Tanya Jawab Seputar Pengisian Menu Jadwal di Dapodik Versi 2018


Kawan-kawan operator sekolah, menindaklanjuti banyaknya pertanyaan terkait pengisian jadwal di Aplikasi Dapodik Versi 2018, pihak admin dapodikdasmen telah membuat informasi tentang Tanya Jawab Seputar Pengisian Menu Jadwal di Dapodik Versi 2018.

Tanya Jawab Seputar Pengisian Menu Jadwal di Dapodik Versi 2018


Hal ini dimaksudkan untuk membantu para operator dalam mengisi jadwal pelajaran. Sebab banyak dari merekaa yang masih bingung.

Berikut ini Tanya Jawab Seputar Pengisian Menu Jadwal di Dapodik Versi 2018:

Pertanyaan : Bagaimanakah apabila ada 1 ruang kelas yang dijadikan 2 rombel atau bahkan 3 rombel?

Jawaban : di dalam 1 ruang kelas silahkan anda urutkan jam pembelajaran yang sesuai dengan urutan waktunya, seperti ada kelas pagi dan kelas siang. Contoh, pada kelas pagi dimulai dari Jam pelajaran yang ke 1,2 sampai dengan jam ke 6. Sedangkan kelas siang dimulai jam ke 7,8 sampai 12. Sehingga akan menjadi sistem seperti kelas kombinasi pagi dan siang. Ingat, anda  jangan pernah untuk membuat data prasarana ruang kelas baru jika memang tidak terdapat prasarananya.

Artikel Terkait: Cara Mengisi JJM di Dapodik versi 2018

Pertanyaan : Bagaimana apabila Ruangan kelas di bagi menjadi 2 dengan memakai sekat triplek/ tidak ada sekat permanen?

Jawaban : Di dalam isian data prasarana Ruang kelas, akan tetap di anggap 1 ruang saja. Namun untuk jadwal silahkan dibuat seperti pada penjelasan nomor 1 , meskipun untuk waktu penyelanggaraan sekolah di pilih “pagi”.

Pertanyaan : Mengapa di dalam jadwal ada deteksi validasi, apabila seoran PTK Mengajar pada urutan jam pembelajaran yang sama namun berbeda rombel akan ditolak di dalam aplikasi dapodik?

Jawaban : Solusi untuk hal ini adalah, pastikan bahwa tidak ada jam yang bentrok di dalam pengisian data jadwal. Jumlah slot jam pada jadwal ialah jumlah dari jam yang nantinya di inputkan di dalam menu pembelajaran. Pastikan juga jamnya telah sesuai antara pembelajaran dan juga jadwal telah dibagi habis dan tidak ada bentrok antar sesama rombel.

Yang dimaksud jadwal bentrok adalah apabila terdapat PTK yang sama mengajar pada jam pembelajaran yang sama serta pada hari yang sama pula, namun berada di prasarana rombel (ruang kelas) yang berbeda.

Pertanyaan : Apa penyebab dan dampak baris warna merah saat pengisian jadwal?

Jawaban : apabila jadwal tidak urut, misalnya saja dari jam pembelajaran yang ke-2 lalu loncat ke jam pembelajaran yang ke-4 lantaran diselingi mapel yang terdapat di kelompok tambahan yang tidak masuk ke dalam jadwal aplikasi dapodik. Maka secara otomatis akan terlihat tidak urut. Sehingga mengakibatkan adanya warna merah.

Hal tersebut TIDAK APA-APA. tidak akan menghambat proses syncronisasi/tidak invalid. TIDAK BERMASALAH. Di situ maksudnya hanyalah mengingatkan bahwa jadwal tidak urut.

Pertanyaan : Bagaimana cara menginput jadwal seorang guru yang mengajar lebih dari 1 rombel karena kekurang guru?

Jawaban : Hal itu Tidak masalah apabila memang faktanya seperti tu. Cara menginputnya seperti pada pembahasan nomor 1, pastikanlah tidak ada jadwal yang bentrok. Sebab sistem validasi di aplikasi dapodik tidak akan menerima inputan jadwal yang bentrok.

Pertanyaan : Bagaimanakah untuk menginput jadwal upacara, istirahat dan juga ekstrakurikuler ?

Jawaban : Jadwal tersebut tidak perlu diinputkan ke dalam menu jadwal di aplikasi dapodik, hanya mapel tatap muka yang sesuai dengan Kurikulum sajalah  yang harus diinputkan. Upacara, istirahat dan juga   Ekstrakurikuler maupun kegiatan kookurikuler yang lainnya tidak perlu diinputkan ke dalam menu jadwal.

Pertanyaan : Bagaimana cara mengiinput  mapel Agama yang yang lebih dari 1 agama?

Jawaban : Untuk Sementara silahkan anda pilih saja agama yang mayoritas guna menghindari deteksi adanya jadwal bentrok.

Pertanyaan : Bagaimana cara mengisi jam mengajar guru BK untuk kurikulum 2013 dan juga KTSP ?

Jawaban : Jumlah jam pada pembelajaran silahkan anda isi dengan 0 jam supaya tidak tampil slot jam pada menu Jadwal. Sebab beban mengajar guru BK akan dilihat dari rasio peserta didik sejumlah 150 siswa untuk 1 Guru BK.

Pertanyaan : Bagaimana cara mengisi jam guru TIK untuk kurikulum 2013?

Jawaban : Jumlah jam pada pembelajaran silahkan anda isi dengan 0 jam supaya tidak tampil slot jam pada menu  Jadwal. Sebab beban mengajar guru TIK akan dilihat dari rasio peserta didik sejumlah 150 siswa untuk 1 Guru TIK.

Pertanyaan : Bagimana cara mengisi jam guru TIK untuk kurikulum KTSP ?

Jawaban : Untuk para guru TIK yang mengajar pada kkurikulum KTSP disebabkan jam mapel Teknologi Informasi dan Teknologi masuk ke dalam jam wajib / wajib tambahan, maka juga harus dimasukkan ke dalam menu jadwal dan mempunyai slot jam sendiri pada jadwal.

Demikianlah informasi mengenai Tanya Jawab Seputar Pengisian Menu Jadwal di Dapodik Versi 2018 yang bisa kami sampaikan.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tanya Jawab Seputar Pengisian Menu Jadwal di Dapodik Versi 2018"

  1. bagaimana mengatasi
    "akumulasi jam dari jadwal(0) masih kurang dari julah jam/minggu(24) yang terdapat pada pembelajaran Guru Kelas SD/MI/SLB yang diajarkan oleh guru....."
    jam pembelajaran di rombel tidak ada yang lebih, tapi selalu muncul pesan tersebut di validasi Rombongan Belajar@Jadwal.

    BalasHapus
  2. Kalow guru agama yang mengajar kelas a dan b kan tidak bisa di gabung dalam jadwal mengajar nya..
    Berarti kalow pelaksanaan ny di gabung hitungan jam nya jadi doubel ya kalow sekali mengajar gabung itu 4 jam berarti hitungannya jadi 8 jam bnar kah?

    BalasHapus