Kisi-Kisi Soal PAS Matematika Wajib Kelas 11

Hallo sobat semuanya pada artikel kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Kisi-Kisi Soal PAS Matematika Wajib  Kelas 11 secara gratis kepada anda semuanya.

Matematika Wajib  adalah salah satu mata pelajaran wajib yang ada di jenjang pendidikan  SMA sederajat baik kelas 10, 11 dan 12.

Maka dari itu tidak mengherankan jika pada setiap pelaksanaan tes semester atau akhir tahun pasti selalu diujikan

Di dalam kisi kisi ini memuat Kompetensi Dasar, Materi, Indikator, Bentuk Soal dan Nomor Soal

Adapun Kompetensi Dasarnya yaitu :

  • Menjelaskan metode pembuktian Pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagiaan dengan induksi matematika
  • Menggunakan metode pembuktian induksi matematika untuk menguji pernyataan matematika berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagian
  • Menjelaskan program linear dua variabel dan metode penyelesaiannya dengan menggunakan masalah kontekstual
  • Menjelaskan masalah kontektual yang berkaitan dgn program linear dua variable. 
  • Menjelaskan matriks dan kesamaan matriks dengan menggunakan masalah  kontekstual  dan melakukan operasi pada matriks yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian skalar, dan perkalian, serta transpose
  • Menyelesaikan masalah kontektual yang berkaitan dengan matriks dan operasinya
  • Menganalisis sifat-sifat  determinan  dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan determinan dan invers matriks berordo 2x2 dan 3x3
  • Menganalisis dan membandingkan transformasi dan komposisi transformasi dengan menggunakan matriks 
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matriks transformasi geometri (Translasi, refleksi, dilatasi dan rotasi ) 

Selain itu, kisi-kisi ini sangat penting sebagai pedoman belajar siswa dalam menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS).

Download Kisi-Kisi Soal PAS Matematika Wajib  Kelas 11

Adapun filenya bisa anda unduh pada link di bawah ini :

No Urut

 

Kompetensi Inti

Kompetensi Dasar

Bahan Kelas / Smt

Materi

Indikator Soal

Bentuk Soal

No. Soal

 

3.  Memahami ,menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

3.1 Menjelaskan metode pembuktian Pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagiaan dengan induksi matematika

4.1 Menggunakan metode pembuktian induksi matematika untuk menguji pernyataan matematika berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagian

XI / 1

Pengantar Induksi Matematika

 

Prinsip induksi Matematika

 

 

Penerapan induksi matematika pada ketidaksamaan.

1.   Siswa dapat menentukan nilai jumlah bilangan dari induksi matematika

 

2.   Siswa dapat menentukan langkah langkah induksi matematika

 

3.   Siswa dapat membuktikan jumlah dari induksi matematika

4.   Siswa dapat menentukan n dari induksi matematika

5.   Siswa dapat menentukan nilai n = 5 dari formula yang ditentukan

PG

 

 

PG

 

 

PG

 

PG

 

ESSAY

 

1

 

 

2

 

 

3

 

4

 

36

3. 2   Menjelaskan program linear dua variabel dan metode penyelesaiannya dengan menggunakan masalah kontekstual

4.2  Menjelaskan masalah kontektual yang berkaitan dgn program linear dua variable.

XI / 1

Program Linear

1.   Siswa dapat menentukan penyelesaian system pertidaksamaan linier dua variable

2.   Siswa dapat menentukan daerah himpunan dari grafik pertidaksamaa persamaan linear

3.   Siswa dapat merancang model matematika dari masalah-masalah yang berhubungan dengan program linier

4.   Siswa dapat menentukan fungsi objektif atau kendala dari masalah program linier

5.   Siswa dapat menentukan nilai optimum dari fungsi objektif

6.   Siswa dapat menentukan nilai minimum dari grafik fungsi

PG

 

PG

 

PG

 

 

PG

 

PG

 

ESSAY

5,6

 

7

 

8,9

 

 

10

 

11,12,13

 

37

3.3 Menjelaskan matriks dan kesamaan matriks dengan menggunakan masalah  kontekstual  dan melakukan operasi pada matriks yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian skalar, dan perkalian, serta transpose

4.3 Menyelesaikan masalah kontektual yang berkaitan dengan matriks dan operasinya

XI / 1

Matriks

1.  Diberikan sebuah matriks siswa dapat menentukan elemen baris dan elemen kolom

2.  Diberikan sebuah matriks siswa dapat menentukan ordo matriks tersebut.

3.  Diberikan dua buah matriks siswa dapat menentukan kesamaan matriks

4.  Diketahui beberapa buah matriks siswa dapat  menghitung penjumlahan, pengurangan dan perkalian matriks

 

PG

 

PG

 

ESSAY

 

PG

14

 

15

 

38

 

16,17,18,19,20

3.4Menganalisis sifat-sifat  determinan  dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3

 

4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan determinan dan invers matriks berordo 2x2 dan 3x3

XI / 1

Matriks

1.  Diketahui beberapa matriks , siswa dapat menentukan determinan matriks berordo 2x2

2.  Diketahui beberapa matriks , siswa dapat menentukan determinan matriks berordo 3x3

3.  Diketahui beberapa matriks , siswa dapat menentukan invers matriks berordo 2x2

4.  Diketahui beberapa matriks , siswa dapat menentukan invers matriks berordo 3x3

5.  Siswa dapat menggunakan determinan matriks untuk menyelesaikan SPLDV

6.  Diketahui sistem persamaan linier dua variabel  siswa dapat menentukan  nilai x dan y dengan cara invers matrik dan determinan.

 

PG

 

PG

 

PG

 

PG

 

PG

 

ESSAY

21,22

 

23

 

24,25

 

26

 

27,28

 

39

3.5 Menganalisis dan membandingkan transformasi dan komposisi transformasi dengan menggunakan matriks

4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matriks transformasi geometri (Translasi, refleksi, dilatasi dan rotasi )

 

XI / 1

Transformasi

1.  Diketahui titik A(x , y) ditranslasikan oleh T =  siswa dapat menentukan koordinat titik A.

2.  Diketahui persamaan garis y = ax + b, siswa dapat menentukan bayangan garis y oleh translasi T = .

3.  Diketahui titik B(x , y) direfleksikan terhadap  x = k, siswa dapat menentukan koordinat titik B

4.  Diketahui persamaan garis y = ax +b siswa dapat menentukan persamaan bayangan garis y oleh refleksi terhadap garis y = -x

5.  Diketahui titik A(x , y) oleh rotasi [P,] dengan P(a,b), siswa dapat menentukan bayangan titik A(x,y)

6.  Diketahui sebuah titik (x,y) oleh dilatasi [P, k] siswa dapat menentukan bayangan titik (x,y)

7.  Diketahui titik A(x,y) oleh transformasi translasi T =

Dilanjutkan dilatasi [P k] dengan     P(a,b), siswa dapat menentukan bayangan titik A(x,y)

8.  Diketahui titik A(x,y), B(x,y) dan C(x,y) ditransformasikan rotasi R[O , ], siswa dapat menentukan bayangan titik A, B, dan c

 

PG

 

PG

 

 

 

PG

 

PG

 

 

PG

 

 

PG

 

PG

 

 

 

 

ESSAY

29

 

30

 

 

 

31

 

32

 

 

33

 

 

34

 

35

 

 

 

 

40

SIMPAN FILE

Demikianlah informasi mengenai Kisi-Kisi Soal Matematika Wajib  Kelas 11 mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Baca juga :

  1. Kisi-Kisi Soal PAS PJOK Kelas 11
  2. Kisi-Kisi Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 11
  3. Kisi-Kisi Soal PAS Sosiologi Kelas 11
  4. Kisi-Kisi Soal PAS PKn Kelas 11
  5. Kisi-Kisi Soal PAS Sejarah Indonesia Kelas 11
  6. Kisi-Kisi Soal PAS Ekonomi Kelas 11
  7. Kisi-Kisi Soal PAS Biologi Kelas 11
  8. Kisi-Kisi Soal PAS Geografi Kelas 11
  9. Kisi-Kisi Soal PAS Kimia Kelas 11
  10. Kisi-Kisi Soal PAS Fisika Kelas 11
  11. Kisi-Kisi Soal PAS Matematika Minat Kelas 11
  12. Kisi-Kisi Soal PAS Bahasa Inggris Kelas 11
  13. Kisi-Kisi Soal Pas PAI Kelas 11

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel