Kisi-Kisi Soal PAS Matematika Wajib Kelas 11
Hallo sobat semuanya pada artikel kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Kisi-Kisi Soal PAS Matematika Wajib Kelas 11 secara gratis kepada anda semuanya.
Matematika Wajib adalah salah satu mata pelajaran wajib yang ada di jenjang pendidikan SMA sederajat baik kelas 10, 11 dan 12.
Maka dari itu tidak mengherankan jika pada setiap pelaksanaan tes semester atau akhir tahun pasti selalu diujikan
Di dalam kisi kisi ini memuat Kompetensi Dasar, Materi, Indikator, Bentuk Soal dan Nomor Soal
Adapun Kompetensi Dasarnya yaitu :
- Menjelaskan metode pembuktian Pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagiaan dengan induksi matematika
- Menggunakan metode pembuktian induksi matematika untuk menguji pernyataan matematika berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagian
- Menjelaskan program linear dua variabel dan metode penyelesaiannya dengan menggunakan masalah kontekstual
- Menjelaskan masalah kontektual yang berkaitan dgn program linear dua variable.
- Menjelaskan matriks dan kesamaan matriks dengan menggunakan masalah kontekstual dan melakukan operasi pada matriks yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian skalar, dan perkalian, serta transpose
- Menyelesaikan masalah kontektual yang berkaitan dengan matriks dan operasinya
- Menganalisis sifat-sifat determinan dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan determinan dan invers matriks berordo 2x2 dan 3x3
- Menganalisis dan membandingkan transformasi dan komposisi transformasi dengan menggunakan matriks
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matriks transformasi geometri (Translasi, refleksi, dilatasi dan rotasi )
Selain itu, kisi-kisi ini sangat penting sebagai pedoman belajar siswa dalam menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS).
Download Kisi-Kisi Soal PAS Matematika Wajib Kelas 11
Adapun filenya bisa anda unduh pada link di bawah ini :
No Urut |
Kompetensi Inti |
Kompetensi Dasar |
Bahan Kelas / Smt |
Materi |
Indikator Soal |
Bentuk Soal |
No. Soal |
|
3. Memahami ,menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
3.1 Menjelaskan
metode pembuktian Pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan,
keterbagiaan dengan induksi matematika 4.1 Menggunakan
metode pembuktian induksi matematika untuk menguji pernyataan matematika berupa
barisan, ketidaksamaan, keterbagian |
XI / 1 |
Pengantar
Induksi
Matematika
Prinsip
induksi Matematika
Penerapan
induksi matematika pada ketidaksamaan. |
1.
Siswa dapat menentukan nilai jumlah bilangan dari induksi matematika
2.
Siswa dapat menentukan langkah langkah induksi matematika
3.
Siswa dapat membuktikan jumlah dari induksi matematika 4.
Siswa dapat menentukan n dari induksi matematika 5.
Siswa dapat menentukan nilai n = 5 dari formula
yang ditentukan |
PG PG PG PG ESSAY |
1 2 3 4 36 |
3. 2 Menjelaskan program linear dua variabel
dan metode penyelesaiannya dengan menggunakan masalah kontekstual 4.2 Menjelaskan masalah kontektual yang
berkaitan dgn program linear dua variable. |
XI
/ 1 |
Program Linear |
1.
Siswa dapat menentukan penyelesaian system pertidaksamaan linier dua
variable 2.
Siswa dapat menentukan
daerah himpunan dari grafik pertidaksamaa persamaan linear 3.
Siswa dapat merancang model matematika dari masalah-masalah yang berhubungan dengan
program linier 4.
Siswa dapat menentukan fungsi objektif atau kendala dari masalah
program linier 5.
Siswa dapat menentukan nilai optimum dari fungsi objektif 6.
Siswa dapat menentukan nilai minimum dari grafik
fungsi |
PG
PG
PG
PG
PG
ESSAY |
5,6
7
8,9
10
11,12,13
37 |
||
3.3 Menjelaskan matriks dan kesamaan matriks dengan menggunakan
masalah kontekstual dan melakukan operasi pada matriks yang
meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian skalar, dan perkalian, serta
transpose 4.3 Menyelesaikan masalah kontektual yang berkaitan dengan matriks dan
operasinya |
XI
/ 1 |
Matriks |
1.
Diberikan
sebuah matriks siswa dapat menentukan elemen baris dan elemen kolom 2.
Diberikan
sebuah matriks siswa dapat menentukan ordo matriks tersebut. 3.
Diberikan
dua buah matriks siswa dapat menentukan kesamaan matriks 4.
Diketahui
beberapa buah matriks siswa dapat
menghitung penjumlahan, pengurangan dan perkalian matriks
|
PG
PG
ESSAY PG |
14
15 38 16,17,18,19,20 |
||
3.4Menganalisis sifat-sifat
determinan dan invers matriks
berordo 2×2 dan 3×3 4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan determinan dan invers
matriks berordo 2x2 dan 3x3 |
XI
/ 1 |
Matriks |
1.
Diketahui
beberapa matriks , siswa dapat menentukan determinan matriks berordo 2x2 2.
Diketahui
beberapa matriks , siswa dapat menentukan determinan matriks berordo 3x3 3.
Diketahui
beberapa matriks , siswa dapat menentukan invers matriks berordo 2x2 4.
Diketahui
beberapa matriks , siswa dapat menentukan invers matriks berordo 3x3 5.
Siswa dapat menggunakan determinan matriks untuk menyelesaikan SPLDV 6. Diketahui sistem persamaan linier dua
variabel
|
PG
PG
PG
PG
PG
ESSAY |
21,22
23
24,25
26
27,28
39 |
||
3.5 Menganalisis dan membandingkan transformasi dan komposisi
transformasi dengan menggunakan matriks 4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matriks transformasi
geometri (Translasi, refleksi, dilatasi dan rotasi ) |
XI
/ 1 |
Transformasi |
1. Diketahui titik A(x , y) ditranslasikan oleh
T = 2. Diketahui persamaan garis y = ax + b, siswa
dapat menentukan bayangan garis y oleh translasi T = 3. Diketahui titik B(x , y) direfleksikan
terhadap x = k, siswa dapat menentukan
koordinat titik B 4. Diketahui persamaan garis y = ax +b siswa
dapat menentukan persamaan bayangan garis y oleh refleksi terhadap garis y =
-x 5. Diketahui titik A(x , y) oleh rotasi [P, 6. Diketahui sebuah titik (x,y) oleh dilatasi
[P, k] siswa dapat menentukan bayangan titik (x,y) 7. Diketahui titik A(x,y) oleh transformasi
translasi T = Dilanjutkan
dilatasi [P k] dengan P(a,b), siswa
dapat menentukan bayangan titik A(x,y) 8. Diketahui titik A(x,y), B(x,y) dan C(x,y)
ditransformasikan rotasi R[O ,
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
ESSAY |
29
30
31
32
33
34
35
40 |
Demikianlah informasi mengenai Kisi-Kisi Soal Matematika Wajib Kelas 11 mudah-mudahan dapat bermanfaat.
Baca juga :
- Kisi-Kisi Soal PAS PJOK Kelas 11
- Kisi-Kisi Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 11
- Kisi-Kisi Soal PAS Sosiologi Kelas 11
- Kisi-Kisi Soal PAS PKn Kelas 11
- Kisi-Kisi Soal PAS Sejarah Indonesia Kelas 11
- Kisi-Kisi Soal PAS Ekonomi Kelas 11
- Kisi-Kisi Soal PAS Biologi Kelas 11
- Kisi-Kisi Soal PAS Geografi Kelas 11
- Kisi-Kisi Soal PAS Kimia Kelas 11
- Kisi-Kisi Soal PAS Fisika Kelas 11
- Kisi-Kisi Soal PAS Matematika Minat Kelas 11
- Kisi-Kisi Soal PAS Bahasa Inggris Kelas 11
- Kisi-Kisi Soal Pas PAI Kelas 11