Perubahan Jam Mapel Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) di Jenjang SMK

Ada perubahan jam Mata Pelajaran khusus untuk jenjang SMK. Perubahan ini harus anda sesuaikan di aplikasi dapodik.

Jika jam tersebut tidak anda ubah maka ketika melakukan validasi akan berwarna menjadi merah. Selain itu, jam mengajar guru menjadi tidak valid.

Adapun perubahan jam mapel tersebut sebagai berikut:

1. Perubahan Jam Mapel Bahasa Indonesia

Ini berada pada kelas 12, yang awalnya jumlah jamnya 3 kini menjadi 2

2. Perubahan Jam Mapel Produktif dan Kewirausahaan

Perubahan jam Mapel Produktif dan Kewirausahaan atau PKK terjadi di semua kelas mulai dair kelas XI, XII XIII yang awalnya jumlah jamnya 5, 5, 8 menjadi 7, 8, 10

Baca juga : Perubahan Spektrum Keahlian Jenjang SMK

Perubahan jam mapel tersebut bisa anda lihat pada gambar di bawah ini:

Perubahan Jam Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) di Jenjang SMK


Guru yang berwenang untuk mengajar Mapel PKK adalah guru Kewirausahaan dan atau guru Produktif pada Program Keahlian yang terkait. Pembagian tugas mengajar mapel PKK dapat dibagi menjadi 3 skema:

1) Mapel PKK seluruhnya diajarkan oleh 1 guru (pilih antara guru Kewirausahaan atau guru Produktif pada program keahlian yang terkait).

2) Memecah rombel menjadi 2 rombel praktik. Setiap rombel praktik diampu oleh 1 orang guru Kewirausahaan atau guru Produktif.

3) Mapel PKK diajarkan oleh 2 orang guru, 1 orang guru Kewirausahaan sebanyak 30% dari total jjm (max 2 jp) dan1 orang guru Produktif sebanyak 70% dari total jjm (max 5 jp).

Demikianlah informasi mengenai Perubahan Jam Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) di Jenjang SMK yang kami sampaikan kepada anda semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel