Kisi-Kisi Materi PLPG 2017 Semua Jenjang (TK, SD, SMP, SMA/SMK)



Kisi-kisi Materi PLPG 2017 – Sahabat Guru, pastinya anda semua sudah mengetahui bahwa pada tahun 2017 akan kembali diadakan PLPG.

Bagi anda semua yang sudah memenuhi syarat mengikuti PLPG dan sudah terdaftar, tentunya ini menjadi kabar gembira tersendiri. Sebab dengan lulus PLPG, anda akan bisa memperoleh Tunjangan Profesi berupa Sertifikasi Guru.

Berkaitan dengan hal tersebut, kali ini saya akan membagikan informasi mengenai Kisi-Kisi Materi PLPG 2017 Semua Jenjang (TK, SD, SMP, SMA/SMK).

Kisi-kisi ini disusun dengan tujuan untuk menjadi bahan persiapan diri dalam kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG).

Maka dari itulah sangat perlu bagi kita semua untuk mempelajari setiap kisi-kisi materi dalam PLPG yang sudah disediakan lengkap oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Baca juga: Jadwal Tahapan Pelaksanaan Sertifikasi Guru Tahun 2017 Lengkap

Seperti yang telah anda ketahui bersama bahwa sesuai dengan Surat Edaran dari Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), pelaksanaan UTK akan diselenggarakan mulai bulan Maret sampai dengan Bulan April Tahun 2017.

Untuk itulah, bagi anda yang terdaftar sebagai peserta sertifikasi guru alangkah lebih baiknya untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin mulai dari sekarang agar nanti mendapatkan hasil terbaik.

Salah satu persiapan wajib yang harus dilakukan adalah mempeajari Kisi-kisi Materi PLPG yang dibuat Kemendikbud. Kisi-kisi yang dibuat sudah sangat spesifik karena disesuaikan dengan tingkat dan bidang studi yang diampu oleh guru bersangkutan.

Perlu anda semua ketahui, sampai saat ini Dirjen GTK sudah mempersiapkan ratusa kisi-kisi PLPG untuk jenjang pendidikan TK, SD, SMP, SMA/SMK. Semuanya sudah tersedia lengkap. Anda hanya tinggal memilih materi yang sesuai dengan keinginan.

Seluruh kisi-kisi mapel tersebut bisa anda unduh dengan mudah melalui website resmi di alamat http://kemdiknas.swin.net.id/pub/index.php?pg=detail.

Untuk lebih jelasnya mengenai Kisi-Kisi Materi PLPG 2017 Semua Jenjang (TK, SD, SMP, SMA/SMK) dan bagaimana cara mengunduhnya, simaklah penjelasan berikut ini dengan baik.

Download Kisi-Kisi Materi PLPG 2017 Semua Jenjang (TK, SD, SMP, SMA/SMK)


Kisi-kisi ini bisa anda unduh secara gratis. Adapun langkah-langkah untuk mendownloadnya adalah sebagai berikut:

Kisi-Kisi Materi PLPG 2017 Semua Jenjang (TK, SD, SMP, SMA/SMK)


  • Buka Browser di Laptop/PC anda (Saya anjurkan untuk menggunakan Google Chrome atau Mozila Firefox saja)
  • Buka jendela browser anda dana masukkan alamat URL berikut: http://kemdiknas.swin.net.id/pub/index.php?pg=kisikisi 
  • Anda akan dibawa menuju ke Halaman Kisi-kisi Materi PLPG Sertifikasi Guru Tahun 2-17
  • Pilih Materi PLPG yang sesuai dengan keinginan atau bidang studi anda, (misalnya adalah dengan memilik kode 154 kikisi PPKn). Untuk memilih materi caranya ialah dengan Klik Panah ke Bawah pada bagian Pilih Materi. (Lihatlah pada gambar pertama)

Kisi-Kisi Materi PLPG 2017 Semua Jenjang (TK, SD, SMP, SMA/SMK)



  • Maka akan muncul jendela yang menampilkan isi dari kisi-kisi materi PLPG yang anda pilih tadi
  • Di sebelah kanan atas akan ada pilihan Tombol “Buka” dan “Unduh” serta kapasitas atau besar file kisi-kisi PLPG. Silahkan dipilih sesuai dengan keinginan anda masing-masing. Tombol Buka berfungsi untuk membuka file kisi-kisi yang anda pilih. Sedangkan Tombol Unduh berfungsi untuk mengunduh file kisi-kisi tersebut.

Apabila anda menekan tombol Buka, maka secara otomatis akan keluar slide kisi-kisi materi PLPG. Di dalam silde tersebut, anda bisa melihat secara lengkap setiap bagian dari kisi-kisi. Mulai dari Kompetensi Utama (berisikan pedagogik dan profesional), Standar Kompetensi Guru yang terdiri dari 3 Kompetensi, yaitu Kompetensi Inti (KI), Komptensi guru mata pelajaran atau Mapel (KD), dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK). Lihatlah pada gambar kedua di atas.

Baca juga: Jadwal UTN Ulang Tahun 2017

Ketika anda memilih untuk menekan Tombo Unduh maka secara otomatis file kisi-kisi materi PLPG akan tersimpah (download) ke dalam PC/Laptop dalam bentuk file PDF. Sehingga bisa anda buka setiap saat tanpa perlu menggunakan koneksi internet lagi.

Penutup


Bagi anda yang sudah mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) yang memperoleh Skor minimal 80 ke atas, maka anda tidak perlu lagi mengikuti proses UTN kembali. Namun tetap harus mengikuti berbagai rangkaian kegiatan PLPG dan lulus semua komponen yang terdapat dalam PLPG meliputi kehadiran, peerteaching, penilaian sejawat, dan UTL.

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan terkait dengan Kisi-Kisi Materi PLPG 2017 Semua Jenjang (TK, SD, SMP, SMA/SMK).


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel