Cara Mengatasi Data Telah Diubah Menggunakan Aplikasi Selain Dapodik

Ketika melakukan Validasi data dapodik, kerap kali ada yang mengalami peringatan yang berisi “Data Telah Diubah Menggunakan Aplikasi Selain Dapodik”.

Adanya peringatan ini tentunya harus disikapi dengan serius oleh para Operator Dapodik Sekolah. Sebab yang mengalami kejadian ini bisa dibilang cukup banyak.

Cara Mengatasi Data Telah Diubah Menggunakan Aplikasi Selain Dapodik


Perlu diperhatikan dengan baik bahwa dalam mengupdate data di dalam aplikasi dapodik, gunakanlah aplikasi dapodikdasmen yang memang resmi dikeluarkan oleh Tim Aplikasi Dapodik Pusat.

Sebab ada beberapa aplikasi yang katanya bisa digunakan untuk mengedit data dapodik beredar lluas diinternet. Padahal itu bukanlah aplikasi resmi dari Tim Dapodik.

Lalu bagaimana jika sudah terlanjur menggunakan aplikasi lain dalam mengedit data dapodik?

Adakah solusi mengatasi peringatan Data Telah Diubah Menggunakan Aplikasi Selain Dapodik saat melakukan validasi?

Oke berikut ini saya akan membagikan tips untuk mengatasi persoalan data diubah menggunakan aplikasi selain dapodik.

Pada gambar di atas anda bisa melihat salah satu contoh peringatan pada saat melakukan validasi aplikasi Dapodik dikarenakan mengalami perubahan tetapi memakai aplikasi atau tool selain aplikasi dapodik.

Silahkan lihat kotak berwarna merah , disitu tertulis “Sistem mendeteksi data peserta didik a/n ABDUL AZIS diubah menggunakan aplikasi selain aplikasi dapodik”

Untuk mengatasi error data seperti yang telihat pada gambar di atas caranya adalah dengan melakukan perbaikan (pengeditan) pada data yang bermasalah tersebut melalui aplikasi Dapodik secara langsung. (JANGAN MENGGUNAKAN APLIKASI LAIN)

Adapun caranya ialah sebagai berikut:
  • Bukalah lembar edit data yang terbaca error pada tahap validasi. Misalnya pada contoh di atas error data berada pada Menu PESERTA DIDIK
  • Silahkan anda ubah salah satu item data yang tidak terkunci, contohnya  dengan cara menambahkan "_" (spasi) pada Alamat Jalan peserta didik, kemudian pilih Simpan
  • Kemudian periksa kembali lembar validasi dan validasi ulang dapodik anda
  • Maka pesan ERROR tadi akan hilang dengan sendirinya
  • Sesudah data terbaca valid apabila data yang diubah telah benar data tersebut dapat dikembalikan dengan kembali menghapus tanda "_" (spasi) pada Alamat Jalan yang tadi ditambahkan melalui aplikasi Dapodik.
Demikianlah informasi mengenai Cara Mengatasi Data Telah Diubah Menggunakan Aplikasi Selain Dapodik yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Cara Mengatasi Data Telah Diubah Menggunakan Aplikasi Selain Dapodik"

  1. Saya sudah coba tapi tetep masih error... mohon pencerahannya... salam satu data.

    BalasHapus
  2. di versi dapodik 2019 kok gag bisa ya

    BalasHapus
  3. Saya su coba tapi masi invalid... Mungkin ada cara lain??

    BalasHapus
  4. admin share solusi lain donk, ko pake cara di atas masih tetap eror ya.?
    terima kasih.

    BalasHapus