Kisi-Kisi Soal PAS Sejarah Peminatan Kelas 10
Sahabat Guru semuanya pada artikel kali ini admin akan berbagi Kisi-Kisi Soal PAS Semester 1 Sejarah Peminatan Kelas 10 kepada anda semuanya.
Kisi-kisi ini sebagai acuan siswa dalam mempelajari soal Penilaian Akhir Semester Gasal nantinya.
Penulis dari kisi-kisi ini adalah Yeni Novianti, S.Pd dan Pardina S.Pd, kita ucapkan terimakasih pada beliau berdua.
Pembuatan kisi-kisi ini sudah disesuaikan dengan materi pelajaran yang termuat dalam Kurikulum 2013.
Untuk file kisi-kisi dalam format Microsoft Word bisa anda unduh di bawah ini :
Jenis Sekolah : SMA
Alokasi Waktu : Menit
Mata Pelajaran : SEJARAH PEMINATAN
Jumlah Soal : 45butir
Kurikulum : K-13
Penulis : 1.YENI NOVIANTI, S.Pd
2.PARDINA, S.Pd
Kisi-kisi ini sebagai acuan siswa dalam mempelajari soal Penilaian Akhir Semester Gasal nantinya.
Penulis dari kisi-kisi ini adalah Yeni Novianti, S.Pd dan Pardina S.Pd, kita ucapkan terimakasih pada beliau berdua.
Pembuatan kisi-kisi ini sudah disesuaikan dengan materi pelajaran yang termuat dalam Kurikulum 2013.
Untuk file kisi-kisi dalam format Microsoft Word bisa anda unduh di bawah ini :
SIMPAN FILE
Adapun kisi-kisi tersebut sebagai berikut :Jenis Sekolah : SMA
Alokasi Waktu : Menit
Mata Pelajaran : SEJARAH PEMINATAN
Jumlah Soal : 45butir
Kurikulum : K-13
Penulis : 1.YENI NOVIANTI, S.Pd
2.PARDINA, S.Pd
No
Urut
|
Kompetensi
Dasar
|
Bahan
Kelas / Smt
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Soal
|
No.
Soal
|
||
1
|
Menganalisis
keterkaitan manusia dengan sejarah
|
X IIS / 1
|
Manusia
dengan sejarah
|
Memahami hubungan manusia dengan sejarah
|
Pilihan Ganda
|
1
|
||
2
|
Menganalisis
kehidupan manusia dalam ruang dan waktu
|
X
IIS / 1
|
Kehidupan
manusia dalam ruang dan waktu
|
Memahami konsep ruang dan waktu dalam sejarah
|
Pilihan Ganda
|
2
|
||
3
|
Menganalisis
kehidupan manusia dalam ruang dan waktu
|
X
IIS / 1
|
Kehidupan
manusia dalam ruang dan waktu
|
Memahami unsur dalam konsep ruang dan waktu
dalam sejarah
|
Pilihan Ganda
|
3
|
||
4
|
Menganalisis
kehidupan manusia dalam perubahan dan keberlanjutan
|
X
IIS / 1
|
Kehidupan
manusia dalam perubahan dan keberlanjutan
|
Memahami
manusia dalam perubahan dan keberlanjutan
|
Pilihan Ganda
|
4
|
||
5
|
Menganalisis
kehidupan manusia dalam perubahan dan keberlanjutan
|
X
IIS / 1
|
Kehidupan
manusia dalam perubahan dan keberlanjutan
|
Memahami
manusia dalam perubahan dan keberlanjutan
|
Pilihan Ganda
|
5
|
||
6
|
Menganalisis
kehidupan manusia dalam perubahan dan berkelanjutan
|
X
IIS / 1
|
Kehidupan
masa kini merupakan akibat perubahan dimasa lalu
|
Memahami
Kehidupan masa kini merupakan akibat perubahan dimasa lalu
|
Pilihan Ganda
|
6
|
||
7
|
Menganalis sejarah sebagai ilmu, peristiwa,
kisah, dan seni
|
X
IIS/ 1
|
Sejarah
sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
|
Memahami pengertian sejarah
|
Pilihan Ganda
|
7
|
||
8
|
Menganalis sejarah sebagai ilmu, peristiwa,
kisah, dan seni
|
X
IIS/ 1
|
Sejarah
sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
|
Memahami sejarah sebagai ilmu
|
Pilihan Ganda
|
8
|
||
9
|
Menganalis sejarah sebagai ilmu, peristiwa,
kisah, dan seni
|
X
IIS / 1
|
Sejarah
sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
|
Memahami Sejarah sebagai ilmu
|
Pilihan Ganda
|
9
|
||
10
|
Menganalis sejarah sebagai ilmu, peristiwa,
kisah, dan seni
|
X
IIS/ 1
|
Sejarah
sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
|
Memahami
fungsi sejarah sebagai ilmu
|
Pilihan Ganda
|
10
|
||
11
|
Menganalis sejarah sebagai ilmu, peristiwa,
kisah, dan seni
|
X
IIS/ 1
|
Sejarah
sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
|
Memahami
sejarah sebagai peristiwa
|
Pilihan Ganda
|
11
|
||
12
|
Menganalis sejarah sebagai ilmu, peristiwa,
kisah, dan seni
|
X
IIS / 1
|
Sejarah
sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
|
Memahami
sejarah sebagai kisah dan seni
|
Pilihan Ganda
|
12
|
||
13
|
Menganalis sejarah sebagai ilmu, peristiwa,
kisah, dan seni
|
X
IIS/ 1
|
Sejarah
sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
|
Memahami
sejarah sebagai kisah dan seni
|
Pilihan Ganda
|
13
|
||
14
|
Menganalisis
kehidupan manusia dalam ruang dan waktu
|
X
IIS / 1
|
Kehidupan
manusia dalam ruang dan waktu
|
Memahami konsep ruang dan waktu dalam sejarah
|
Pilihan Ganda
|
14
|
||
15
|
Menganalisis
kehidupan manusia dalam perubahan dan keberlanjutan
|
X
IIS / 1
|
Kehidupan
manusia dalam perubahan dan keberlanjutan
|
Memahami
factor- factor yang menyebabkan perubahan dan keberlanjutan
|
Pilihan Ganda
|
15
|
||
16
|
Menganalisis
kehidupan manusia dalam perubahan dan keberlanjutan
|
X
IIS / 1
|
Kehidupan
manusia dalam perubahan dan keberlanjutan
|
Memahami
factor- factor yang menyebabkan perubahan dan keberlanjutan
|
Pilihan Ganda
|
16
|
||
17
|
Menganalis sejarah sebagai ilmu, peristiwa,
kisah, dan seni
|
X IIS / 1
|
Sejarah
sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
|
Memahami ciri-ciri sejarah sebagai ilmu
|
Pilihan Ganda
|
17
|
||
18
|
Menganalisis sejarah sebagai ilmu, peristiwa,
kisah dan seni
|
X IIS / 1
|
Sejarah
sebagai ilmu, peristiwa, kisah dan seni
|
Memahami sejarah sebagai kisah dan seni
|
Pilihan Ganda
|
18
|
||
19
|
Menganalisis
keterkaitan manusia dengan sejarah
|
XIIS / 1
|
Manusia
dengan sejarah
|
Memahami hubungan manusia dengan sejarah
|
Pilihan Ganda
|
19
|
||
20
|
Menganalisis
keterkaitan manusia dengan sejarah
|
X IIS/ 1
|
Manusia
dengan sejarah
|
Memahami hubungan manusia dengan sejarah
|
Pilihan Ganda
|
20
|
||
21
|
Peserta didik memahami dan menguasai
tentang :
-cara berfikir diakronik dan sinkronik
dalam karya sejarah
|
X IIS/ 1
|
Pengertian diakronik
|
Disajikan arti diakronik menurut ahli,
peserta didik mampu menganalisis
pendapat para ahli
|
Pilihan Ganda
|
21
|
||
22
|
Peserta didik memahami dan menguasai
tentang :
-cara berfikir diakronik dan sinkronik
dalam karya sejarah
|
X IIS/ 1
|
Model diakronik
|
Disajikan arti model diakronik, peserta
didik mampu menyebutkan arti model diakronik
|
Pilihan Ganda
|
22
|
||
23
|
Peserta
didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang :
Konsep berfikir diakronik dan sinkronik
dalam karya sejarah
|
X IIS/ 1
|
Konsep sinkronik dalam sejarah
|
Disajikan sebuah peristiwa sejarah,
peserta didik dapat menentukan konsep sinkronik atau diakronik dari peristiwa
sejarah
|
Pilihan Ganda
|
23
|
||
24
|
Peserta didik memahami dan menguasai
tentang :
-cara berfikir diakronik dan sinkronik
dalam karya sejarah
|
X IIS / 1
|
Konsep berfikir diakronik
|
Disajikan data ciri-ciri konsep
diakronik, peserta didik dapat
menentukan ciri-ciri konsep berfikir
diakronik
|
Pilihan Ganda
|
24
|
||
25
|
Peserta didik memahami dan menguasai
tentang :
-cara berfikir diakronik dan sinkronik dalam
karya sejarah
|
X IIS
/ 1
|
Aspek berfikir sinkronik
|
Disajikan aspek-aspek berfikir sinkronik,
peserta didik diharapkan dapat memahami tentang aspek berfikir sinkronik
|
Pilihan Ganda
|
25
|
||
26
|
Peserta didik memahami dan menguasai
tentang :
Bentuk/ jenis sumber sejarah
|
X IIS / 1
|
Sumber sejarah berdasarkan sifatnya
|
Peserta didik dapat memahami sumber
sejarah berdasarkan sifatnya
|
Pilihan Ganda
|
26
|
||
27
|
Peserta didik memahami dan menguasai
tentang :
-Bentuk/ jenis sumber sejarah
|
X IIS / I
|
Sumber sejarah berdasarkan bentuknya
(sumber benda)
|
Disajikan ilmu bantu sejarah, peserta
didik diharapkan dapat memahami fungsi ilmu tersebut
|
Pilihan Ganda
|
27
|
||
28
|
Peserta didik mampu mengevaluasi tradisi
lisan
|
X IIS/ 1
|
Fungsi tradisi lisan pada kehidupan
masyarakat praaksara
|
Disajikan
data fungsi tardisi lisan, peserta didik dapat memahami pendapat para
ahli
|
Pilihan Ganda
|
28
|
||
29
|
Mengevaluasi kelebihan dan kekurangan berbagai
bentuk/jenis sumber sejarah (artefak, fosil, tekstur, nontekstur, kebendaan,
visual, audiovisual, tradisi lisan)
|
X IIS / 1
|
Sumber penelitian sejarah (sumber
tertulis)
|
Peserta didik dapat memahami macam-macam
sumber sejarah (sumber tertulis)
|
Pilihan Ganda
|
29
|
||
30
|
Memahami langkah-langkah penelitian sejarah (heuristik,
kritik/verifikasi, interpretasi/eksplanasi. Dan penulisan sejarah)
|
X IIS/ 1
|
Langkah-langkah dalam penelitian sejarah
|
Peserta didik dapat memahami
langkah-langkah dalam penelitian sejarah
|
Pilihan Ganda
|
30
|
||
31
|
Memahami langkah-langkah penelitian sejarah (heuristik, kritik/verifikasi,
interpretasi/eksplanasi. Dan penulisan sejarah)
|
X IIS / 1
|
Kesalahan dalam heuristik
|
Peserta didik dapat memahami kesalahan
yang harus dihindari dalam heuristik
|
Pilihan Ganda
|
31
|
||
32
|
Memahami langkah-langkah penelitian sejarah (heuristik,
kritik/verifikasi, interpretasi/eksplanasi. Dan penulisan sejarah)
|
X IIS / 1
|
Aturan dalam pengumpulan sumber
|
Disajikan aturan dalam pengumpulan
sumber, peserta didik dapat mengidentifikasi
yang bukan termasuk dalam aturan pengumpulan sumber sejarah
|
Pilihan Ganda
|
32
|
||
33
|
Memahami langkah-langkah penelitian sejarah (heuristik,
kritik/verifikasi, interpretasi/eksplanasi. Dan penulisan sejarah)
|
X IIS / 1
|
Verifikasi / kritik sumber
|
Disajikan contoh kritik sumber, peserta
didik dapat menganalisis contoh kritik sumber tersebut (kritek intern dan
ekstern)
|
Pilihan Ganda
|
33
|
||
34
|
Menganalisis ciri-ciri dari historiografi tradisional, kolonial,
dan modern
|
X IIS/ 1
|
Historiografi tradisional
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi
bentuk historiografi tradisional
|
Pilihan Ganda
|
34
|
||
35
|
Menganalisis ciri-ciri dari historiografi tradisional, kolonial,
dan modern
|
X IIS / 1
|
Historiografi kolonial
|
Peserta didik dapat menganalisis sifat historiografi kolonial
|
Pilihan Ganda
|
35
|
||
36
|
Menganalisis ciri-ciri dari historiografi tradisional, kolonial,
dan modern
|
X IIS/ 1
|
Jenis-jenis sejarah
|
Peserta didik dapat menganalisis
jenis-jenis sejarah berdasarkan tujuan dan sifat yang terkandung di dalamnya.
|
Pilihan Ganda
|
36
|
||
37
|
Menganalisis ciri-ciri dari historiografi tradisional, kolonial,
dan modern
|
X IIS / 1
|
Historiografi nasional (modern)
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi
topik dalam seminar nasional
|
Pilihan Ganda
|
37
|
||
38
|
Menyajikan hasil kajian ciri-ciri
historiografi tradisional, kolonial, dan modern, dalam bentuk tulisan atau
media lain.
|
X IIS / 1
|
Sejarah nasional
|
Peserta didik dapat menganalisis sejarah
nasional
|
Pilihan Ganda
|
38
|
||
39
|
Menyajikan hasil kajian ciri-ciri
historiografi tradisional, kolonial, dan modern, dalam bentuk tulisan atau
media lain.
|
X IIS/ 1
|
Sejarah nasional
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi
tujuan dari sejarah nasional
|
Pilihan Ganda
|
39
|
||
40
|
Menyajikan hasil kajian ciri-ciri
historiografi tradisional, kolonial, dan modern, dalam bentuk tulisan atau
media lain.
|
X IIS/ 1
|
Sejarah dunia
|
Peserta didik dapat menganalisis tentang pengertian sejarah dunia
|
Pilihan Ganda
|
40
|
||
41
|
Menganalisis
kehidupan manusia dalam ruang dan waktu
|
X IIS/
1
|
Kehidupan
manusia dalam ruang dan waktu
|
Memahami konsep ruang dan waktu dalam sejarah
|
Essay
|
41
|
||
42
|
Menganalis sejarah
sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
|
X IIS / 1
|
Sejarah
sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
|
Memahami
sejarah sebagai peristiwa
|
Essay
|
42
|
||
43
|
Menganalisis
keterkaitan manusia dengan sejarah
|
X IIS / 1
|
Manusia
dengan sejarah
|
Memahami hubungan manusia dengan sejarah
|
Essay
|
43
|
||
44
|
Peserta didik memahami dan menguasai
tentang:
-pengertian sejarah
-ruang lingkup sejarah (sumber sejarah,
kegunaan sejarah, tahapan penulisan sejarah)
|
X IIS / 1
|
Ruang lingkup sejarah (sumber sejarah, kegunaan
sejarah, tahapan penulisan sejarah)
|
Siswa dapat menjelaskan macam-macam
sumber sejarah
|
Essay
|
44
|
||
45
|
Peserta didik dapat mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman tentang:
-Penulisan sejarah tradisional
- karakteristik naskah historiografi tradisional
|
X IIS / 1
|
Penulisan sejarah tradisional
(historiografi tradisional)
|
Siswa dapat merumuskan
karakteristik yang dimiliki naskah historiografi tadisional
|
Essay
|
45
|