Soal UNBK Matematika 2018 Ada Isian Singkat


Ada kabar baru seputar pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), informasi yang saya maksud tersebut adalah Soal UNBK Matematika 2018 Ada Isian Singkat. Hal ini disampaikan oleh Bambang Suryadi Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dalam sambutannya dalam acara Validasi Soal UN jenjang SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK, di ruang sidang lantai tujuh Puspendik pada tanggal 20-24 November 2017.

Soal UNBK Matematika 2018 Ada Isian Singkat


Bambang mengatakan, untuk pelaksanaanUN tahun 2018 ada kebijakan baru dalam hal bentuk soal, yaitu soal isian singkat untuk mata pelajaran matematika.

“Kebijakan baru ini dimaksudkan untuk mengukur kemampuan peserta didik melalui soal yang bersifat Higher Order Thinking Skills (HOTS)”, ucap Bambang yang kami kutip dalam website BSNP.

Hal ini tentunya menjadi sesuatu yang baru dalam pelaksanaan Ujian Nasional. Di mana selama ini pelaksanaanya selalu menggunakan soal dengan jenis Pilihan Ganda.

Dengan adanya perubahan bentuk soal untuk Mapel Matematika, maka harus disikapi oleh para peserta ujian dan juga guru mapel tersebut. Antara guru dan siswa harus mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam mengerjakan setiap soal yang nanti akan dikerjakan.

Sebab tidak bisa dipungkiri bahwa mapel matematika sekana menjadi ‘momok’ yang menakutkan bagi para peserta didik. Sehingga perlu persiapan yang sangat serius dalam usaha memahami setiap materi yang akan diujikan pada mapel tersebut.

Sayangnya, sampai saat ini belum ada keterangan lanjutan apakah soal isian singkat untuk mapel matematika dalam ujian nasional diperuntukkan untuk semua jenjang pendidikan ataukah hanya untuk jenjang tertentu saja.

Saya rasa ke depannya pasti ada penjelasan lebih lanjut mengenai perubahan bentuk soal tersebut. Sehingga para peserta didik mempunyai pedoman yang jelas dalam mengerjakannya.

Namun setidaknya, dengan adanya informasi ini kita sedikit tahu bahwa pada tahun 2018 ada tambahan bentuk soal isian singkat pada soal matematika.

Kebijakan ini diambil pasti dengan banyak pertimbangan yang tentu salah satu tujuan utamnya untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan UN di Indonesia. Semoga saja kebijakan perubahan bentuk soal ini akan membuat dunia pendidikan di negara ini akan semakin baik.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Soal UNBK Matematika 2018 Ada Isian Singkat"