Tips Mengatasi Data Siswa Belum Masuk VerVal

Tips Mengatasi Data Siswa Belum Masuk VerVal . Sahabat Operator Dapodik semuanya, semenjak aplikasi Dapodik diperbarui menjadi versi 2016c rasanya banyak sekali ditemui berbagai macam persolan baru. Kondisi ini menjadi beban tersendiri bagi seorang operator, sebab berkaitan dengan kesempurnaan aplikasi bukan karena kesalahan manusia yang mengoperasikan.

Salah satu persoalan yang muncul dan banyak membuat para operator ketar-ketir adalah terkait dengan proses Verivikasi dan Validasi data Peserta Didik yang belum juga segera masuk dalam sistem VerVal PD. Pastinya, anda sekalian sudah sangat akrab dengan sistem ini. Sebuah website yang akan memverifikasi data siswa yang telah diinput ke dalam Dapodik.

Tips Mengatasi Data Siswa Belum Masuk VerVal
Tips Mengatasi Data Siswa Belum Masuk VerVal.


Persoalan belum masuknya data siswa di vervalPD merupakan masalah serius. Sebab ini akan berpengaruh terhadap jumlah dana BOS yang diterima. Apabila terdapat satu saja peserta didik yang belum masuk ke dalam sistem vervalPD maka siswa terkait tidak akan mendapat alokasi dana BOS. Itu jika hanya satu, tapi kalau jumlahnya puluhan bahkan ratusan tentu akan sangat merugikan sekali.

Pertanyaan yang muncul di kalangan operator Dapodik adalah, apa sih sebenarnya penyebab utama data siswa belum juga masuk dalam vervalPD? Padahal, semua data peserta didik sudah diisi kompli dan benar ke dalam Aplikasi Dapodik. Harusnya, semua data tersebut secara otomastis dapat masuk ke dalam sistem vervalPD.

Bahkan, meskipun Data Dapodik sudah disinkronisasikan masih saja data peserta didik tersebut belum juga muncul di sistem vervalPD. Jika seperti ini yang terjadi, lantas bagaimana solusinya? Akankah data siswa tersebut selamanya tidak akan masuk ke dalam vervalPD? Sehingga membuatnya tidak mendapat dana BOS atau bahkan sampai tidak masuk dalam daftar peserta UN.

Nah, untuk menjawab persoalan tersebut pada kesempatan ini saya akan berusaha menjelaskan tentang penyebab dan cara mengatasi data siswa tak masuk vervalPD. Penjelasan ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi dan tukar informasi dengan sesama operator dapodik di berbagai forum.

Perlu anda pahami bersama, tak kunjung masuknya data peserta didik di sebuah sekolah ke sistem vervalPD bisa disebabkan beberapa hal yang intinya berkaitan dengan validitas input data utama peserta didik. Data utama ini merupakan data yang wajib diisi. Biasanya dalam kolom peserta didik akan ditandai dengan bintang merah.

Misalnya saja Nama Lengkap, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), sampai dengan Nama Ibu Kandung. Kesalahan dalam input data utama tersebutlah yang biasanya meyebabkan data siswa tidak kunjung masuk di verval. Maka jika ini yang terjadi, segeralah perbaiki data yang keliru tersebut secepatnya.

Tetapi, apabila setelah anda melakukan pengecekan terhadap data siswa di Dapodik dan semua data tersebut valid itu berarti terjadi kesalahan sistem. Jika ini yang terjadi, kewenangan bukan berada di tangan operator Dapodik. Lantas, bagaimakah solusi untuk mengatasi persoalan ini secepat mungkin?

Berkaitan dengan kesalahan sistem ini, saya menganjurkan anda untuk memperhatikan beberapa hal ini yang saya rangkum dengan judul Tips Mengatasi Data Siswa Belum Masuk VerVal. Simaklah dengan seksama.

1. Pertama lakukan Login terlebih dahulu ke dalam Aplikai Dapodik.

2. Pilih Tabulasi Menu Rombongan Belajar (Rombel), kemudian klik satu kali pada fitur Anggota Rombel.

3. Silahkan ada pilih data peserta didik yang belum juga masuk ke dalam sistem vervalpd (lokasinya berada di kolom sebelah kiri).

4. Jika sudah ketemu nama peserta didik tersebut, selanjutnya silahkan datanya dari anggota rombel tersebut.

5. Setelah anda keluarkan, masukkan kembali data peserta didik yang di keluarkan ke dalam anggota rombel.

6. Apabila semua langkah tersebut sudah anda lakukan segera lakukan sinkronisasi data.

Cara tersebut merupakan hasil dari uji coba saya sendiri dan terbukti berhasil. Para rekan-rekan operator lain juga sudah membuktikannya. Semoga artikel berjudul Tips Mengatasi Data Siswa Belum Masuk VerVal bisa bermanfaat untuk anda semua.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Tips Mengatasi Data Siswa Belum Masuk VerVal"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. cuk,, ane mau tuh anak masuk verpal pd biar dpt NISN, lo malah nyuruh mastiin udah dapat ngganya tuh NISN

    BalasHapus
  3. Thx infonya
    dicoba dulu ahh moga z berhasil

    BalasHapus
  4. Kalau siswanya sdh sekolah dari kelas 1 s/d kelas 5 Sekolah Dasar tapi data siswannya blm ada dlm Dapodik. Apakah ada cara utk siswanya bisa terdaftar?? Mohon bantuannya. Terima kasih

    BalasHapus
  5. Sudah coba keluarkan dari rombel, eh jadinya nggak bisa dimasukkan lagi karena tidak ada namanya di kotak kanan

    BalasHapus