Cara Penambahan Data Program/Kompetensi Keahlian Dilayani untuk SMK di Dapodik

Karena adanya perubahan nama program/kompetensi keahlian dari spektrum 2013 ke 2016, sehingga perlu dirinci lagi Bidang Keahlian dan programnya.

Cara Penambahan Data Program/Kompetensi Keahlian Dilayani untuk SMK di Dapodik


Oleh karena itu, terjadi perubahan tampilan pada tab Kompetensi Keahlian Dilayani. Misalnya saja kompetensi keahlian Akuntansi yang sebelumnya berada di dalam Program Keahlian Keuangan, pada spektrum PMK 2016 berubah menjadi Kompetensi Akuntansi dan Keuangan pada program Akuntansi dan Keuangan dengan Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen.

Artikel Terkait: Aturan Pengisian Kepala Sekolah, PLT dan Kepala SPK di Dapodik

Dengan adanya perubahan ini, diikuti juga dengan perubahan data di dalam Aplikasi Dapodikdasmen. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi kepada anda mengenai Cara Penambahan Data Program/Kompetensi Keahlian Dilayani untuk SMK di Dapodik.

Sekarang silahkan anda perhatikan pada gambar nomor 1 di atas. Perhatikanlah 2 record di atas. Isian Kompetensi Keahlian terisi berarti record tersebut adalah record untuk Program Keahlian

Sementara itu, 2 record yang ada di bawah, isian Kompetensi terisi dengan Akuntansi serta Akuntansi dan Keuangan. Itu artinya record tersebut untuk Kompetensi Keahlian.

Cara Penambahan Data Program/Kompetensi Keahlian Dilayani untuk SMK di Dapodik


Sekarang kita masuk ke pembahasan langkah-langkah untuk Menambahkan Data Program/Kompetensi Keahlian Dilayani untuk SMK di Dapodik.

Silahkan anda perhatikan Gambar di bawah ini. Disitu saya sudah memberikan nomor sebagai petunjuk langkah dalam menambahkan Data Program Keahlian SMK.

Cara Penambahan Data Program/Kompetensi Keahlian Dilayani untuk SMK di Dapodik


Adapun keterangan lebih jelasnya adalah sebagai berikut:
  1. Klik pada Tab Kompetensi Keahlian Dilayani
  2. Klik pada Tombol Tambah
  3. Carilah Program/Kompetensi Keahlian yang dilayani di sekolah saat ini. Tambahkanlah Program Keahlian sesuai dengan Spektrum Baru (Penyelenggara K13 Wajib menambahkan) sedangkan Kompetensi Keahlian dilayani ditambahkan pada tahun ajaran berikutnya. Kecuali yang ingin menyelenggarakan struktur kurikulum 2013 Revisi berdasarkan pada acuan surat edaran dari direktur PSMK). Perhatikanlah Konversi Spektrum PMK 2013 ke PMK 2016
  4. Pilihlah Program Pengajaran yang sesuai. Perhatikan, nanti akan ada keterangan apakah pilihan itu adalah program keahlian/kompetensi keahlian
  5. Klik pada tombol Pilih
  6. Data program dan jenis akan muncul
  7. Nama secara otomatis akan terisi
  8. Isilah SK Ijin (dapat memakai SK Kompetensi)
  9. Isilah tanggal SK. Kemudian Simpan
  10. Selesai
Catatan Penting!!! Program/Kompetensi Keahlian yang sudah ditambahkan tidak akan ditampilkan lagi dalam pencarian.

Demikianlah informasi mengenai Cara Penambahan Data Program/Kompetensi Keahlian Dilayani untuk SMK di Dapodik yang bisa kami sampaikan.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Penambahan Data Program/Kompetensi Keahlian Dilayani untuk SMK di Dapodik"

Posting Komentar