Kisi-Kisi Soal PAS Sejarah Peminatan Kelas 10

Sahabat Guru semuanya pada artikel kali ini admin akan berbagi Kisi-Kisi Soal PAS Semester 1 Sejarah Peminatan Kelas 10 kepada anda semuanya.


Kisi-Kisi Soal PAS Sejarah Peminatan Kelas 10

Kisi-kisi ini sebagai acuan siswa dalam mempelajari soal Penilaian Akhir Semester Gasal nantinya.

Penulis dari kisi-kisi ini adalah Yeni Novianti, S.Pd dan Pardina S.Pd, kita ucapkan terimakasih pada beliau berdua.

Pembuatan kisi-kisi ini sudah disesuaikan dengan materi pelajaran yang termuat dalam Kurikulum 2013.

Untuk file kisi-kisi dalam format Microsoft Word bisa anda unduh di bawah ini :

SIMPAN FILE

Adapun kisi-kisi tersebut sebagai berikut :

Jenis Sekolah         : SMA

Alokasi Waktu : Menit

Mata Pelajaran : SEJARAH PEMINATAN          

Jumlah Soal         : 45butir

Kurikulum         : K-13

Penulis                 : 1.YENI NOVIANTI, S.Pd
                        2.PARDINA, S.Pd


No Urut
Kompetensi Dasar
Bahan Kelas / Smt
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
No. Soal
1
Menganalisis keterkaitan manusia dengan sejarah
X IIS / 1
Manusia dengan sejarah
Memahami hubungan manusia dengan sejarah
Pilihan Ganda
1
2
Menganalisis kehidupan manusia dalam ruang dan waktu
X IIS / 1
Kehidupan manusia dalam ruang dan waktu
Memahami konsep  ruang dan waktu dalam sejarah
Pilihan Ganda
2
3
Menganalisis kehidupan manusia dalam ruang dan waktu
X IIS / 1
Kehidupan manusia dalam ruang dan waktu
Memahami unsur dalam konsep ruang dan waktu dalam sejarah
Pilihan Ganda
3
4
Menganalisis kehidupan manusia dalam perubahan dan keberlanjutan
X IIS / 1
Kehidupan manusia dalam perubahan dan keberlanjutan
Memahami manusia dalam perubahan dan keberlanjutan
Pilihan Ganda
4
5
Menganalisis kehidupan manusia dalam perubahan dan keberlanjutan
X IIS / 1
Kehidupan manusia dalam perubahan dan keberlanjutan
Memahami manusia dalam perubahan dan keberlanjutan
Pilihan Ganda
5
6
Menganalisis kehidupan manusia dalam perubahan dan berkelanjutan
X IIS / 1
Kehidupan masa kini merupakan akibat perubahan dimasa lalu
Memahami Kehidupan masa kini merupakan akibat perubahan dimasa lalu
Pilihan Ganda
6
7
Menganalis sejarah sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
X IIS/ 1
Sejarah sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
Memahami pengertian sejarah
Pilihan Ganda
7
8
Menganalis sejarah sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
X IIS/ 1
Sejarah sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
Memahami sejarah sebagai ilmu
Pilihan Ganda
8
9
Menganalis sejarah sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
X IIS / 1
Sejarah sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
Memahami Sejarah sebagai ilmu
Pilihan Ganda
9
10
Menganalis sejarah sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
X IIS/ 1
Sejarah sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
Memahami fungsi sejarah sebagai ilmu
Pilihan Ganda
10
11
Menganalis sejarah sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
X IIS/ 1
Sejarah sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
Memahami sejarah sebagai peristiwa
Pilihan Ganda
11
12
Menganalis sejarah sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
X IIS / 1
Sejarah sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
Memahami sejarah sebagai kisah dan seni
Pilihan Ganda
12
13
Menganalis sejarah sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
X IIS/ 1
Sejarah sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
Memahami sejarah sebagai kisah dan seni
Pilihan Ganda
13
14
Menganalisis kehidupan manusia dalam ruang dan waktu
X IIS / 1
Kehidupan manusia dalam ruang dan waktu
Memahami konsep  ruang dan waktu dalam sejarah
Pilihan Ganda
14
15
Menganalisis kehidupan manusia dalam perubahan dan keberlanjutan
X IIS / 1
Kehidupan manusia dalam perubahan dan keberlanjutan
Memahami factor- factor yang menyebabkan perubahan dan keberlanjutan
Pilihan Ganda
15
16
Menganalisis kehidupan manusia dalam perubahan dan keberlanjutan
X IIS / 1
Kehidupan manusia dalam perubahan dan keberlanjutan
Memahami factor- factor yang menyebabkan perubahan dan keberlanjutan
Pilihan Ganda
16
17
Menganalis sejarah sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
X IIS / 1
Sejarah sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
Memahami ciri-ciri sejarah sebagai ilmu
Pilihan Ganda
17
18
Menganalisis sejarah sebagai ilmu, peristiwa, kisah dan seni
X IIS / 1
Sejarah sebagai ilmu, peristiwa, kisah dan seni
Memahami sejarah sebagai kisah dan seni
Pilihan Ganda
18
19
Menganalisis keterkaitan manusia dengan sejarah
XIIS / 1
Manusia dengan sejarah
Memahami hubungan  manusia dengan sejarah
Pilihan Ganda
19
20
Menganalisis keterkaitan manusia dengan sejarah
X IIS/ 1
Manusia dengan sejarah
Memahami hubungan  manusia dengan sejarah
Pilihan Ganda
20
21
Peserta didik memahami dan menguasai tentang :
-cara berfikir diakronik dan sinkronik dalam karya sejarah
X IIS/ 1
Pengertian diakronik
Disajikan arti diakronik menurut ahli, peserta didik  mampu menganalisis pendapat para ahli
Pilihan Ganda
21
22
Peserta didik memahami dan menguasai tentang :
-cara berfikir diakronik dan sinkronik dalam karya sejarah
X IIS/ 1
Model diakronik
Disajikan arti model diakronik, peserta didik mampu menyebutkan arti model diakronik
Pilihan Ganda
22
23
Peserta  didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang :
Konsep berfikir diakronik dan sinkronik dalam karya sejarah
X IIS/ 1
Konsep sinkronik dalam sejarah
Disajikan sebuah peristiwa sejarah, peserta didik dapat menentukan konsep sinkronik atau diakronik dari peristiwa sejarah
Pilihan Ganda
23
24
Peserta didik memahami dan menguasai tentang :
-cara berfikir diakronik dan sinkronik dalam karya sejarah
X IIS / 1
Konsep berfikir diakronik
Disajikan data ciri-ciri konsep diakronik, peserta didik  dapat menentukan ciri-ciri  konsep berfikir diakronik
Pilihan Ganda
24
25
Peserta didik memahami dan menguasai tentang :
-cara berfikir diakronik dan sinkronik dalam karya sejarah
 X IIS / 1
Aspek berfikir sinkronik
Disajikan aspek-aspek berfikir sinkronik, peserta didik diharapkan dapat memahami tentang aspek berfikir sinkronik
Pilihan Ganda
25
26
Peserta didik memahami dan menguasai tentang :
Bentuk/ jenis sumber sejarah
X IIS / 1
Sumber sejarah berdasarkan sifatnya
Peserta didik dapat memahami sumber sejarah berdasarkan sifatnya
Pilihan Ganda
26
27
Peserta didik memahami dan menguasai tentang :
-Bentuk/ jenis sumber sejarah
X IIS / I
Sumber sejarah berdasarkan bentuknya (sumber benda)
Disajikan ilmu bantu sejarah, peserta didik diharapkan dapat memahami fungsi ilmu tersebut
Pilihan Ganda
27
28
Peserta didik mampu mengevaluasi tradisi lisan
X IIS/ 1
Fungsi tradisi lisan pada kehidupan masyarakat praaksara
Disajikan  data fungsi tardisi lisan, peserta didik dapat memahami pendapat para ahli
Pilihan Ganda
28
29
Mengevaluasi  kelebihan dan kekurangan berbagai bentuk/jenis sumber sejarah (artefak, fosil, tekstur, nontekstur, kebendaan, visual, audiovisual, tradisi lisan)
X IIS / 1
Sumber penelitian sejarah (sumber tertulis)
Peserta didik dapat memahami macam-macam sumber sejarah (sumber tertulis)
Pilihan Ganda
29
30
Memahami langkah-langkah  penelitian sejarah (heuristik, kritik/verifikasi, interpretasi/eksplanasi. Dan penulisan sejarah)
X IIS/ 1
Langkah-langkah dalam penelitian sejarah
Peserta didik dapat memahami langkah-langkah dalam penelitian sejarah
Pilihan Ganda
30
31
Memahami langkah-langkah  penelitian sejarah (heuristik, kritik/verifikasi, interpretasi/eksplanasi. Dan penulisan sejarah)
X IIS / 1
Kesalahan dalam heuristik
Peserta didik dapat memahami kesalahan yang harus dihindari dalam heuristik
Pilihan Ganda
31
32

Memahami langkah-langkah  penelitian sejarah (heuristik, kritik/verifikasi, interpretasi/eksplanasi. Dan penulisan sejarah)
X IIS / 1
Aturan dalam  pengumpulan sumber
Disajikan aturan dalam pengumpulan sumber, peserta didik dapat mengidentifikasi  yang bukan termasuk dalam aturan pengumpulan sumber sejarah
Pilihan Ganda
32
33
Memahami langkah-langkah  penelitian sejarah (heuristik, kritik/verifikasi, interpretasi/eksplanasi. Dan penulisan sejarah)
X IIS / 1
Verifikasi / kritik sumber
Disajikan contoh kritik sumber, peserta didik dapat menganalisis contoh kritik sumber tersebut (kritek intern dan ekstern)
Pilihan Ganda
33
34
Menganalisis ciri-ciri  dari historiografi tradisional, kolonial, dan modern
X IIS/ 1
Historiografi tradisional
Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk historiografi tradisional
Pilihan Ganda
34
35
Menganalisis ciri-ciri  dari historiografi tradisional, kolonial, dan modern
X IIS / 1
Historiografi kolonial
Peserta didik dapat menganalisis  sifat historiografi  kolonial
Pilihan Ganda
35
36
Menganalisis ciri-ciri  dari historiografi tradisional, kolonial, dan modern
X IIS/ 1
Jenis-jenis sejarah
Peserta didik dapat menganalisis jenis-jenis sejarah berdasarkan tujuan dan sifat yang terkandung di dalamnya.
Pilihan Ganda
36
37
Menganalisis ciri-ciri  dari historiografi tradisional, kolonial, dan modern
X IIS / 1
Historiografi nasional (modern)
Peserta didik dapat mengidentifikasi topik dalam seminar nasional
Pilihan Ganda
37
38
Menyajikan hasil kajian ciri-ciri historiografi tradisional, kolonial, dan modern, dalam bentuk tulisan atau media lain.
X IIS / 1
Sejarah nasional
Peserta didik dapat menganalisis sejarah nasional
Pilihan Ganda
38
39
Menyajikan hasil kajian ciri-ciri historiografi tradisional, kolonial, dan modern, dalam bentuk tulisan atau media lain.
X IIS/ 1
Sejarah nasional
Peserta didik dapat mengidentifikasi tujuan dari sejarah nasional
Pilihan Ganda
39
40
Menyajikan hasil kajian ciri-ciri historiografi tradisional, kolonial, dan modern, dalam bentuk tulisan atau media lain.
X IIS/ 1
Sejarah dunia
Peserta didik dapat menganalisis  tentang pengertian sejarah dunia
Pilihan Ganda
40
41
Menganalisis kehidupan manusia dalam ruang dan waktu
X  IIS/ 1
Kehidupan manusia dalam ruang dan waktu
Memahami konsep  ruang dan waktu dalam sejarah
Essay
41
42
Menganalis sejarah sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
X IIS / 1
Sejarah sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni
Memahami sejarah sebagai peristiwa
Essay
42
43
Menganalisis keterkaitan manusia dengan sejarah
X IIS / 1
Manusia dengan sejarah
Memahami hubungan  manusia dengan sejarah
Essay
43
44
Peserta didik memahami dan menguasai tentang:
-pengertian sejarah
-ruang lingkup sejarah (sumber sejarah, kegunaan sejarah, tahapan penulisan sejarah)
X IIS / 1
Ruang lingkup sejarah (sumber sejarah, kegunaan sejarah, tahapan penulisan sejarah)
Siswa dapat menjelaskan macam-macam sumber sejarah
Essay
44
45
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-Penulisan sejarah tradisional
- karakteristik naskah historiografi tradisional
X IIS / 1
Penulisan sejarah tradisional (historiografi tradisional)
Siswa dapat  merumuskan  karakteristik yang dimiliki naskah historiografi tadisional
Essay
45

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel