http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ Website Data Calon Peserta UN

http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ Website Data Calon Peserta UN. Ujian Nasiona atau yang biasa disebut sebagai UN merupakan evaluasi pembelajaran berskala nasional yang diperuntukkan bagi sekolah SD hingga SMA sederajat. Semua sekolah yang ada di Indonesia baik yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama wajib mengikuti UN.

Seiring berjalannya waktu, ujian nasional telah mengalami berbagai macam perkembangan dari berbagai macam segi. Yang dulunya hasil UN menjadi satu-satunya landasan penentuan kelulusan siswa, mulai beberapa tahun belakangan ini aturan tersebut direvisi. Memang UN masih memiliki porsi terbesar dalam menentukan kelulusan siswa, namun hasil kelulusan saat ini juga ditentukan dengan nilai hasil belajar siswa selama menempuh pembelajaran di sebuah jenjang pendidikan.

http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ Website Data Calon Peserta UN
http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ Website Data Calon Peserta UN.

Selain dalam bidang penentuan kelulusan, perkembangan UN juga terjadi dalam hal teknis pelaksanaan. Saat ini, pendaftaran UN tidak lagi dilakukan secara manual melainkan diajukan melalui Aplikasi UN yang berkorelasi dengan Aplikasi Data Pokok Pendidikan atau yang biasa disebut dengan Dapodik (Khusus untuk Sekolah yang berada di bawah naungan Kemendikbud).

Perlu anda ketahui, Aplikasi UN tidak membutuhkan software khusus. Namun pihak sekolah cukup mengunjungi website Data Calon Peserta UN di alamat http://pdun.data.kemdikbud.go.id/. Di sini anda akan dapat melihat siwa dengan nama siapa saja yang bisa mengikuti Ujian Nasional pada Tahun 2017 nanti.

Lantas, bagaimana cara memastikan siswa di sebuah sekolah masuk dalam Daftar Peserta UN? Caranya sangat mudah, yang perlua anda pastikan ialah siswa di sekolah anda sudah masuk dalam Aplikasi Dapodik. Selain itu anda harus memastikan mereka semua sudah masuk dalam Menu Referensi yang ada di VerVal Peserta Didik.

Maka dari itu, segeralah anda mengunjungi http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ Website Data Calon Peserta UN. Mumpung pelaksanaan Ujian Nasional ini masih lama, ada baiknya anda membuka website ini sekarang. Jika anda masih bingung cara Loginnya, pada artikel sebelumnya saya telah menuliskannya dengan Judul Cara Login Manajemen PDUN yang Benar.

Dengan membuka http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ Website Data Calon Peserta UN anda akan bisa melihat semua daftar calon peserta UN. Selain itu, anda juga bisa melihat apakah semua persyaratan siswa yang akan mengikuti UN sudah terpenuhi atau belum. Biasanya, persoalan yang muncul adalah seputar nama yang keliru atau NISN yang berbeda dengan ijazah. Jika hal ini yang terjadi anda harus segera memperbaikinya melalui VerValPD.

Pastikan semua data siswa calon peserta UN valid. Hal ini sangat penting sekali karena berkaitan dengan kebenaran data siswa, sehingga mereka semua dapat mengikuti UN. Demikian informasi mengenai http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ Website Data Calon Peserta UN. Semoga dapat bermanfaat.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

13 Responses to "http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ Website Data Calon Peserta UN "

  1. cara mengisi nama kepala sekolah di berita acara gimana ya tempat saya masih kosong

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. masak? saya baru saja buka kok bisa ya...

      Hapus
    2. Ya..betul. Tadi jam 9 bisa dibuka sekarang tak bisa.

      Hapus
  3. Balasan
    1. belum ada pengumuman resmi. lebih cepat lebih baik soalnya ujia dimulai awal april

      Hapus
  4. Balasan
    1. belum ada pengumuman resmi. lebih cepat lebih baik soalnya ujia dimulai awal april

      Hapus
  5. pk arif, kalau mengganti nama kepala sekolahnya gimana y ?
    di dapaodiknya udah dirubah nama kepala sekolah yang baru.
    tapi di dpun belum terganti, tu gimana y pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gantinya sudah lama atau baru pak? jika baru memang butuh waktu karena menunggu proses dari pdsk. yang penting disinkronisasikan dulu supaya bisa segera diperbaiki

      Hapus
    2. Ass..
      pertanyaan yang sama, nama kepsek belum juga berubah. proses nya sekitar berapa lama pak?

      Hapus
  6. ya tidak bisa buka....gimana ini

    BalasHapus