Kisi-kisi USBN SMP/MTs 2017 Lengkap


Kisi-kisi USBN SMP/MTs 2017 Lengkap - Selaian pelaksanaan Ujian Nasional, pada tahun 2017 ini juga akan diadakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

USBN  adalah suatu kegiatan untuk melakukan pengukuran terhadap tingkat pencapaian peserta didik khusus untuk beberapa mata pelajaran yang mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang berlaku.

Ada beberapa mata pelajaran yang akan diujikan dalam USBN nanti. Mapel-mapel tersebut akan disesuaikan dengan jenjang pendidikan dari masing-masing siswa.

Semua sekolah mulai dari tingkat SMP sampai dengan SMA sederajat, akan menggelar USBN di sekolah masing-masing.

Kisi-kisi USBN SMP/MTs 2017 Lengkap


Agar peserta didik siap menghadapai USBN, maka Kemendikbud telah membuat dan menyusun Kisi-kisi USBN 2017.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang kisi-kisi USBN SMP 2017 Lengkap. Perlu anda semuanya tahu, Kisi-kisi USBN adalah suatu acuan untuk mengembangkan dan perakitan terhadap naskah soal-soal yang akan diujikan dalam USBN yang disusun berdasarkan dengan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi dan Kurikulum yang berlaku selama ini.

Baca Juga: Jadwal Lengkap UN dan USBN 2017

Sampai saat ini baru ada 4 kisi-kisi USBN SMP/MTs yang baru keluar. Keempatnya adalah Mapel PKn K13, PKn KTSP, IPS K13 dan IPS KTSP.

Supaya lebih jelas berikut ini kami sajikan informasi mengenai Kisi-kisi USBN SMP/MTs 2017 Lengkap

1. Kisi-kisi USBN Mapel PKn Kurikulum 2013


A. Level Kognitif


Pengetahuan dan Pemahaman


  • Mengidentifikasi
  • Menunjukkan
  • MenjelaskanMendeskripsikan

Aplikasi


  • Memberi contoh
  • Menentukan
  • Menerapkan
  • Menginterpretasi
  • Mengurutkan

Penalaran


  • Menganalisis
  • Mengevaluasi
  • Mengaitkan
  • Menyimpulkan

B. Lingkup Materi


a) Pancasila sebagai Ideologi Negara

Siswa dapat memahami dan menguasai :

  • Proses perumusan Pancasila
  • Nilai-nilai dan moral dalam Pancasila

Siswa dapat menerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang :


  • Proses perumusan Pancasila
  • Nilai-nilai dan moral dalam Pancasila

Siswa dapat menganalisis :

  • Proses perumusan Pancasila
  • Nilai-nilai dan moral dalam Pancasila

b) Norma dan Konstitusi


Siswa dapat memahami dan menguasai :

• Proses perumusan UUD NRI Tahun 1945

• Penerapan Norma

• Lembaga negara berdasarkan UUD NRI 1945

• Hak Asasi Manusia

Pengetahuan dan pemahaman tentang :

• Proses perumusan UUD NRI Tahun 1945

• Penerapan Norma

• Lembaga negara berdasarkan UUD NRI 1945

• Hak Asasi Manusia

Siswa dapat menganalisis :

• Proses perumusan UUD NRI Tahun 1945

• Penerapan Norma

• Lembaga negara berdasarkan UUD NRI 1945

• Hak Asasi Manusia

c) Komitmen terhadap Keutuhan NKRI


Siswa dapat memahami dan menguasai :

• Aspek-aspek pengokohan NKRI

• Keberagaman dalam masyarakat

• Semangat persatuan dan kesatuan

Siswa dapat menerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang :

• Aspek-aspek pengokohan NKRI

• Keberagaman dalam masyarakat

• Semangat persatuan dan kesatuan

Siswa dapat menganalisis :

• Aspek-aspek pengokohan NKRI

• Keberagaman dalam masyarakat

• Semangat persatuan dan kesatuan

2. Kisi-kisi USBN Mapel PKn Kurikulum 2006 (KTSP)


A. Level Kognitif


Pengetahuan dan Pemahaman

• Mengidentifikasi

• Menunjukkan

• Menjelaskan

• Mendeskripsikan

Aplikasi

• Memberi contoh

• Menentukan

• Menerapkan

• Menginterpretasi

• Mengurutkan

Penalaran

• Menganalisis

• Mengevaluasi

• Mengaitkan

• Menyimpulkan

B. Lingkup Materi


a) Aturan dan Ideologi

Siswa dapat memahami dan menguasai :

• Norma

• Konstitusi dan Proklamasi

• Bahaya Korupsi

• Pancasila

Siswa bisa menerapkan pengetahuan dan pemahaman mengenai :

• Tentang Norma

• Tentang Konstitusi dan Proklamasi

• Tentang Bahaya Korupsi

• Tentang Pancasila

Siswa bisa menganalisis :

• Tentang Norma

• Tentang Konstitusi dan

Proklamasi

• Tentang Bahaya Korupsi

• Tentang Pancasila

b) Hak dan Kewajiban Warga Negara

Siswa dapat memahami dan menguasai :

• Hak Asasi Manusia

• Usaha Bela Negara

Siswa dapat menerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang :

• Hak Asasi Manusia

• Usaha Bela Negara

Siswa dapat menganalisis :

• Hak Asasi Manusia

• Usaha Bela Negara

c) Kedaulatan Rakyat

Siswa dapat memahami dan menguasai :

• Demokrasi dan Kedaulatan

• Kemerdekaan mengemukakan pendapat

• Otonomi daerah

Siswa dapat menerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang :

• Demokrasi dan Kedaulatan

• Kemerdekaan mengemukakan pendapat

• Otonomi daerah

Siswa dapat menganalisis:

• Demokrasi dan Kedaulatan

• Kemerdekaan mengemukakan pendapat

• Otonomi daerah

d) Globalisasi dan Prestasi Diri

Siswa dapat memahami dan menguasai :

• Globalisasi

• Prestasi diri

Siswa dapat menerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang:

• Globalisasi

• Prestasi diri

Siswa dapat menganalisis

• Globalisasi

• Prestasi diri


3. Kisi-kisi USBN Mapel IPS Kurikulum 2013


A. Level Kognitif


Pengetahuan dan Pemahaman

Meliputi, Memahami, Mengidentifikasi, Menjelaskan, Menyebutkan, Mendeskripsikan, Memberi contoh, Menentukan, Menunjukkan.

Aplikasi

Meliputi Mengklasifikasi, Menghitung, Menggunakan, Menyelesaikan, Menerapkan, Menentukan, Membedakan, Memprediksi, Menginterpretasikan, Memberi contoh, Menemukan, Menghubungkan.

Penalaran

Meliputi, Menganalisis, Memprediksi, Membuktikan, Mengkombinasi, Membandingkan, Menyimpulkan, Mengevaluasi, Mensintesis.

B. Lingkup Materi


a) Aspek Keruangan dan Konektivitas Antar Ruang dan Waktu

Siswa mampu memahami dan menguasai aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam aspek regional: letak Indonesia, geologis, pengelolaan sumberdaya alam, kondisi geografis dengan aktivitas manusia,bentuk muka bumi, sumberdaya alam, peta, iklim, asia tenggara, negara maju/berkembang.

Siswa mampu menentukan penyelesaian aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam aspek nasional: letak Indonesia, pengelolaan sumberdaya alam, kondisi geografis dengan aktivitas manusia,bentuk muka bumi, sumberdaya alam, peta, iklim, asia tenggara, negara maju/berkembang.

Siswa mampu menganalisis tentang aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam aspek Nusantara: letak Indonesia, pengelolaan sumberdaya alam, kondisi geografis dengan aktivitas manusia,bentuk muka bumi, sumberdaya alam, peta, iklim, asia tenggara, negara maju/berkembang.

b) Kelembagaan Sosial dan Dinamika Interaksi Manusia

Siswa mampu memahami dan menguasai:

- penduduk

- proses sosial

- bentuk-bentuk interaksi sosial

- perubahan sosial - penyimpangan sosial

- keragaman sosial dan budaya

- lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan

- fungsi dan peran lembaga sosial

Siswa mampu menentukan penyelesaian permasalahan:

- penduduk

- proses sosial

- bentuk-bentuk interaksi sosial

- perubahan sosial

- penyimpangan sosial

- lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan

Siswa mampu menganalisis tentang:

-penduduk

- proses sosial

- bentuk-bentuk interaksi sosial

- perubahan sosial

- penyimpangan sosial

- lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan

c) Perkembangan Masyarakat Kebudayaan dan Pemerintahan Sejak Pra-Aksara Sampai dengan Mempertahankan Nkri

Peserta didik mampu memahami kehidupan sosial, ekonomi, budaya masyarakat pra-aksara, masa Hindu-Budha, masa Islam serta peninggalannya, masa kolonialisme, masa pergerakan dan pembangunan nasional, persiapan proklamasi, kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan.

Para siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman mengenai situasi kehidupan sosial, masalah ekonomi, budaya lokal, politik pada masa pra-aksara, Agama Hindu-Budha, Agama Islam, masalah kolonialisme, masalah liberalisme, peristiwa pada masa pergerakan dan pembangunan nasional, persiapan proklamasi, kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan.

Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji konsep-konsep mengenai kehidupan sosial, perekonomian, budaya nusantara, dan politik yang terjadi pada masa pra-aksara, kehidupan masa Hindu-Budha, Islam, masalah kolonialisme, dan masalah liberalisme masa pergerakan dan pembangunan secara nasional, persiapan ketika proklamasi, kehidupan sosial masyarakat, ekonomi, politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan.

D) Kegiatan Perekonomian Indonesia, Kerja Sama dan Lembaga Ekonomi Internasional

Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang:

- Pelaku ekonomi badan usaha, koperasi dan pasar

- Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral

- Badan-badan Kerjasama internasional/ regional

- Kegiatan ekspor dan impor

- Tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi

- Permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga

- Uang dan lembaga keuangan

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan

- Pelaku ekonomi badan usaha, koperasi dan pasar

- Gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi

- Kelangkaan sumberdaya dan kebutuhan manusia

- Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral

- Sistem ekonomi dan pajak

- Badan-badan Kerjasama internasional/ regional

- Penerapan pajak dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan data

- Pemeranan pemerintah dalam upaya menanggulangi ketenaga kerjaan

- Tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi

- Permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga

- Uang dan lembaga keuangan

Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam memecahkan masalah tentang:

- Tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi

- Uang dan lembaga keuangan

4. Kisi-kisi USBN Mapel IPS Kurikulum 2006 (KTSP)


A. Level Kognitif


Pengetahuan dan Pemahaman

Meliputi Memahami, Mengidentifikasi, Menjelaskan, Menyebutkan, Mendeskripsikan, Memberi contoh, Menentukan, Menunjukkan.

Aplikasi

Meliputi, Mengklasifikasi, Menghitung, Menggunakan, Menyelesaikan, Menerapkan, Menentukan, Membedakan, Memprediksi, Menginterpretasikan, Memberi contoh, Menemukan, Menghubungkan.

Penalaran

Meliputi, Menganalisis, Memprediksi, Membuktikan, Mengkombinasi, Membandingkan, Menyimpulkan, Mengevaluasi, Mensintesis.

B. Lingkup Materi


a) Keanekaragaman Bentuk Muka Bumi, Gejala Geosfer dan Kependudukan

Peserta didik mampu memahami dan menguasai:

- keragaman bentuk muka ( dataran) pada bumi dengan aktivitas penduduknya

- proses saat pembentukan muka bumi berlangsung

- berbagai gejala atmosfer

- berbagai gejala hidrosfer

- kondisi geografik dengan penduduk setempat

- mengenai peta, atlas dan globe d

- Asia Tenggara

- negara berkembang, negara maju - benua dan samudera

Peserta didik mampu menentukan penyelesaian

- keragaman bentuk muka bumi dengan aktivitas penduduk

- proses pembentukan muka bumi

- kondisi geografik dengan penduduk

 - sketsa, pengetahuan, peta, atlas dan globe

- Asia Tenggara

- negara berkembang, negara maju

- benua dan samudera

Peserta didik mampu menganalisis tentang:

- keragaman bentuk muka bumi dengan aktivitas penduduk

- proses pembentukan muka bumi

- kondisi geografik dengan penduduk

b) Sosialisasi dan Perubahan Sosial

Peserta didik mampu memahami dan menguasai:

- penduduk

- proses sosial

- bentuk-bentuk interaksi sosial

- perubahan sosial

- penyimpangan sosial

- lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan

Peserta didik mampu menentukan penyelesaian permasalahan:

- penduduk

- proses sosial

- bentuk-bentuk interaksi sosial

- perubahan sosial

- penyimpangan sosial

- lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan

Peserta didik mampu menganalisis tentang:

-penduduk

- proses sosial

- bentuk-bentuk interaksi sosial

- perubahan sosial

- penyimpangan sosial

- lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan

c) Perkembangan Masyarakat Kebudayaan dan Pemerintahan Sejak Pra Aksara Sampai dengan Mempertahankan NKRI

Peserta didik mampu memahami kehidupan sosial, ekonomi, budaya masyarakat pra-aksara, masa Hindu-Budha, masa Islam serta peninggalannya, masa kolonialisme, masa pergerakan nasional, persiapan proklamasi kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan

Para siswa mampu mengaplikasikan berbagai pengetahuan dan pemahaman mengenai kehidupan sosial, perekonomian, masalah budaya, politik pada masa pra-aksara, Agama Hindu-Budha, Agama Islam, masalah kolonialisme, masalah liberalisme, masa pergerakan nasional, persiapan proklamasi kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan.

Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji konsep-konsep kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan politik masa pra-aksara, masa Hindu-Budha, Islam, kolonialisme, danliberalisme.

d) Kegiatan Perekonomian Indonesia, Kerja Sama dan Lembaga Ekonomi Internasional

Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang:

- Pelaku ekonomi badan usaha, koperasi dan pasar

- Gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi - Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral - Badan-badan Kerjasama internasional/ regional

- -Tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi

- Permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga

- Uang dan lembaga keuangan

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan

- Pelaku ekonomi badan usaha, koperasi dan pasar

- Gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi

- Kelangkaan sumberdaya dan kebutuhan manusia - Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral - Sistem ekonomi dan pajak - Penerapan pajak dalam kehidupan sehari-hari-hari berdasarkan data

- Pemeranan pemerintah dalam upaya menanggulangi ketenaga kerjaan

- Tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi

- Permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga

- Uang dan lembaga keuangan

Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam memecahkan masalah tentang:

- Tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi

- Uang dan lembaga keuangan

Demikian informasi mengenai Kisi-kisi USBN SMP/MTs 2017 Lengkap. Semoga dapat bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel