Cara Konfirmasi Penyelesaian Kuesioner PMP Versi 1.4

Cara Konfirmasi Penyelesaian Kuesioner PMP. Salam Satu Data. Sahabat Operator Dapodik, semoga seemua sehat-sehat saja sehingga terus bisa menjalankan tugasnya dalam menyelesaikan input data Dapodik dan yang paling terbaru adalah Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan atau yang biasa disebut PMP.

Sejak dirilisnya pertama kali, Aplikasi PMP memang menimbulkan banyak perdebatan dan keresahan terutama di kalangan operator dapodik. Sebab terdapat berbagai macam Bug (kesalahan) aplikasi di dalamnya, seperti beberapa kuesioner tidak muncul, ada kuesioner yang heng saat akan diisi, hingga proses pengiriman data yang tak kunjung bisa selesai.


Cara Konfirmasi Penyelsaian Kuesioner PMP Versi 1.4
Cara Konfirmasi Penyelsaian Kuesioner PMP Versi 1.4.
Terlepas dari beragam Bug Aplikasi yang ada, Aplikasi PMP diharapkan bisa menjadi sistem penilai mutu pendidikan yang profesional sehingga kualitas pendidikan di Indonesia akan terus menjadi lebih baik.

Pada akhir September 2016, Aplikasi PMP kembali diperbarui menjadi Versi 1.4. Bagi para operator pembaruan Aplikasi PMP ini diharapkan mampu mengatasi berbagai persoalan yang ada di aplikasi versi sebelumnya. Namun, usai menginstal updater  Aplikasi PMP Versi 1.4 terdapat beberapa perbedaan yang membuat banyak operator bingung. Salah satunya berada di menu verifikasi dan kirim data.

Sebab setelah menjadi versi 1.4, verifikasi PTK, PD, Kepala Sekolah, Pengawas dan Komite yang awalnya sudah valid tiba-tiba berubah menjadi tanda silang merah yang artinya belum valid dan membuat data yang ada tak bisa dikirim. Sontak saja hal ini membuat banyak operator bingung, kenapa hal demikian bisa terjadi? Apakah di Aplikasi PMP Versi 1.4 semua PTK dan PD harus menginput data?

Bagi anda yang mengalami kasus seperti itu, jangan khawatir. Anda juga tak perlu menginput semua data siswa terlebih dahulu. Kasus di atas terjadi lantaran di Aplikasi PMP Versi 1.4 terdapat menu tambahan bernama Konfirmasi Selesai. Menu ini digunakan untuk melakukan konfirmasi kembali terhadap semua jawaban yang sudah diisi.

Cara Konfirmasi Penyelsaian Kuesioner PMP Versi 1.4

Agar semua data valid, maka semua responden harus melakukan Konfirmasi selesai. Sehingga tanda silang merah tersebut bisa merubah menjadi tanda centang hijau. Berikut ini Cara Konfirmasi Penyelesaian Kuesioner PMP Versi 1.4

1.    Login Aplikasi PMP anda masing-masing

2.    Tekan tombol Verifikasi & Kirim Data yang berada di sebelah kiri, lihatlah di bagian mana data anda yang terdapat tanda silang merah.

3.    Jika sudah ketemu, masuk menu Tukar Pengguna

4.    Pilih nama responden yang sudah anda mengisi kuesioner PMP

5.    Masuk ke Menu Konfirmasi Selesai, tekan tombol Konfirmasi setelah ada pemberitahuan klik OK

6.    Ulangi tahapan tersebut untuk semua responden yang sudah mengisi kuesioner PMP

7.    Setelah selesai otomatis data mereka yang berada di menu Verifikasi & Kirim Data akan valid dan data anda bisa dikirim.

Catatan: Proses Konfirmasi Penyelesaian Kuesioner PMP Versi 1.4 harus terkoneksi dengan internet. Maka gunakanlah jaringan internet yang lancar sesuai dengan daerah anda. Sebab untuk masing-masing wilayah memiliko koneksi internet yang beragam

Proses konfirmasi data kuesioner PMP ini wajib dilakukan, tujuannya untuk memastikan apakah responden sudah yakin dengan semua jawaban yang diisi ke dalam kuesioner atau belum. Jika belum maka jangan lakukan konfirmasi selesai dulu. Cek kembali jawaban yang anda input ke dalam aplikasi PMP anda.

Demikian informasi mengenai Cara Konfirmasi Penyelesaian Kuesioner PMP Versi 1.4 yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini



Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Cara Konfirmasi Penyelesaian Kuesioner PMP Versi 1.4"

  1. pengawas sudah konfirmasi, tetapi tetap tidak muncul verivikasinya di PMP

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan semua pertanyaan sudah dijawab semua pak

      Hapus
  2. BAGAIMANA CARA MENGHILANGKAN TANDA CEKLIS APABILA SDH TERLANJUR DI CEKLIS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang bisa membuka Checklist hanya dari pusat. Makanya stiap pengisian harus diperhatikan benar-benar jangan sampai ada yang salah

      Hapus
  3. Kenapa koesioner Pengawas tidak bisa di isi? Padahal guru, siswa sama komite sudah, pas mau buka koesioner pengawas tulisannya : pastikan semua responden mengisi, mohon pencerahannya

    BalasHapus