Kisi-Kisi USBN SMA/SMK PAI KTSP


Kisi-Kisi USBN SMA/SMK PAI KTSP ini disusun sebagai acuan bagi para peserta didik jenjang SMA dan SMK sederajat dalam mempersiapkan diri menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional.

Tentu anda semua sudah mengetahui, jika Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu dari mata pelajaran yang akan diujikan dalam USBN tingkat SMA dan SMK.

Untuk itulah penting kiranya anda mengetahui isi dari Kisi-Kisi USBN SMA/SMK PAI KTSP  Supaya persiapan yang dilakukan menjad lebih jelas dan terarah.

Baca juga: Kisi-kisi USBN PAI SMA/SMK K13 2017

Data kisi-kisi ini berasal dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Apabila anda ingin mengunduhnya, silahkan langsung saja kunjungi websitenya.

Kisi-kisi USBN SMA/SMK KTSP memang sengaja dibuat sendiri. Sebab ada sebagian sekolah yang telah menerapkan K13 dalam proses pembelajarannya. Sehingga kisi-kisi keduanya dibekan.

Supaya lebih jelasnya berikut ini KKisi-Kisi USBN SMA/SMK PAI KTSP Tahun 2017:

Kisi-Kisi USBN SMA/SMK PAI KTSP


Level Kognitif

Pengetahuan dan Pemahaman, Meliputi:

  • Menyebutkan
  • Mengidentifikasi
  • Menjelaskan
  • Menentukan
  • Mengkategorikan
  • Mengelompokkan
  • Menguraikan

Lingkup Materi

1. Al-Qur’an

Peserta didik bisa memahami dan menguasai ayat al-Qur’an pilihan dan hadits tentang:
  • Q.S. al-Baqarah: 30, al-Mukminun: 12-14, Q.S az-Zariyat: 56 dan al-Haj: 5 yang membahas tentang tugas manusia
  • Q.S. Ali Imran: 159, Q.S. asy-Syura: 38 yang membahas tentang demokrasi
  • Q.S. al-Baqarah: 148 dan Q.S. Fatir: 32 yang membahas tentang kompetisi dalam kebaikan
  • Q.S. ar-Rum: 41-42, Q.S. al-A’raf: 56-58 dan Q.S. Shad: 27 yang membahas tentang menjaga kelestarian lingkungan
  • Menjelaskan arti Q.S. al-Mujadalah: 11 dan Q.S. al-Jumu’ah: 9-10 yang membahas tentang etos kerja
  • Q.S. Yunus 101 dan Q.S. al-Baqarah: 164 yang membahas tentang pengembangan Iptek

2. Aqidah

Peserta didik bisa memahami dan menguasai materi tentang:
  • Beriman terhadap 10 sifat Allah yang terdapat di dalam Asmaul Husna
  • Iman kepada para malaikat Allah SWT
  • Iman kepada kitab-kitab Allah
  • Iman kepada para rasul Allah
  • Iman Kepada Hari Akhir
  • Iman Kepada Qadha dan Qadar Allah

3. Akhlaq

Peserta didik bisa memahami dan menguasai materi tentang:
  • Perilaku husnudzhan (berbaik sangka) dalam kehidupan sehari-hari
  • Menghindari perilaku (sifat) hasad, riya, aniaya, dan diskriminasi di dalam kehidupan sehari-hari
  • Menghargai karya yang dibuat orang lain
  • Larangan terhadap pergaulan bebas dan perbuatan zina
  • Perilaku adil, ridha dan amal shaleh di dalam kehidupan sehari-hari
  • Menghindari sifat yang tidak baik meliputi isyraf, tabdzir, ghibah dan fitnah

4. Fiqh

Peserta didik bisa memahami dan menguasai materi tentang:
  • Kedudukan dan fungsi al-Qur’an, al-hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum agama islam dan sebagai hukum taklifi
  • Ketentuan mengenai haji, zakat dan wakaf
  • Ketentuan mengenai transaksi ekonomi  dalam agama islam
  • Pengurusan terhadap jenazah
  • Ketentuan mengenai khutbah, tabligh dan dakwah
  • Ketentuan mengenai pernikahan di dalam agama islam
  • Ketentuan mengenai waris di dalam agama islam

5. Sejarah dan Peradaban Islam

Peserta didik bisa memahami dan menguasai materi tentang:
  • Substansi dan strategi keberhasilan dakwah yang diraih oleh Nabi Muhammad SAW ketika berada di kota Makkah
  • Substansi dan strategi keberhasilan dakwah yang diraih oleh Nabi Muhammad SAW ketika berada di kota Madinah
  • Perkembangan agama islam ketika pada masa kejayaannya
  • Perkembangan agama islam ketika pada masa era modern
  • Perkembangan agama islam di negara Indonesia

Level Kognitif

Penerapan (Aplikasi), Meliputi:

  • Membedakan
  • Menerapkan
  • Memberi contoh
  • Menghubungkan
  • Menginterpretasi
  • Membandingkan

Lingkup Materi

1. Al-Qur’an

Peserta didik bisa menerapkan ayat al-Quran pilihan dan hadits tentang:
  • Q.S. al-Baqarah: 30, al-Mukminun: 12-14, Q.S az-Zariyat: 56 dan al-Haj: 5 yang membahas tentang tugas manusia
  • Q.S. Ali Imran: 159, Q.S. asy-Syura: 38 yang membahas tentang demokrasi
  • Q.S. al-Baqarah: 148 dan Q.S. Fatir: 32 yang membahas tentang kompetisi dalam kebaikan
  • Q.S. ar-Rum: 41-42, Q.S. al-A’raf: 56-58 dan Q.S. Shad: 27 yang membahas tentang menjaga kelestarian lingkungan
  • Menjelaskan arti Q.S. al-Mujadalah: 11 dan Q.S. al-Jumu’ah: 9-10 yang membahas tentang etos kerja
  • Q.S. Yunus 101 dan Q.S. al-Baqarah: 164 yang membahas tentang pengembangan Iptek

2. Aqidah

Peserta didik bisa menerapkan tentang:
  • Beriman terhadap 10 sifat Allah yang terdapat di dalam Asmaul Husna
  • Iman kepada para malaikat Allah SWT
  • Iman kepada kitab-kitab Allah
  • Iman kepada para rasul Allah
  • Iman Kepada Hari Akhir
  • Iman Kepada Qadha dan Qadar Allah

3. Akhlaq

Peserta didik bisa menerapkan tentang:
  • Perilaku husnudzhan (berbaik sangka) dalam kehidupan sehari-hari
  • Menghindari perilaku (sifat) hasad, riya, aniaya, dan diskriminasi di dalam kehidupan sehari-hari
  • Menghargai karya yang dibuat orang lain
  • Larangan terhadap pergaulan bebas dan perbuatan zina
  • Perilaku adil, ridha dan amal shaleh di dalam kehidupan sehari-hari
  • Menghindari sifat yang tidak baik meliputi isyraf, tabdzir, ghibah dan fitnah

4. Fiqh

Peserta didik bisa menerapkan tentang:
  • Kedudukan dan fungsi al-Qur’an, al-hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum agama islam dan sebagai hukum taklifi
  • Ketentuan mengenai haji, zakat dan wakaf
  • Ketentuan mengenai transaksi ekonomi  dalam agama islam
  • Pengurusan terhadap jenazah
  • Ketentuan mengenai khutbah, tabligh dan dakwah
  • Ketentuan mengenai pernikahan di dalam agama islam
  • Ketentuan mengenai waris di dalam agama islam

5. Sejarah dan Peradaban Islam

Peserta didik bisa menerapkan tentang:
  • Substansi dan strategi keberhasilan dakwah yang diraih oleh Nabi Muhammad SAW ketika berada di kota Makkah
  • Substansi dan strategi keberhasilan dakwah yang diraih oleh Nabi Muhammad SAW ketika berada di kota Madinah
  • Perkembangan agama islam ketika pada masa kejayaannya
  • Perkembangan agama islam ketika pada masa era modern
  • Perkembangan agama islam di negara Indonesia

Level Kognitif

Penalaran, meliputi:

  • Menganalisis
  • Mengevaluasi
  • Menyimpulkan
  • Memecahkan masalah
  • Memprediksi
  • Mensintesis

Lingkup Materi

1. Al-Qur’an

Peserta didik mampu menggunakan nalar mengenai:
  • Q.S. al-Baqarah: 30, al-Mukminun: 12-14, Q.S az-Zariyat: 56 dan al-Haj: 5 yang membahas tentang tugas manusia
  • Q.S. Ali Imran: 159, Q.S. asy-Syura: 38 yang membahas tentang demokrasi
  • Q.S. al-Baqarah: 148 dan Q.S. Fatir: 32 yang membahas tentang kompetisi dalam kebaikan
  • Q.S. ar-Rum: 41-42, Q.S. al-A’raf: 56-58 dan Q.S. Shad: 27 yang membahas tentang menjaga kelestarian lingkungan
  • Menjelaskan arti Q.S. al-Mujadalah: 11 dan Q.S. al-Jumu’ah: 9-10 yang membahas tentang etos kerja
  • Q.S. Yunus 101 dan Q.S. al-Baqarah: 164 yang membahas tentang pengembangan Iptek

2. Aqidah

Peserta didik mampu menggunakan nalar mengenai:
  • Beriman terhadap 10 sifat Allah yang terdapat di dalam Asmaul Husna
  • Iman kepada para malaikat Allah SWT
  • Iman kepada kitab-kitab Allah
  • Iman kepada para rasul Allah
  • Iman Kepada Hari Akhir
  • Iman Kepada Qadha dan Qadar Allah

3. Akhlaq

Peserta didik mampu menggunakan nalar mengenai:
  • Perilaku husnudzhan (berbaik sangka) dalam kehidupan sehari-hari
  • Menghindari perilaku (sifat) hasad, riya, aniaya, dan diskriminasi di dalam kehidupan sehari-hari
  • Menghargai karya yang dibuat orang lain
  • Larangan terhadap pergaulan bebas dan perbuatan zina
  • Perilaku adil, ridha dan amal shaleh di dalam kehidupan sehari-hari
  • Menghindari sifat yang tidak baik meliputi isyraf, tabdzir, ghibah dan fitnah

4. Fiqh

Peserta didik mampu menggunakan nalar mengenai:
  • Kedudukan dan fungsi al-Qur’an, al-hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum agama islam dan sebagai hukum taklifi
  • Ketentuan mengenai haji, zakat dan wakaf
  • Ketentuan mengenai transaksi ekonomi dalam agama islam
  • Pengurusan terhadap jenazah
  • Ketentuan mengenai khutbah, tabligh dan dakwah
  • Ketentuan mengenai pernikahan di dalam agama islam
  • Ketentuan mengenai waris di dalam agama islam

5. Sejarah dan Peradaban Islam

Peserta didik mampu menggunakan nalar mengenai:
  • Substansi dan strategi keberhasilan dakwah yang diraih oleh Nabi Muhammad SAW ketika berada di kota Makkah
  • Substansi dan strategi keberhasilan dakwah yang diraih oleh Nabi Muhammad SAW ketika berada di kota Madinah
  • Perkembangan agama islam ketika pada masa kejayaannya
  • Perkembangan agama islam ketika pada masa era modern
  • Perkembangan agama islam di negara Indonesia
Demikian informasi mengenai Kisi-Kisi USBN SMA/SMK PAI KTSP Tahun 2017 yang bisa saya sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisi-Kisi USBN SMA/SMK PAI KTSP"

Posting Komentar