Modul PKP Bimbingan Konseling SMP 2019

Dalam artikel kali ini saya akan membagikan file yang berisikan Modul PKP Bimbingan Konseling SMP Tahun 2019/2020 kepada anda semuanya.

Ada banyak hal yang dibahas dalam modul ini yang sangat bermanfaat sekali bagi para guru dan peserta didik di kelas.

Modul PKP Bimbingan Konseling SMP 2019


Di antaranya membahas tentang Self-Instructions. Definisi Self-Instruction merupakan suatu teknik untuk membantu konseli terhadap apa yang konseli katakan kepada dirinya dan menggantikan pernyataan diri yang lebih adaptif (Ilfiandra, 2008).

Baca Juga : 


Hal ini berdasarkan pada asumsi Meichenbaum (Baker dan Butler, 1984) yang mengatakan bahwa individu yang mengalami perilaku salah (maladjustment) adalah karena pikiran irasional yang diakibatkan kesalahan dalam melakukan verbalisasi diri (self-verbalization).

Teknik self-instruction mengganti verbalisasi yang kurang tepat terhadap diri dengan verbalisasi yang lebih dapat diterima. Elisa (2005) menambahkan Konsep Self-Instructional Coping Methods yaitu mengganti pikiran negatif menjadi positif untuk merubah perilaku.

Dengan demikian, self-instruction merupakan teknik pengarahan diri melalui verbalisasi diri yang mengganti pikiran yang negatif dengan pikiran yang positif untuk memperbaiki perilaku.

Dari berbagai definisi yang diungkapkan oleh para ahli, disimpulkan bahwa teknik self-instruction merupakan teknik verbalisasi diri dengan mengganti pikiran negatif menjadi pikiran positif melalui berbagai tahapan untuk memperbaiki perilaku.

Download Modul PKP Bimbingan Konseling SMP 2019

Silahkan unduh filenya pada link yang ada di bawah ini:


Demikianlah informasi mengenai Modul PKP Bimbingan Konseling SMP 2019 yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel