Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2017.d

Berdasarkan informasi resmi dari yang dimuat dalam website dapodikdasme, Tim Dapodik Pusat sebentar lagi akan melakukan Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2017.d.

Pembaruan aplikasi dapodik ini dilakukan guna untuk menyambut Tahun Pelajaran baru 2017/2018 pada bulan Juli nanti.

Maka dari itu, sembari menanti rilis resmi (nanti akan saya update jika sudah rilis) tim dapodik sekolah haruslah mempersiapkan berbagai data sekolah yang nantinya akan diinputkan ke dalam aplikasi dapodik versi terbaru.

Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2017.d


Satu hal utama yang perlu anda lakukan ialah sinkronisasi Aplikasi dapodik 2017.c, sebab data yang diambil terakhir (cut off dapodik) ialah maksimal tanggal 30 Juni 2017.

Untuk menyambut Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2017.d, ada beberapa hal yang harus anda persiapkan sesegera mungkin, yaitu:

1. Melakukan Sinkronisasi Aplikasi Dapodik Versi 2017c Maksimal Tanggal 30 Juni 2017

Untuk para Operator Dapodik sekolah diharapkan agar segera menyelesaikan proses input data nilai Rapor peserta didik. Kemudian silahkan segera melakukan proses sinkronisasi data sebelum memasuki tanggal 30 Juni 2017 pukul 23.59 WIB. Hal tersebut sesuai dengan apa yang tercantum di dalam Surat Edaran dari Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengan (Dirjen Dikdasmen) yang bernomor: 3623/D.D1/TU/2017 mengenai Perpanjangan Batas Waktu Pengisian Nilai Rapor di dalam Aplikasi Dapodikdasmen. Di situ dijelaskan bahwa tenggat waktu untuk pengisian nilai rapor peserta didik dilanjutkan sampai dengan tanggal 30 Juni 2017.

2. Server Aplikasi Dapodikdasmen akan OFF (Berhenti Sementara) Mulai Tanggal 30 Juni 2017

Lantaran adanya proses maintenance rutin pada Server aplikasi Dapodikdasmen, maka server akan down/off mulai pada tanggal 30 Juni 2017 tepatnya pukul 00.00 WIB. Sehingga semua Sekolah TIDAK DIIZINKAN untuk melakukan proses sinkronisasi data.

3. Proses Kelulusan dan Input Data Peserta Didik Baru dilakukan dengan Menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2017.d

Perlu anda ketahui bahwa sekarang ini sedang dilakukan proses pengujian terhadap Aplikasi Dapodikdasmen versi 2017.d yang akan dipersiapkan guna pemutakhiran data sekolah untuk Tahun Pelajaran 2017/2018. Maka dari itu proses periodical yang berupa proses meluluskan peserta didik pada  tahun pelajaran 2016/2017, proses kenaikan kelas peserta didik, dan proses memasukkan data peserta didik baru tahun pelaran 2017/2018 akan dilakukan sesudah versi baru Aplikasi Dapodik resmi dirilis.

4. Silahkan Tunggu Pengumuman Resmi Rilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2017.d

Aplikasi Dapodikdasmen versi terbaru yaitu 2017.d akan secara resmi dirilis pada awal tahun pelajaran baru 2017/2018 dan akan secara resmi diumumkan melalui website: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id . Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2017.d sekaligus akan menandai mulai beroperasinya kembali server aplikasi Dapodikdasmen secara normal sehingga proses sinkronisasi data dengan menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2017.d bisa dilakukan secara normal kembali.

5. Pakailah Formulir Peserta Didik untuk Mendukung PPDB

Di dalam Aplikasi Dapodikdasmen sudah menyediakan fasilitas Formulir Peserta Didik guna menjaring data awal dari para Peserta Didik di sekolah. Formulir Peserta didik adalah sebuah instrumen pendataan guna mengefektifkan proses penjaringan data awal dan juga proses input data peserta didik baru pada Aplikasi Dapodik.

Cara Download Aplikasi Dapodik Veri 2017.d


Setelah resmi dirilis, silahkan nanti anda sesegera mungkin untuk mengunduh Aplikasi Dapodik Versi 2017.d sebab semua pendataan harus menggunakan aplikasi dapodik versi terbaru ini

Adapun Cara download aplikasi dapodik veris 2017.d yang benar adalah sebagai berikut:
  • Pastikan Komputer/Laptop terhubung dengan internet
  • Buka website Dapodikdasmen yang beralamat di dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
  • Masuk ke Menu Unduhan
  • Pilih pada menu Updater, kemudian silahkan anda klik pada tombol unduh updater aplikasi dapodik versi 2017.d seperti yang bisa anda lihat pada gambar di atas
  • Secara otomatis, Aplikasi Dapodik Versi 2017.d akan tersimpan di dalam Laptop/komputer anda.
Demikianlah informasi mengenai Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2017.d yang dapat kami sampaikan kepada anda sekalian.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2017.d"

  1. belum bisa donlod 2017d gima teman teman...

    BalasHapus
  2. kpn y 2017.d bsa d rilis,....????????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamis 4 Agustus 2017 sudah rilis. lihat saja ke website dapodikdasmen

      Hapus
  3. sampai hari ini kok belum rilis gimana nih kawan-kawan kapan mengerjakannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejak hari kamis sudah rilis pak. Download di website dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id

      Hapus