalui UPTD Dikpora di masing-masing Kecamatan.

Pengiriman data berita acara wajib disertai dengan file calon peserta UN baik DZ atau excel (tergantung permintaan dari panita UN Kabupaten setempat.

Demikian informasi mengenai Cara Download Berita Acara dan Data Calon Peserta Peserta UN yang bisa saya sampaikan untuk anda semuanya.


Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Download Berita Acara dan Data Calon Peserta Peserta UN"

Posting Komentar