Tanya Jawab Seputar Implementasi Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018


Melihat masih ada banyak, kawan-kawan operator yang kebingungan mengenai cara pengoperasian Aplikasi Dapodikdasmen, maka Tim Dapodik Pusat kini telah mempublikasikan informasi mengai Tanya Jawab Seputar Implementasi Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.

Tanya Jawab Seputat Implementasi Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018

Apa isi dari Informasi tersebut?

Isinya adalah berbagai macam pertanyaan dan juga jawaban dalam proses implementasi Aplikasi Dapodikdasmen versi 2018.

Artikel Terkait: Tanya Jawab Seputar Pengisian Jadwal di Dapodik

Adapun isi informasi Tanya Jawab Seputar Implementasi Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018 adalah sebagai berikut:

Pertanyaan: Untuk input data Peserta Didik Kelas X, apakah diisi secara manual atau menggunakan fitur Tarik Peserta Didik?

Jawaban: Pengisian data Peserta Didik baru kelas X lebih efektif jika memanfaatkan fitur tarik PD dengan melihat validitas datanya seperti nama lengkap PD, TTL, NISN, dan juga nama ibu kandung. Apabila data dinyatakan valid maa lanjut menggunakan fitur tarik PD. Apabila data PD tidak valid karena terdapat kesalahan maka perbaikilah datanya dengan melalui vervalpd. Hal tersebut sangat penting dilakukan supaya terdapat kesinambungan data peserta didik  dari jenjang pendidikan sebelumnya. Kecuali bagi para peserta didik dari MI/MTs, data mereka harus diisikan secara manual.

Pertanyaan: Apakah yang harus dilakukan apabila telah melakukan konfirmasi tarik Peserta Didik, tapi data belum juga turun ke aplikasi dapodik Lokal? Apakah perlu dilakukan proses entri manual juga?

Jawaban: Apabila anda telah melakukan tarik Peserta Didik Online, maka tidak diperbolehkan untuk melakukan entri secara manual karena bisa berakibat data ganda. Apabila terpaksa harus mengentri secara manual karena data belum juga masuk ke dalam aplikasi maka lebih baik batalkan proses tarik Peserta Didik terlebih dahulu namun dengan syarat masih muncul datanya.

Pertanyaan: Bagaimanakah solusi apabila ketika Tarik PD ada data yang hilang atau tidak masuk ke dalam aplikasi dapodik?

Jawaban: Proses Tarik Peserta Didik lebih baik dilakukan sedikit demi sedikit, guna menghindari adanya data yang hilang selama proses sinkronisasi yang kemungkinan disebabkan lantaran jaringan internet yang tidak stabil. Sebelum melakukan syncronisasi jangan lupa Klik terlebih dahulu pada tombol Konfirmasi. Tipsnya ialah sesudah anda melakukan tarik Peserta Didik selanjutnya lakukan sync, jangan suka mengumpulkan hasil tarik Peserta Didik online terlalu banyak namun lakukanlah syncronisasi sesudah tarik PD secara bertahap.

Pertanyaan: Ketika melakukan proses sinkronisasi Aplikasi Dapodikdasmen versi 2018, tampil sebuah pesan yang bertuliskan “koneksi internet lambat” padahal pada kenyataannya koneksi internet yang dipakai sekolah sudah cukup memadai dan lancar?

Jawaban: Hal pertama yang harus anda lakukan ialah mengganti koneksi internet misal saja dari Provider A diganti ke Provider B, apabila tahapan itu telah dilakukan namun masih belum berhasil melakukan sinkronisasi. Maka selanjutnya coba tambahkan Add On pada Web  browser yang anda gunakan security kiss atau Add On yang sejenisnya.

Pertanyaan: Aplikasi  dapodikdasmen Versi 2018 telah terinstall sesuai dengan  tahapan yang benar, tapi ketika dijalankan tidak dapat dibuka dan muncul keterangan “we are sorry, but someting went terrbily wrong”. Bagaimana solusinya?

Jawaban: Untuk mengatasi masalah ini yang harus dilakukan ialah dengan melakukan pengecekan terhadap service database dapodikdasmen anda. Adapaun langkah-langkah untuk pengecakan  service database adalah sebagai berikut:

  1. Klik start di Laptop anda- klik  run - service.msc, cek service dapodikdb (klik pada start), apabila dapodikdb running maka silahkan anda buka login aplikasinya.
  2. Apabila cara pada nomor 1 di atas belum juga dapay running dapodikdbnya, maka silahkan buka menu program file - dapodik. -database (pastikanlah bahwa file berjumlah 18 file yang terdapat di dalam folder database nya ), biasanya hal ini karena ada file yang corrupt atau hilang.

Pertanyaan: Ketika melakukan validasi data sarpras tertulis bahwa data periodik sarana jenis (-) yang berada di dalam Prasarana dengan nama Kelas (-) untuk periode Ganjil 2017 belum diisi. Padahal nyatanya di dalam aplikasi sudah diisi. Bagaimana solusinya?

Jawaban : Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pastikanlah bahwa data periodik telah terisi dengan benar dan juga sukses tersimpan
  2. Pastikanlah bawah tidak ada data sarana yang terdapat di menu Sarana sudah Hapus Buku yang dihapus tanpa mengisi data periodik.

Demikianlah informasi mengenai Tanya Jawab Seputar Implementasi Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018 yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanya Jawab Seputar Implementasi Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018"

Posting Komentar