Silabus PKn Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi
Bapak ibu Guru mapel Pendidikan Kewarganegaraan pada artikel kali ini saya akan membagikan file tentang Silabus PKn Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi.
Silahkan baca di bawah ini.
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Untuk Perangkat lengkapnya silahkan unduh pada link yang ada di bawah ini.
Silahkan baca di bawah ini.
SILABUS
Satuan Pendidikan : SMP/MTs
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas : VII (tujuh)
Tahun Pelajaran :
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Siswa mampu:
1.1 Bersyukur kepada
Tuhan YME atas semangat dan komitmen para pendiri Negara dalam merumuskan dan
menetapkan Dasar Negara Pancasila
2.1 Mengembangkan sikap
bertanggung jawab dan berkomitmen sebagai Warga Negara Indonesia seperti yang
diteladankan para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai dasar Negara
3.1 Menganalisis proses
perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara
4.1 Menyaji hasil
analisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara
|
Mensyukuri Perumusan dasar Negara
yang berhasil dirumuskan oleh para pendiri negara dan disepakati mulai dari
pidato Bung Karno, piagam Jakarta, sampai pada pengesahan 18 Agustus 1945
Menerima dengan sepenuh hati dan
tanggungjawab hasil perumusan Pancasila sebagai dasar Negara yang tertuang
dalam Pembukaan UUD 1945 sehingga bangsa Indonesia bisa seperti ini dan
sampai saat ini Bangsa Indonesia memiliki dasar negara Pancasila
Proses perumusan dan penetapan
Pancasila sebagai dasar negara:
·
Sejarah
perumusan Pancasila
·
Pembentukan
BPUPKI dan usulan dasar negara
oleh tokoh perumus Pancasila
·
Penetapan
Pancasila sebagai dasar negara
·
Komitmen
kebangsaan para pendiri negara
dalam perumusan dan penetapan Pancasila
·
Nilai
semangat dan komitmen para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara
|
·
Menganalisis
nilai- nilai semangat toleransi dan saling menghormati para pendiri negara
dalam merumuskan dan menetapkan dasar negara
Pancasia
·
Menganalisis
nilai- nilai komitmen (Menerima, menjaga,
dan melaksanakan) hasil penetapan dasar negara Pancasia
·
Menyanyikan
lagu Garuda Pancasila dengan khidmat dan
penuh syukur
·
Membentuk kelompok menjadi 5-6 kelompok
·
Membaca
buku teks untuk kemudian mengamati Video/film/gambar tentang sidang BPUPKI
dengan penuh rasa syukur pada Tuhan YME dan
mencatat hal-hal yang penting dari isi vidio tersebut termasuk tokoh pengusul
dasar negara dan Panitia Sembilan BPUPKI
·
Mengidentifikasi
pertanyaan berkaitan dengan perumusan dan
penetapan Pancasila serta sidang BPUPKI dengan penuh rasa tanggung jawab
·
Mencari
informasi dari berbagai sumber
(buku, Koran, internet dsb) tentang proses perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai dasar Negara dan sidang
BPUPKI dengan rasa ingin tahu dan penuh percaya diri
·
Mendiskusikan
dalam kelompok tentang hubungan atas berbagai informasi berkaitan dengan
perumusan dan penetapan Pancasila yang diperolehnya dengan kerja sama dan penuh tanggung jawab
·
Menyimpulkan
hasil diskusi dan mempresentasikan nya baik secara tertulis maupun lisan di
depan kelas dengan rasa percaya diri
·
Mensimulasikan
atau memamerkan hasil proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara
|
Observasi
Jurnal
Observasi
Jurnal
Kinerja
Tes tertulis
Penugasan
Tes tulis uraian
Unjuk kerja hasil diskusi
Unjuk kerja hasil diskusi
Produk
Kinerja
|
Siswa mampu:
1.2 Menghargai norma-norma
keadilan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat sebagai anugrah Tuhan
Yang Maha Esa
2.2 Mematuhi norma-norma
yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
3.2 Memahami norma-norma
yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
4.2 Mengampanyekan
perilaku sesuai norma- norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk
mewujudkan keadilan
|
Mensyukuri bangsa Indonesia sebagai
bangsa besar yang memiliki norma-norma dalam masyarakat yang harus ditaati
oleh seluruh masyarakat Indonesia diantaranya norma agama, kesusilaan,
kesopananan, dan hukum
Melaksanakan dan menerapkan
norma-norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat dengan tanggung jawab
sehingga terwujud keadilan
Norma-norma dalam kehidupan
bermasyarakat
· Norma
yang berlaku dalam masyarakat
·
Arti
penting norma dalam mewujudkan keadilan
·
Perilaku
sesuai norma yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari
|
·
Mengamati aktivitas masyarakat (berdasarkan norma
agama, kesopanan, kesusilaan, hukum) di lingkungan sekolah bedasarkan
Kelompok Asal (Model JigSaw)
terkait dengan kehidupan sehari- hari dengan mengedepankan sikap saling
menghormati dan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas perbedaan yang ada
·
Mengidentifikasikan
berbagai pertanyaan dari hasil pengamatannya tentang norma-norma yang berlaku dalam aktivitas masyarakat tersebut
·
Melakukan
diskusi dengan kelompok asal
tentang barbagai norma yang berlaku di masyarakat dengan penuh tanggung jawab
·
Melakukan
diskusi dengan kelompok ahli
tentang berbagai norma yang ada di masyarakat dengan penuh percaya diri
·
Menyimpulkan
hasil diskusi dan mempresentasikannya di
depan kelas dengan percaya diri dan kebersamaan kelompok asal
·
Memperagakan
atau mensimulasikan perilaku yang sesuai dengan norma dalam masyarakat, contoh:
Kelompok 1 norma agama
Kelompok 2 norma hukum
Kelompok 3 norma kesopanan
Kelompok
4 norma kesusilaan
|
Observasi
Jurnal
Observasi
Jurnal
Unjuk kerja hasil diskusi
Unjuk kerja hasil diskusi
Produk
Kinerja
|
Siswa mampu:
1.3 Menghargai nilai
kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang- Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman
2.3 Mengembangkan sikap
bertanggung jawab yang mendukung nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan
Undang- undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945
3.3 Menganalisis
kesejarahan perumusan dan pengesahan undang- undang dasar negara Republik
Indonesia Tahun 1945
4.3 Menjelaskan proses
kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang- undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
Mensyukuri dan bangga memiliki
Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945 sebagai konstitusi dengan
melaksanakan dan menaati Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945 yang telah
dirumuskan dan disahkan oleh para pendiri Negara
Kesejarahan perumusan dan pengesahan
Undang-Undang Dasar negara Republik Indonesia Tahun 1945
·
Perumusan
UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945
·
Pengesahan
UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945
·
Arti
penting UUD Negara Republik Indonesia bagi bangsa dan negara Indonesia
·
Peran
Tokoh perumus UUD Negara Republik
Indonesia Tahun1945
|
·
Membaca
Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan naskah Proklamasi
Kemerdekaan dengan cermat dan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas
selesainya kedua naskah tersebut bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia
·
Mengidentifikasi
pertanyaan tentang sejarah peru-musan dan pengesahan
UUD Negara Republik Indo-nesia Tahun 1945 sebagai wujud sikap menghormati
·
Menyusun
pertanyaan yang terkait dengan
sejarah perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
dengan penuh tanggung jawab
·
Mengumpulkan berbagai informasi terkait dengan
pertanyaan dari buku penunjang dan internet
·
Menghubungkan informasi yang diperoleh untuk
menyimpulkan tentang sejarah perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
·
Menyusun
laporan dan menyajikan hasil telaah tentang sejarah perumusan dan pengesahan
UUD Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 secara tertulis dengan bangga dan percaya diri
·
Mensimulasikan kepatuhan terhadap tata tertib atau
perundang-undangan
|
Observasi
Jurnal
Observasi
Jurnal
Kinerja
Penugasan
Unjuk kerja hasil diskusi
Produk
Kinerja
|
Siswa mampu:
1.4 Menghormati keberagaman
norma- norma, suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika sebagai sesama ciptaan tuhan
2.4 Menghargai
keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal
Ika
3.4 Mengidentifikasi
keberagaman suku, agama, ras dan antargolognan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal
Ika
4.4 Mendemonstrasikan
hasil identifikasi suku, agama, ras dan antargolongan dalam Bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
|
Bersyukur atas keberagaman yang
dimiliki oleh bangsa Indonesia diantaranya keberagaman suku, agama, ras, dan
antargolongan
Saling menghormati perbedaan
keberagaman yang ada di Indonesia dan itu merupakan kekayaan yang dimiliki
oleh bangsa Indonesia
Keberagaman masyarakat Indonesia
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
·
Makna
Bhinneka Tunggal Ika
·
Keberagaman
dalam masyarakat Indonesia
·
Arti
penting memahami keberagaman dalam
masyarakat Indonesia
·
Perilaku
toleran terhadap keberagaman
norma, suku, agama, ras, dan antargolongan
|
·
Mengamati
gambar keanekaragaman norma, suku, agama, ras, yang berlaku dalam masyarakat
di sekitar tempat tinggal secara adil sebagai sesama ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
·
Mengidentifikasi
pertanyaan berkaitan dengan keberagaman suku,
agama, ras, antar golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai wujud sikap toleransi
·
Mengumpulkan
informasi tentang keberagaman suku,
agama, ras, antar golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dengan penuh
percaya diri
·
Menghubung
dengan saling menghormati jawaban
dari teman kelompok berbagai informasi tentang arti penting dan perilaku
toleran terhadap keberagaman masyarakat Indonesia
·
Menyusun
dan menyajikan laporan hasil pengamatan di depan kelas dengan penuh tanggung
jawab tentang keberagaman suku,
agama, ras dan antargolongan
·
Menerapkan
saling menghormati dan bekerja sama terkait
keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan
|
Observasi
Jurnal
Observasi
Jurnal
Penugasan
Penugasan
Produk
Kinerja
|
Siswa mampu:
1.5 Mensyukuri makna
kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
2.5 Mendukung
bentuk-bentuk kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
3.5 Menganalisis bentuk-
bentuk kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
4.5 Menunjukkan bentuk-
bentuk kerja sama di pelbagai bidang kehidupan masyarakat
|
Mensyukuri bahwa manusia merupakan
makhluk ciptaan Tuhan YME yang paling sempurna yang terdiri dari dua yaitu
sebagai makhluk pribadi dan makhluk sosial
Melaksanakan kerjasama dengan sesama
manusia dalam berbagai kehidupan
Kerja sama dalam berbagai bidang
kehidupan di masyarakat
·
Makna
kerja sama dalam hidup bermasyarakat
·
Pentingnya
kerja sama
·
Bentuk-bentuk
kerja sama dalam berbagai bidang
kehidupan di masyarakat
|
·
Mengamati
tayangan video/gambar tentang kerja
sama di berbagai bidang kehidupan di masyarakat yang tercipta atas dasar
sikap saling menghargai
·
Mengidentifikasi
dan menyampaikan pertanyaan berkaitan dengan kerja sama dalam berbagai bidang
kehidupan di masyarakat dengan penuh tanggung jawab
·
Mencari
informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang ada
dengan kerja sama kelompok
·
Menghubungkan
berbagai informasi yang diperoleh dan menyimpulkan kerja sama dalam berbagai
bidang kehidupan di masyarakat
·
Menyajikan
hasil telaah kerja sama dalam berbagai
bidang kehidupan di masyarakat dengan rasa percaya diri
·
Melakukan
gotong royong di sekolah
|
Observasi
Jurnal
Observasi
Jurnal
Penugasan
Penugasan
Unjuk kerja
Kinerja
|
Siswa mampu:
1.6 Menghargai
karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan
Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa
2.6 Bersikap antusias
terhadap persatuan dan kesatuan dengan mempertimbangkan karakteristik daerah
tempat tinggalnya
3.6 Mengasosiasikan
karakteristik daerah dalam kerangka negara kesatuan republik indonesia
4.6 Melaksanakan
penelitian sederhana untuk mengilustrasikan karakteristik daerah tempat
tinggalnya sebagai bagian utuh dari Negara Kesatuan Republik Indonesia
berdasarkan rancangan yang telah dibuat
|
Mensyukuri bangsa Indonesia akhirnya
menjadi Negara yang merdeka melalui perjuangan yang panjang dan luar biasa
Ikut serta menjaga persatuan dan
kesatuan di lingkungan sekitar di mana kita berada
Karakteristik daerah tempat tinggal
dalam kerangka NKRI
·
Makna
Persatuan dan Kesatuan
·
Arti
penting Memahami karakteristik daerah tempat
tinggalnya
·
Mempertahankan persatuan dan kesatuan Indoneia
|
·
Mengamati
gambar tentang Peta Indonesia dan
sebaran budayanya sebagai wujud rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
·
Mengidentifikasi
pertanyaan tentang karakteristik daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI
dengan penuh rasa ingin tahu
·
Mencari
informasi untuk menjawab pertanyaan yang sudah disusun dengan kerja sama kelompok
·
Menghubungkan
informasi yang diperoleh dari beberapa teman kelompok dengan sikap saling
menghargai untuk menyimpulkan karakteristik daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI
·
Menyusun
laporan dan menyajikan hasil telaah tentang karakteristik daerah tempat
tinggal dalam kerangka NKRI dengan percaya diri dan rasa syukur terhadap
Tuhan Yang Maha Esa
·
Mensimulasikan
menghormati adat, kebiasaan masyarakat yang berbeda
|
Observasi
Jurnal
Observasi
Jurnal
Penugasan
Penugasan
Unjuk kerja
Unjuk kerja
|
Mengetahui
Kepala SMP
Negeri 1 Alian
Dra.
MURILAH,
S.Pd
NIP.
19640807 198803 2 008
|
|
Alian,
Juli 2018
Guru Mata
Pelajaran
Ngusman,
S.Pd
NIP.
19721020 199903 1 011
|