Cara Cepat Mengerjakan PMP Memakai Tools

Cara Cepat Mengerjakan PMP Memakai Tools - Pengisian Instrumen PMP untuk tahun 2017 telah dimulai sejak bulan juli, namun ternyata masih banyak sekali sekolah yang belum mengisi instrumen PMP. Hal tersebut mungkin saja disebabkan lantaran sosialisasi yang kurang mengenai cara pengisian instrumen Aplikasi PMP 2017.

Sebenarnya pengisian instrumen PMP ini sudah dimulai semenjak tahun 2016 lalu, sehingga hal ini sebetulnya bukan sesuatu yang baru lagi. Tapi nyatanya banyak sekolah yang juga belum mengisinya.

Cara Cepat Mengerjakan PMP Memakai Tools


Nah, untuk membantu anda dalam proses pengisian instrumen PMP, melalui artikel kali ini saya akan membagikan informasi mengenai cara cepat mengerjakan instrumen PMP.

Ada 2 cara yang bisa dilakukan, yaitu mengerjakan instrumen PMP secara bersama-sama dan menggunakan sebuah t tools khusus yang berfungsi untuk mempercepat pengisian instrumen PMP. Maka dari itu, simak baik-baik ya kawan.

Cara Cepat Mengerjakan PMP secara Bersama-sama

Saya rasa, para operator sekolah sudah sangat paham mengenai cara mengerjakan Aplikasi PMP memakai Teknik share jaringan, sehingga kita bisa mengerjakan instrumen PMP secara bersama-sama baik dengan laptop/komputer maupun smartphone. Perhatikan langkah-langkah berikut ini:
  1. Siapkan Jaringan Wifi (Anda juga dapat menggunakan TheatheringHotspot Smartphone)
  2. Aktifkan Komputer yang menjadi server /terinstal Dapodik dan PMP
  3. Persiapkan Komputer Client/Smartphone/Laptop para Guru yang akan anda gunakan untuk mengerjakan PMP
Kemudian lakukan setting terhadap jaringan internet, saya akan mencotohkan setting jaringan wifi Smartphone. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Silahkan Masuk ke dalam menu Pengaturan Android anda
  2. Pilih Menu Nirkabel dan Jaringan
  3. Pilih Menu Tethering and Portable Hotspot
  4. Pilih Menu Pengaturan Hotspot Wi-fi Portable
  5. Pilih Menu Konfigurasi Hotspot Wi-fi Portable
  6. Maka kemudian akan muncul sebuah menu untuk melakukan Konfigurasi Hotspot Wi-fi Portable
  7. Sesudah anda selesai menyetting Wifi Hotspot, silahkan kembali kembali ke Tethering and Portable Hotspot
  8. Berikan checklist pada Hotspot Wi-fi Portable guna mengaktifkan Wifi Hotspot yang terdapat android anda.

Pengaturan Laptop Server PMP

  1. Koneksikan komputer yang menjadi sever aplikasi PMP ke hotspot wifi android anda tadi
  2. Klik kanan pada tombol windows dan kemudian silahkan pilih Menu command prompt, sesudah berhasil terbuka ketikkan "ipconfig" (tanpa tanda petik ya)Carilah baris yang berisikan keterangan IPv4 Address. maka akan muncul alamat ip lokal yang berasal dari komputer anda tersebut (Misalnya saja: 192.168.0.5)

Pengaturan komputer/laptop client

  1. Koneksikan komputer ke hotspot wifi android yang anda gunakan
  2. Bukalah web browser (chrome/mozila firefox), kemudian ketikkan alamat ip yang berasal dari komputer yang terinstall aplikasi PMP dengan menambahkan port PMP yaitu 1745 (Misalnya saja: 192.168.0.5:1745
  3. Tunggulah hingga aplikasi PMP terbuka di komputer client, selanjutnya silahkan login denganmenggunakan akun pengguna masing-masing
Keterangan :

Apabila ketika login dengan mengunakan akun masing-masing PTK namun tidak bisa, maka silahkan login dengan memakai akun operator sekolah, sesudah berhasil terbuka Pilih pengguna, carilah nama PTK yang anda inginkan kemudian pilih tukar pengguna.


Cara cepat mengerjakan PMP Memakai Tools

Cara yang kedua ini tentunya banyak dari para responden yang berminat, sebab kita semua hanya perlu memakai sebuah tools khusus guna mempercepat pengerjaan instrumen PMP 2017 dan tentunya sudah suport dengan Aplikasi dapodik versi terbaru 2018. Namun sebelum anda menggunakan tools khusus ini harus memahami cara penggunaannya dan juga menerima semua resiko apabila kelak akan terjadi permasalahan maka itu resiko.

Tapi jika mengaca pada pengalaman tahun lalu,  banyak yang memakai tools khusus ini guna mempercepat proses pengisian instrumen PMP hasilnya sangat baik dan tidak terjadi bermasalah, rapor PMP akan tetap keluar dan hasil yang diperoleh otomatis bagus.

Adapun langkah-langkah menggunakan tols untuk mempercepat pengerjaan aplikasi PMP adalah sebagai berikut:
  1. Silahkan anda download terlebih dahulu software Tools Faster PMP V.2 DISINI 
  2. Instal software tersebut sampai selesai
  3. Untuk membuka silahkan klik kanan satu kali pada Tools Faster PMP dan silahkan pilih Menu Run As Administrator
  4. Pastikan anda telah menyiapkan akun pengguna lewat Menu Manajemen Pengguna (Salin data Peserta Didik, Salin PTK, Tambah data Pengawas dan juga Tambah Komite Sekolah)
  5. Jika semuanya telah lengkap seluruh kuesioner maka anda tinggal membuka aplikasi FasterPMP, dan pilihlah jenis respoden dan juga repsondennya sesudah itu anda tinggal klik pada Proses. Ulangi langkah tersebut hingga jumlah yang diinginkan selesai semuanya
  6. Password untuk aplikasi FasterPMP 2017 ialah berupa tanggal sistem komputer dengan menggunakan format yyyymmdd Contohnya sekarang tanggal 8 Juli 2017 maka password adalah: 20170708
  7. Selesai silahkan mencobanya. selamat mencoba)
Demikianlah informasi mengenai Cara Cepat Mengerjakan PMP Memakai Tools yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Cepat Mengerjakan PMP Memakai Tools"

Posting Komentar