Kisi-Kisi Soal PAS Kimia Kelas 10
Teman-teman guru semuanya pada artikel kali ini saya akan berbagi file tentang Kisi-Kisi Soal PAS Kimia Kelas 10.
Kisi-kisi ini sangat penting sekali dibuat, supaya para siswa mengerti cakupan materi yang akan diujikan nantinya.
Ada total 40 kisi-kisi soal yang dibuat pada file ini, semuanya menggunakan jenis ujian Pilihan Ganda (PG).
Materi ujian sudah disesuaikan dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang berlaku saat ini.
Kendati demikian, bapak ibu guru semua boleh mengedit isi dari kisi-kisi ini agar lebih baik dan sempurna lagi.
Untuk file Microsoft Word bisa anda unduh pada link di bawah ini :
KISI – KISI SOAL PAS
SATUAN PENDIDIKAN : SMA/MA
MATA PELAJARAN : KIMIA / X-IPA
KURIKULUM : K-2013
ALOKASI WAKTU : 120 MENIT
JUMLAH SOAL : 40
PENYUSUN SOAL : DESI MAULIDIYANTI, S.Pd.
Kisi-kisi ini sangat penting sekali dibuat, supaya para siswa mengerti cakupan materi yang akan diujikan nantinya.
Ada total 40 kisi-kisi soal yang dibuat pada file ini, semuanya menggunakan jenis ujian Pilihan Ganda (PG).
Materi ujian sudah disesuaikan dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang berlaku saat ini.
Kendati demikian, bapak ibu guru semua boleh mengedit isi dari kisi-kisi ini agar lebih baik dan sempurna lagi.
Untuk file Microsoft Word bisa anda unduh pada link di bawah ini :
SIMPAN FILE
Adapun kisi-kisi tersebut adalah sebagai berikut :KISI – KISI SOAL PAS
SATUAN PENDIDIKAN : SMA/MA
MATA PELAJARAN : KIMIA / X-IPA
KURIKULUM : K-2013
ALOKASI WAKTU : 120 MENIT
JUMLAH SOAL : 40
PENYUSUN SOAL : DESI MAULIDIYANTI, S.Pd.
Kompetens
Dasar
(KD)
|
IPK
|
MATERI
|
Indikator soal
|
Bentuk
soal
|
No
Soal
|
3.1 Menjelaskan metode ilmiah, hakikat ilmu
kimia, keselamatan dan keamanan di laboratorium, serta peran kimia dalam
kehidupan
|
3.1.1 Menjelaskan hakikat ilmu
kimia
|
Hakikat ilmu kimia, metode ilmiah, dan keselamatan kerja di
laboratorium
|
Siswa dapat
membedakan kelompok unsur dan senyawa
|
PG
|
1
|
Siswa dapat
menentukan langkah – langkah dalam metode ilmiah
|
PG
|
2
|
|||
3.1.2 Menjelaskan peran kimia dalam kehidupan dan perkembangan ilmu lain.
|
Siswa dapat
menentukan peran ilmu kimia dalam kehidupan
|
PG
|
3
|
||
3.1.3 Mengenal alat-alat dan bahan kimia
|
Siswa dapat
menyebutkan alat kimia dari fungsinya
|
PG
|
4
|
||
Siswa dapat
memilah perlengkapan yang ada di laboratorium
|
PG
|
5
|
|||
3.1.4 Mengenal simbol yang
terdapat pada bahan kimia
|
Siswa dapat mengartikan lambang pada botol bahan
kimia
|
PG
|
6
|
||
3.2 Menganalisis perkembangan model atom dari
model atom Dalton, Thomson, Rutherford, Bohr, dan mekanika gelombang
|
3.2.1 Menjelaskan
pengertian nomor atom dan nomor massa suatu unsur
|
Struktur atom dan tabel periodik
|
Siswa dapat menentukan jumlah proton, elektron dan neutron dari atom
netral
|
PG
|
9
|
Siswa dapat menentukan jumlah proton, elektron dan neutron dari suatu
ion
|
PG
|
10
|
|||
Siswa dapat menentukan lambang atom
|
PG
|
11
|
|||
3.2.2 Menjelaskan pengertian isotop,
isobar dan isoton
|
Siswa dapat menentukan pasangan dari isotope, isobar dan isoton
|
PG
|
12
|
||
3.2.3 Menjelaskan
perkembangan model atom
|
Siswa dapat menentukan salah satu kelemahan dari teori – teori model
atom
|
PG
|
8
|
||
3.2.4 Menjelaskan
model atom mekanika kuantum dan membandingkannya dengan model atom Bohr
|
Siswa dapat menyebutkan nama penemu dari teori atom
|
PG
|
7
|
||
3.3 Menjelaskan konfigurasi elektron dan pola konfigurasi elektron terluar
untuk setiap golongan dalam tabel periodic
|
3.3.1 Menuliskan
konfigurasi elektron dan diagram orbital dengan menggunakan prinsip Aufbau,
aturan Hund dan azas larangan Pauli
|
Siswa dapat menuliskan konfigurasi dari suatu atom
|
PG
|
13
|
|
Siswa dapat menuliskan konfigurasi dari suatu ion
|
PG
|
14
|
|||
Siswa dapat menentukan bilangan kuantum dari suatu atom
|
PG
|
15
|
|||
3.3.2 Menjelaskan
perkembangan dari sistem periodik
unsur
|
Siswa dapat menentukan dasar dari pengelompokkan unsur dari salah satu
teori sistem periodik
|
PG
|
16
|
||
3.3.3 Menunjukkan
hubungan konfigurasi elektron suatu unsur dengan letak golongannya dalam tabel periodik
|
Siswa dapat mengelompokkan atom yang terdapat dalam satu blok
|
PG
|
17
|
||
Siswa dapat menentukan letak unsur dalam sistem periodik
|
PG
|
18
|
|||
3.4 Menganalisis kemiripan sifat unsur dalam
golongan dan keperiodikannya
|
3.4.1 Menjelaskan sifat – sifat unsur
(jari – jari atom, energi ionisasi, Afinitas elektron dan keelektronegatifan)
berdasarkan golongan
|
Siswa dapat salah satu sifat keperiodikan dalam tabel periodik
|
PG
|
19
|
|
Siswa dapat menjelaskan salah satu
pengertian dari sistem keperiodikan unsur
|
PG
|
20
|
|||
Siswa dapat salah satu sifat keperiodikan dalam tabel periodik
|
PG
|
21
|
|||
Siswa dapat menentukan pernyataan yang paling tepat tentang salah satu
sifat keperiodikan unsur
|
PG
|
23
|
|||
3.4.2 Menganalisis hubungan antara
nomor atom dengan sifat keperiodikan unsur (jari-jari atom, energi ionisasi,
afinitas elekton, dan keelektronegatifan)
|
Siswa dapat memilih atom yang memiliki energi
ionisasi yang paling besar
|
PG
|
22
|
||
3.5 Membandingkan ikatan ion, ikatan kovalen,
ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam serta kaitannya dengan sifat zat
|
3.5.1
Mengidentifikasi
kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya
|
Ikatan Kimia
|
Siswa dapat menjelaskan suatu unsur
untuk mencapai kestabilannya
|
PG
|
24
|
3.5.2
Menjelaskan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen dan ikatan kovalen koordinasi
|
Siswa dapat menentukan rumus molekul dan
jenis ikatan berdasarkan nomor atom dari dua buah atom
|
PG
|
25
|
||
Siswa dapat menentukan pasangan atom yang
berikatan kovalen atau ion
|
PG
|
26
|
|||
Siswa dapat menyebutkan salah satu
pengertian dari ikatan kimia
|
PG
|
27
|
|||
Siswa dapat menentukan pasangan senyawa yang
berikatan ion atau kovalen
|
PG
|
28
|
|||
3.5.3 Menjelaskan jenis ikatan pada senyawa
berupa ikatan ion, kovelen polar atau nonpolar
|
Siswa dapat menentukan jenis ikatan pada
senyawa berdasarkan titik didih
|
PG
|
29
|
||
3.6
Menerapkan teori pasangan elektron kulit valensi (VSEPR) dan teori
domain elektron dalam menentukan bentuk molekul
|
3.6.1 Menentukan
tipe molekul berdasarkan teori domain elektron (VSEPR) dan hibridisasi
|
Siswa dapat menentukan bentuk molekul dari
suatu senyawa kovalen berdasarkan teori domain elektron
|
PG
|
30
|
|
PG
|
31
|
||||
Siswa dapat menetukan bentuk molekul
berdasarkan jumlah PEI dan PEB
|
PG
|
32
|
|||
Siswa dapat menetukan bentuk molekul dan
sifat kepolaran berdasarkan dua buah atom yang diketahui nomor atomnya
|
PG
|
33
|
|||
Siswa dapat menentukan bentuk molekul dari
suatu senyawa kovalen berdasarkan teori hibridisasi
|
PG
|
34
|
|||
PG
|
35
|
||||
3.7
Menghubungkan interaksi antarion, atom, dan bentuk molekul dengan
sifat fisika zat
|
3.7.1
Menjelaskan bagaimana terjadinya gaya London
|
Siswa dapat menentukan pasangan senyawa yang
memiliki gaya London
|
PG
|
37
|
|
3.7.2
Menjelaskan terjadinya gaya Van Der Waals
|
Siswa dapat membandingkan gaya van der Waals
dengan ikatan hidrogen
|
PG
|
36
|
||
3.7.3 Menjelaskan terjadinya gaya tarik dipol – dipol
|
Siswa dapat menentukan gaya antarmolekul pada
senyawa yang paling lemah atau kuat
|
PG
|
38
|
||
3.7.4
Menjelaskan
pengaruh gaya antar molekul terhadap sifat fisik zat
|
Siswa dapat menetukan interaksi yang dominan antara molekul
pelarut dan zat terlarut
|
PG
|
39
|
||
3.7.5 Menjelaskan terjadinya ikatan hidrogen
|
Siswa dapat menentukan pasangan senyawa yang
berikatan hidrogen
|
PG
|
40
|