100+ Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia SMA/MA dan Jawabannya I Part 1

Hallo sobat semuanya pada artikel kali ini admin akan berbagi 100+ Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia SMA/MA dan Jawabannya I Part 1 kepada anda semuanya.

Simak di bawah ini baik-baik :


1. Cermati paragraf berikut!

Ada lima daerah di Sulawesi Selatan memilih pemimpinnya. Namun, demikian, fenomena di kota Makassar mendapat perhatian yang cukup besar. Hal itu terjadi mengingat kota Makassar adalah Ibukota Sulawesi Selatan dengan … terbanyak, yaitu sepuluh pasangan. Selain itu, perhelatan … di kota Daeng merupakan salah satu barometer politik di Indonesia yang menggunakan … pemilihan secara langsung.

Kata serapan yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang pada paragraph tersebut adalah …

A. kontestan, demokratis, system

B. kontestan, demokrasi, sistem

C. kontestan, democrat, sistim

D. kontes, demokratis, sistim

E. kontes, democrat, sistim

Jawaban : B


2. Bacalah kutipan teks biografi berikut dengan saksama!

Mohammad Natsir merupakan tokoh Indonesia yang paling sederhana sepanjang masa. Mohammad Natsir diangkat sebagai perdana mentri oleh Presiden Soekarno pada 17 Agustus 1950. Dia dikenang sebagi menteri yang tidak mempunyai rumah serta menampik diberi hadiah mobil mewah. Natsir juga diketahui banyak menguasi bahasa asing seperti Inggris, Belanda, Prancis, Jerman, dan Arab.

Keistimewaan tokoh pada teks biografi tersebut adalah …

A. Merupakan tokoh Indonesia yang paling sederhana sepanjang masa.

B. Menteri yang tidak mempunyai rumah dan menampik diberi mobil mewah.

C. Mohammad Natsir diangkat sebagai perdana menteri oleh presiden Soekarno.

D. Banyak me yang nguasai bahasa asing seperti Inggris, Belanda, Prancis, Jerman, Arab.

E. Banyak menguasai bahasa daerah

Jawaban : A


3. Cermati paragraf berikut!

Kata bermakna kias terdapat pada kalimat nomor....

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E.  (5)

Jawaban : C


4. Bacalah kutipan teks berikut!

Gejala dan tanda kanker prostat tidak spesifik. Bahkan pada tahap awal sering tidak menampakkan gejala sehingga menyebabkan keterlambatan diagnosis. Tapi, pada tahap selanjutnya sering timbul gejala atau keluhan seperti sering buang air kecil, terutama pada malam hari. Ketika buang air kecil, penderita harus mengejan, bahkan ada kalanya tidak dapat buang air kecil.

Paragraph tersebut termasuk jenis paragraph …

A. Induktif

B. Campuran

C. Khusus-umum

D. Deduktif

E. Naratif 

Jawaban : D


5. Cermati kutipan biografi tokoh berikut!

Hal yang dapat diteladani dari tokoh Abdul Hadi ialah ....

A. Mendirikan pesantren di kota kelahirannya bersama teman-temannya.

B. Sejak kecil Abdul Hadi mencintai puisi dan dunia tulis-menulis.

C. Abdul Hadi seorang satrawan, budayawan, dan ahli filsafat.

D. Abdul Hadi seorang sastrawan terkenal di Indonesia.

E. Memiliki berbagai aktivitas di pesantren

Jawaban : A


6. Cermati paragraf berikut!

Makna kata yang bercetak miring pada teks tersebut ialah ....

A. menggambarkan

B. mengeluarkan

C. menghasilkan

D. menunjukkan

E. menjelaskan

Jawaban : C


7. Bacalah kutipan teks berikut dengan saksama!

(1) Organisasi Pangan dan Pertanian PBB sudah mengeluarkan peringatan tentang gejolak harga pangan dan dampaknya terhadap kelaparan akhir Agustus lalu. (2) Peringatan itu berkaitan dengan kenaikan 1,4 persen harga pangan dunia, terutama biji-bijian, daging, dan susu setelah dalam dua bulan terakhir stabil. (3) Bagi Indonesia, hari pangan adalah momentum untuk kembali mengingatkan bahwa pangan adalah hak asasi rakyat yang dijamin konstitusi. (4) Jika tidak segera diatasi, bukan tidak mungkin Indonesia kehilangan manfaat bonus demografi. (5) Karena itu, pemerintah berkepentingan menjaga harga pangan selalu stabil.

Kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraph tersebut adalah ….

A. Bagaimana cara untuk mengatasi gejolak harga pangan yang terjadi pada dua bulan terakhir?

B. Mengapa Organisasi Pangan dan Pertanian PBB mengeluarkan peringatan tentang gejolak harga pangan?

C. Siapakah yang berkepentingan untuk menjaga harga pangan selalu stabil?

D. Di mana dikeluarkan peringatan tentang gejolak harga pangan setelah dalam dua bulan terakhir stabil?

E. Kapan Indonesia mnecetuskan hari pangan hak asasi rakyat yang dijamin konstitusi?

Jawaban : B


8. Bacalah paragraph berikut dengan saksama!

Pemerintah diminta memberikan sanksi berat terhadap para spekulan yang terbukti mempermainkan harga Sembilan bahan poko pada Ramadhan dan Lebaran. Sanksi tegas itu bisa berupa pencabutan izin usaha untuk memberikan semacam shock therapy bagi pengusaha yang mencari keuntungan pribadi di atas penderitaan rakyat, kata Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumatra Utara.  Menurutnya, cara-cara kerja para spekulan yang dalam aktivitas kesehariannya mengaku sebagai pengusaha itu hendaknya jangan dibiarkan merajalela dan harus diawasi ekstraketat. Sebab, selain melanggar hukum, aktivitasnya sangat jelas menghancurkan perekonomian masyarakat.  Oleh karena itu, semua aktivitas spekulan dakam perdagangan sembako harus terus diawasi Disperindag, kalau terbukti melanggar, ditindak tegas.

Selain spekulan, pedagang yang bermental bobrok yang memainkan harga sesuka hati pantas ditindak tegas. Rasanya sangat berlebihan kalau karena alasan pembeli membludak, pedagang lantas menaikkan harga meskipun stok barang cukup, bahkan berlebih. Artinya, niat pedagang hanya untuk meraih keuntungan pribadi.   

Rangkuman isi kedua paragraph tersebut adalah …

A. Pemerintah memberi sanksi berat terhadap spekulan yang terbukti mempermainkan harga sembako pada saat Ramadhan dan Lebaran.

B. Sanksi diberikan kepada spekulan yang menaikkan harga sembako sesuka hati untung meraih untung yang besar.

C. Sanksi tegas berupa pencabutan izin usaha karena melanggar hokum dan menghancurkan perekonomian rakyat.

D. Bagi spekulan, pedagang yang bermental bobrok akan mendapat sanksi dari pemerintah jika terbukti memainkan harga sembako.

E. Pemerintah diminta memberikan sanki terhadap para spekulan dan para pedagang yang mempermainkan harga sembako.

Jawaban : A


9. Bacalah kedua teks berikut!

Bacaan I

Banyak lho aktivitas keseharian kita yang tanpa kita sadari adalah aktivitas yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebagai contoh aktivitas pola tidur yang baik, pola maan yang baik, dan pola keseharian yang baik. Nah, aktivitas itu jika benar-benar dilakukan sangat menjamin tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Cara menjaga kesehatan seperti ini tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak disbanding dengan cara modern instan. Cara alami kayak gini juga bisa menjadi cara menjaga tubuh mulai dari paru-paru, ajntung, dan mata. Selanjutnya cara-cara tersebut bisa dilakukan dengan olahraga rutin, makan teratur, banyak minum air putih, mengonsumsi obat herbal, dan menjalani pola hidup sehat.

Bacaan II

Mengonsumsi pola makan seimbang merupakan anjuran mendasar yang hakiki bagi semua orang. Di mana asupan zat gizi yang terkonsumsi menentukan aspek kesehatan nutrisi setiap individu. Zat gizi tersebut, lemak, protein, vitamin, mineral, dan serat. Pola makan yang sehat dan seimbang sangat bermanfaat bagi tubuh. Manfaat tersebut, di antaranya menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, pola makan sehat dan seimbang dapat meningkatkan konsentrasi serta kinerja otak. Pola makan tidak sehat akan menimbulkan dampak negative bagi tubuh, salah satunya menyebabkan ketidak-maksimalan kinerja tubuh dalam melaksanakan aktivitas.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua bacaan tersebut adalah … .

Jawaban : D


Bacalah dengan saksama teks berikut!

Teks 1.

Pencemaran udara dan ketersediaan air bersih menjadi hal penting yang tak bisa dilepaskan dalam kaitannya dengan kelestarian lingkungan. Oleh sebab itu, tidaklah berlebihan jika Negara-negara di dunia semakin giat menggalakkan kampanye gerakan hijau atau yang lebih dikenal istilah “go green”. Indonesia adalah salah satu Negara yang menduung kampanye tersebut. Terkait hal itu, dibuat sejumlah serapan atau kawasan hijau. Selain itu, penyediaan fasilitas tong sampah yang tersebar di sejumlah tempat, pemberlakuan area bebas rokok, hingga Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) yang digelar di hari tertentu di sejumlah kota.

Teks 2.

Pada program layanan mudik Astra Holiday Compaign (AHC). Astra mengajak pemudik yang singgah di Pos Siaga untuk berpartisipasi menjaga lingkungan, caranya dengan membubuhkan tanda tangan. Tanda tangan tersebut memengaruhi jumlah pohon yang ditanam oleh Astra. Menindaklanjuti kegiatan tersebut grup otomotif Astra menanam 10.000 pohon di wilayah Sentul, Jawa Barat. Kesepeluh ribu pohon tersebut berasal dari tanda tangan para pemudik.

10. Persamaan topic dari dua teks tersebut adalah …

A. Penanaman 10.000 pohon.

B. Pelestarian lingkungan.

C. Pembuatan resapan.

D. Pencemaran udara.

E. Tanda tangan pemudik.

Jawaban : B


11. Bacalah kutipan teks berikut dengan saksama!

Menurut Anton J. Supit, Ketua Aprisindo (Asosiasi Persepatuan Indonesia), pemerintah Cina memberikan dukungan penuh kepada para pengasuhnya untuk melakukan ekspanasi bisnis dan investasi. Para pengusaha dan asosiasi di Indonesia justru sibuk menyikapi kebijakan pemerintah yang berubah-ubah.

Kalimat tanggapan yang sesuai dengan isi teks di atas adalah …

A. Sebaiknya pemerintah Cina memberikan dukungankepada pemerintah Indonesia.

B. Banyak pengusaha Indonesia yang lari ke Cina untuk menambah modalnya.

C. Banyak pengusaha Indonesia yang lari ke Cina untuk menambah modalnya. Sebaiknya, pemerintah Indonesia mencontoh kebijakan pemerintah Cina supaya Ekonomi Indonesia maju.

D. Pemerintah Indonesia sebaiknya tidak usah mencontoh kebijakan pemerintah Cina.

E. Pengusaha Indonesia bergairah menanamkan modalnya karena perhatian pemerintah Indonesia begitu besar.

Jawaban : C


12. Cermati paragraph berikut!

Figure dokter puskesmas bukanlah figure dokter …. . Mereka dokter lapangan yang menyisihkan dua pertiga jam kerjanya bukan di kamar praktik. Namun, mereka termasuk dokter puskesmas yang … dan pekerja keras. Mereka harus menyatu dengan masyarakat memberi penyuuhan dan motivasi tentang hidup sehat. Dokter puskesmas juga harus dapat bertindak sebagai manajer sekaligus klinisi.

Kata gabung ang tepat untuk melengkapi paagraf tersebut adalah …

A. rumahsakit, bertanggung jawab

B. rumah sakit, bertanggungjawab

C. rumah sakit, bertanggung jawab

D. rumah sakit, bertanggung-jawab

E. rumah-sakit, bertanggungjawab 

Jawaban : C


13. Cermati peristiwa berikut!

Tikus dari kolong lemari

Dari kursi

Melompat ke lantai

Cerita yang sesuai dengan peristiwa tersebut adalah …

A. Sebenarnya tidak salah kalau Pak Mansur jadi beringas, ya merasa terzolimi oleh ulah tikus-tikus dari lorong lemari seenak perutnya saja dari kursi melewati dan melompat ke lantai.

B. Pak Mansur merasa tersinggung dengan berdemonstrasinya tikus-tikus ini. Padahal Pak Mansur sudah membeli penangkal tikus.

C. Tikus dari kolong lemari naik ke kursi, dari kursi melompat ke meja melewati sepiring lontong.

D. Ruangan sangat gaduh. Beberapa anak melongok menyaksikan adegan yang tidak pernah terjadi. Pak Mansur yang kalem ternyata sangat lincah berburu hewan kecil tikus ini.

E. Bayangkan, siapa yang tidak kesal kalau lemarinya diobrak-abrik dan dijadikan wisma tikus.

Jawaban : A


14. Bacalah teks berikut dengan saksama!

Pulau Siberut memiliki panorama sangat memesona. Pulau Siberut yang berada di Kepulauan Mentawai ini menjadi destinasi wisata terbaik yang ada di gugusan kepulauan tersebut. Keindahannya jarang dijumpai di tempat-tempat wisata lain.

Makan istilah yang tercetak miring dalam teks tersebut adalah …

A. berkunjung

B. menarik

C. tujuan 

D. alternatif

E. unik 

Jawaban : C


15. Cermatilah teks berikut dengan saksama!

(1) Banyak orang mengatakan bahwa hidup di kota besar itu menyenangkan. (2) Karena itu, mereka berangkat ke kota besar, meskipun tidak bermodal ketrampilan. (3) Di kota mereka bekerja apa adanya. (4) Mereka hidup di pinggir-pinggir sungai. (5) Mereka kelabakan ketika satpol PP mengusirnya.

Kalimat yang mempunyai struktur K-S-P-Pel dalam teks tersebut adalah kalimat nomor …

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. (5)

Jawaban : C

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel