Kisi-Kisi Soal PAS Kimia Kelas 10

Teman-teman guru semuanya pada artikel kali ini saya akan berbagi file tentang Kisi-Kisi Soal PAS Kimia Kelas 10.


Kisi-kisi ini sangat penting sekali dibuat, supaya para siswa mengerti cakupan materi yang akan diujikan nantinya.

Kisi-Kisi Soal PAS Kimia Kelas 10


Ada total 40 kisi-kisi soal yang dibuat pada file ini, semuanya menggunakan jenis ujian Pilihan Ganda (PG).

Materi ujian sudah disesuaikan dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang berlaku saat ini.

Kendati demikian, bapak ibu guru semua boleh mengedit isi dari kisi-kisi ini agar lebih baik dan sempurna lagi.

Untuk file Microsoft Word bisa anda unduh pada link di bawah ini :

SIMPAN FILE

Adapun kisi-kisi tersebut adalah sebagai berikut :

KISI – KISI  SOAL PAS

SATUAN PENDIDIKAN  : SMA/MA
MATA PELAJARAN    : KIMIA / X-IPA
KURIKULUM            : K-2013
ALOKASI WAKTU        : 120 MENIT
JUMLAH SOAL            : 40
PENYUSUN SOAL    : DESI MAULIDIYANTI, S.Pd.

Kompetens Dasar
(KD)
IPK
MATERI
Indikator soal
Bentuk
 soal
No
Soal
3.1  Menjelaskan metode ilmiah, hakikat ilmu kimia, keselamatan dan keamanan di laboratorium, serta peran kimia dalam kehidupan
3.1.1    Menjelaskan hakikat ilmu kimia
Hakikat ilmu kimia, metode ilmiah, dan keselamatan kerja di laboratorium
Siswa dapat membedakan kelompok unsur dan senyawa
PG
1
Siswa dapat menentukan langkah – langkah dalam metode ilmiah
PG
2
3.1.2   Menjelaskan peran kimia dalam kehidupan dan perkembangan ilmu lain.
Siswa dapat menentukan peran ilmu kimia dalam kehidupan
PG
3
3.1.3   Mengenal alat-alat dan bahan kimia
Siswa dapat menyebutkan alat kimia dari fungsinya
PG
4
Siswa dapat memilah perlengkapan yang ada di laboratorium
PG
5
3.1.4   Mengenal simbol yang terdapat pada bahan kimia
Siswa dapat mengartikan lambang pada botol bahan kimia
PG
6
3.2   Menganalisis perkembangan model atom dari model atom Dalton, Thomson, Rutherford, Bohr, dan mekanika gelombang
3.2.1   Menjelaskan pengertian nomor atom dan nomor massa suatu unsur
Struktur atom dan tabel periodik
Siswa dapat menentukan jumlah proton, elektron dan neutron dari atom netral
PG
9
Siswa dapat menentukan jumlah proton, elektron dan neutron dari suatu ion
PG
10
Siswa dapat menentukan lambang atom
PG
11
3.2.2   Menjelaskan pengertian isotop, isobar dan isoton
Siswa dapat menentukan pasangan dari isotope, isobar dan isoton
PG
12
3.2.3   Menjelaskan perkembangan model atom
Siswa dapat menentukan salah satu kelemahan dari teori – teori model atom
PG
8
3.2.4   Menjelaskan model atom mekanika kuantum dan membandingkannya dengan model atom Bohr
Siswa dapat menyebutkan nama penemu dari teori atom
PG
7
3.3   Menjelaskan konfigurasi elektron dan pola konfigurasi elektron terluar untuk setiap golongan dalam tabel periodic
3.3.1   Menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital dengan menggunakan prinsip Aufbau, aturan Hund dan azas larangan Pauli
Siswa dapat menuliskan konfigurasi dari suatu atom
PG
13
Siswa dapat menuliskan konfigurasi dari suatu ion
PG
14
Siswa dapat menentukan bilangan kuantum dari suatu atom
PG
15
3.3.2  Menjelaskan perkembangan  dari sistem periodik unsur
Siswa dapat menentukan dasar dari pengelompokkan unsur dari salah satu teori sistem periodik
PG
16
3.3.3  Menunjukkan hubungan konfigurasi elektron suatu unsur dengan letak golongannya  dalam tabel periodik
Siswa dapat mengelompokkan atom yang terdapat dalam satu blok
PG
17
Siswa dapat menentukan letak unsur dalam sistem periodik
PG
18
3.4   Menganalisis kemiripan sifat unsur dalam golongan dan keperiodikannya
3.4.1  Menjelaskan sifat – sifat unsur (jari – jari atom, energi ionisasi, Afinitas elektron dan keelektronegatifan) berdasarkan golongan
Siswa dapat salah satu sifat keperiodikan dalam tabel periodik
PG
19
Siswa dapat menjelaskan salah satu pengertian dari sistem keperiodikan unsur
PG
20
Siswa dapat salah satu sifat keperiodikan dalam tabel periodik
PG
21
Siswa dapat menentukan pernyataan yang paling tepat tentang salah satu sifat keperiodikan unsur
PG
23
3.4.2  Menganalisis hubungan antara nomor atom dengan sifat keperiodikan unsur (jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elekton, dan keelektronegatifan)
Siswa dapat memilih atom yang memiliki energi ionisasi yang paling besar
PG
22
3.5   Membandingkan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi dan ikatan logam serta kaitannya dengan sifat zat
3.5.1  Mengidentifikasi kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya
Ikatan Kimia
Siswa dapat menjelaskan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya
PG
24
3.5.2  Menjelaskan  proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen dan ikatan kovalen koordinasi
Siswa dapat menentukan rumus molekul dan jenis ikatan berdasarkan nomor atom dari dua buah atom
PG
25
Siswa dapat menentukan pasangan atom yang berikatan kovalen atau ion
PG
26
Siswa dapat menyebutkan salah satu pengertian dari ikatan kimia
PG
27
Siswa dapat menentukan pasangan senyawa yang berikatan ion atau kovalen
PG
28
3.5.3  Menjelaskan jenis ikatan pada senyawa berupa ikatan ion, kovelen polar atau nonpolar
Siswa dapat menentukan jenis ikatan pada senyawa berdasarkan titik didih
PG
29
3.6  Menerapkan teori pasangan elektron kulit valensi (VSEPR) dan teori domain elektron dalam menentukan bentuk molekul
3.6.1  Menentukan tipe molekul berdasarkan teori domain elektron (VSEPR) dan hibridisasi
Siswa dapat menentukan bentuk molekul dari suatu senyawa kovalen berdasarkan teori domain elektron
PG
30
PG
31
Siswa dapat menetukan bentuk molekul berdasarkan jumlah PEI dan PEB
PG
32
Siswa dapat menetukan bentuk molekul dan sifat kepolaran berdasarkan dua buah atom yang diketahui nomor atomnya
PG
33
Siswa dapat menentukan bentuk molekul dari suatu senyawa kovalen berdasarkan teori hibridisasi
PG
34
PG
35
3.7   Menghubungkan interaksi antarion, atom, dan bentuk molekul dengan sifat fisika zat
3.7.1  Menjelaskan bagaimana terjadinya gaya London
Siswa dapat menentukan pasangan senyawa yang memiliki gaya London
PG
37
3.7.2  Menjelaskan terjadinya gaya Van Der Waals
Siswa dapat membandingkan gaya van der Waals dengan ikatan hidrogen
PG
36
3.7.3  Menjelaskan terjadinya gaya tarik dipol – dipol
Siswa dapat menentukan gaya antarmolekul pada senyawa yang paling lemah atau kuat
PG
38
3.7.4  Menjelaskan  pengaruh gaya antar molekul terhadap sifat fisik zat
Siswa dapat menetukan interaksi yang dominan antara molekul pelarut dan zat terlarut
PG
39
3.7.5 Menjelaskan terjadinya ikatan hidrogen
Siswa dapat menentukan pasangan senyawa yang berikatan hidrogen
PG
40

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel