100+ Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia SMP dan Jawabannya I Part 1

Hallo sobat semuanya pada artikel kali ini admin akan berbagi 100+ Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia SMP dan Jawabannya I Part 1 kepada anda semuanya.

Simak di bawah ini baik-baik :


Bacalah paragraph berikut 

1. Trusmi merupakan desa yang dijuluki sebagai sentral batik cerebonan. Hampir semua orang mengenal batik, bahkan masyarakat tiongkok sangat menyukai motif-motif batik dari desa yang satu ini. Batik banyak sekali ditemukan di desa yang berjarak kurang lebih 5 KM kearah barat cirobon ini. Dari produk rumahan sampai produk pabrikan terkenal dapat ditemukan di desa tersebut. motifnya pun sangat beragam ada mahkota, mega mendung, dan motif-motif pesisirfan lainnya. 

Gagasan utama paragraph tersebut adalah....

A. Berbagai motif batik Cirebon

B. Produk batik rumahan dan pabrikan 

C. Trusmi sebagai sentral batik cerebon

D. Kegemaran orang cina akan motif batik

Jawaban : C


2. Biografi memuat informasi berupa fakta, serta disajikan dalam bentuk ….

A. Cerita

B. Kisah

C. Kehidupan

D. Narasi

Jawaban : D


3. Bambang Pamungkas adalah sosok striker no satu di timnas, ia menekuni profesi sebagai pesepak bola memang sedari kecil. Ia bukan dari keluarga yang berkecukupan, namun karena kegigihannya berlatih, sekarang ia menjadi tulang punggung digaris depan tim sepak bola Indonesia. 

Hal yang patut diteladani dari tokoh dalam kutipan biografi tersebut adalah...

A. menekuni profesi iklan 

B. menekuni profesi dengan giat berlatih

C. menekuni profesi sebagi pesepak bola

D. menjadi striker utama di timnas

Jawaban : B


4. 1. Buku yang berjudul matinya media : perjuangan menyelamatkan demokrasi disunting oleh Danny Schechter 2. Buku tersebut mengulas perkembangan media massa yang mulai mengancam masa depan demokrasi. 3. Sampul buku tersebut berwarna biru tua. 4. Namun bahasa yang digunakan masih terlalu sulit dipahami.

Kutipan isi buku terdapat pada kalimat ….

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

Jawaban : B


5. Manager pariwisata taman seroja memperkirakan bahwa sekitar 27.000 pelancong akan datang ke lokasi ini pada akhir liburan semester tahun ini. Prediksi ini tentu tidak berlebihan karena mencerminkan jumlah pelancong yang bepergian selama musim liburan tahun lalu. Untuk meningkatkan minat dan daya tarik pelancong, administrator akan menyiapkan berbagai barang hiburan seperti wahana air, pertunjukan music, sulap dan banyak lagi.

Gagasan utama dalam paragraph diatas adalah....

A. Ada wahana air tambahan di taman objek wisata

B. Memprediksi peningkatan jumlah wisatawan di taman tahun ini

C. Taman seroja adalah tempat wisata terbaik di Indonesia

D. Beberapa taman baru ini akan menarik minat para pelancong.

Jawaban : B


6. (1) Sejak dahulu sirih sudah banyak digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. (2) Bagi sebagian suku di Indonesia, tanaman ini sering dipakai dalam upacara adat, atau untuk menyambut tamu. (3) Di Pulau Jawa, daun sirih dipakai dalam upacara adat perkawinan. (4) Sirih memang banyak manfaatnya.

Kalimat utama dalam paragraf di atas adalah.....

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

Jawaban : D


7. Bacalah paragraf berikut!

Keragaman budaya yang terdapat di Indonesia memiliki manfaat tersendiri. Keragaman budaya dapat dijadikan sebagai promotor nilai-nilai kemanusiaan. Keragaman budaya dapat membantu meningkatkan produktivitas dan profitabilitas. Selain itu, keragaman budaya bermanfaat untuk bertukar ide inovatif karena setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....

A. Manfaat keragaman budaya di Indonesia

B. Promotor nilai-nilai kemanusiaan

C. Peningkatan produktivitas dan prifitabilitas

D. Pertukaran ide inovatif terkait keragaman budaya

Jawaban : A


8. Kentang dan daging merupakan kombinasi makanan yang lezat. Namun, kombinasi tersebut tidak sehat. Kandungan pati dalam kentang memerlukan cairan pencernaan yang asam. Jika dikombinasikan, keduanya akan memicu rasa mulas dan penumpukan gas. 

Simpulan paragraph tersebut adalah .....

A. Kombinasi kentang dan daging merupakan kombinasi makanan yang lezat.

B. Kombinasi kentang dan daging memerlukan cairan pencernaan yang bersifat asam. 

C. Kombinasi kentang dan daging dapat memicu rasa mulas dan penumpukan gas.

D. Kombinasi kentang dan daging memerlukan cairan pencernaan bersifat alkalotis

Jawaban : C


9. Bacalah teks tersebut! 

1/ Sistem zonasi sekolah menemui beberapa tanggapan dalam masyarakat. 2/Sebagianmasyarakat menilai zonasi membuat kualitas pendidikan merata. 3/ Dilain pihak, zonasi dianggap tidak adil bagi siswa. 4/ Siswa yang mempunyai nilai tinggi akan kalah bersaing dengan siswa yang rumahnya dekat dengan sekolah favorit. 

Kalimat dukungan pada paragraf tersebut diajukan kalimat berangka ….

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

Jawaban : B


10. 1). Kemacetan menjadi momok yang dihadapi penduduk dihampir sebagian mayoritas kota besar, tidak terkecuali di Los Angeles, Amerika Serikat. 2) Sebuah perusahaan berbagai transportasi (ride sharing) asal Amerika Serikat lyft mencari solusi, untuk mengatasi persoalan kemacetan yang terjadi. 3) Biasanya, solusi kemacetan adalah menambah kapasitas jalan. 4) Namun, berbeda dari biasanya, lyft beranggapan bahwa menambah kapasitas jalan justru bukan menjadi solusi mengatasi kemacetan

Kalimat yang menyatakan ketidak setujuan adalah terdapat pada angka…

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

Jawaban : D


11. Maka kemerdekaan Timor Timur tidak saja tak membuatnya bahagia tapi juga membuatnya canggung. Para mahasiswa Timor Timur di Jakarta yang pro-integrasi seperti Neka, dilanda ketakutan ketika membayangkan pulang. Timor Leste bagi mereka seperti kampung halaman yang asing. Sebuah oksimoron.

Dengan ketakutan itulah Neka mesti bergulat ketika ayahnya mengundangnya pulang.

"Aku harus pulang", kata Neka pada suatu sore di depan kamar kos kami.

"Harus. Aku tak punya pilihan. Ayahku sakit keras", katanya lagi.

Simpulan penyebab konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah...

A. Neka akan pulang karena ayahnya sakit keras

B. Neka canggung dengan kemerdekaan Timor Timur

C. Neka mahasiswa pro-integrasi Timor Timur

D. Ayah Neka memintanya pulang ke Timor Timur 

Jawaban : C


12. Bacalah Teks berikut!

Teks 1 

Cacingan dapat menyebabkan anak kekurangan gizi, anemia, dan kecerdasan menurun. Karena itu, penyakit ini perlu ditangani secara serius. Hal ini terungkap pada seminar tantang waspada Infeksi Cacingan, di Jakarta (12/10). Peserta yang dari kalangan pendidikan mengharapkan mampu mengedukasi siswa-siswinya agar terhindar dari cacingan. Menurut kepala seksi pendidikan dasar dinas pendidikan Pemda DKI Jakarta, Drs. Enda, cacingan bisa disebabkan oleh makanan yang tak sehat. Karena itu, lebih baik anak-anak memakan makanan yang dibawa dari rumah. 

Teks 2 

Hasil anamnesis kira-kira 2654 dari beberapa perusahan yang melakukan Medical Check Up di Sahid Sahirman Memorial Hospital menunjukkan sebanyak 94% karyawan perokok menderita penyakit kronis. Saran yang bisa diberikan adalah menghentikan merokok. Mengurangi kebiasaan merokok adalah salah satu upaya perubahan perilaku yang dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kronis atau mengurangi komplikasi penyakit yang diderita. Hal ini disampaikan oleh dr. Maharani dalam pembukaan klinik stop merokok di Jakarta. 

Persamaan isi kedua berita di atas adalah....

A. Membicarakan kebiasaan buruk yang menyebabkan penyakit.

B. Membicarakan penyakit dan cara mencegahnya

C. Perilaku masyarakat yang berpotensi menimbulkan penyakit.

D. Membiarkan penyakit cacingan dan penyakit yang disebabkan oleh rokok.

Jawaban : B


13. Berita 1

Kerugian yang diderita rakyat dan perusahaan perkebunan di Riau akibat amukan gajah liar Sumatra di  342 desa dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini diperkirakan Rp 1.046 triliun pertahun. Angka ini dikeluarkan oleh World Wild Fondation (WWF) Indonesia. Rusaknya mata rantai ekosistem dan habitat gajah liar Sumatra di Riau “memaksa” kawanan binatang berbelalai itu membuka peta ”konflik” dengan manusia. 

Berita 2

World Wild Fondation (WWF) Indonesia mengemukakan bahwa kerugian yang diderita rakyat dan perusahaan perkebunan di Riau diperkirakan Rp. 1.046 triliun pertahun. Kerugian tersebut disebabkan oleh amukan gajah liar Sumatra di 342 desa dalam kurun waktu tiga tahun terahir ini. Hal tersebut terjadi karena rusaknya mata rantai ekosistem dan habitat gajah liar sumatra di Riau. Akibatnya, sering terjadi serangan gajah liar ke perkebunan sawit, ladang penduduk desa, dan terkadang ke permukiman.

Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah .....

A. Berita 1 diawali unsur apa, dan diakhiri unsur mengapa dan berita 2 diawali unsur siapa, dan diakhiri unsur bagaimana

B. Berita 1 diawali unsur apa, dan diakhiri unsur bagaimana dan berita 2 diawali unsur berapa, dan diakhiri unsur siapa i

C. Berita 1 unsur berapa, dan diakhiri unsur siapa dan berita 2 diawali unsur siapa, dan diakhiri unsur berapa

D. Berita 1 unsur mengapa, dan diakhiri unsur bagaimanadan berita 2 diawali unsur berapa, dan diakhiri unsur bagaimana

Jawaban : A


14. Cerita untuk soal nomor 14-16

1) “Peri kecil” sambut ayah, segeralah pulang, istirahat setelah selesai shalat, ulanglah pelajaranmu.” 

2) “Ayah selalu mengingatkan agar aku tidak lupa istirahat” ku seka keringat ayah yang berjatuhan dipelipis keningnya dengan ujung keningnya dengan ujung kerudungku. 

3) “Kau tak perlu hawatir, ayah akan baik-baik saja, ayah akan selalu kuat untukmu,” sahut ayah dengan lembut. 

4) “Kau lihat langit itu, terlihat gagah, bukan? Seperti itulah ayah, dengan gagahnya ayah akan selalu menjadi ayah yang hebat untukmu.” 

5) “Ayah tak hanya gagah dan hebat, tapi ayah juga istimiwa didalam hatiku,” ucapan penuh girang,ku peluk ayah dengan erat, kutahan tangisku, agar pias rintiahannya tidak terdengar ditelingah ayah, lelaki tua yang kupeluk saat ini tak pernahberhenti memikirkan kebahagianku, seluruh waktunya ia habiskan untukku, sampai ia lupa memaknai arti bahagia untuk dirinya sendiri.

Latar kutipan cerpen tersebut adalah ……

A. Siang hari, diluar Supermarket, haru

B. Siang hari, diluar Supermarket, gembira

C. Sore hari, diluar Supermarket, haru

D. Sore hari, diluar Supermarket, menyedihkan

Jawaban : A


15. Bukti watak tokoh aku peduli di tunjukkan oleh kalimat ………

A. 1

B. 2

C. 3

D 4

Jawaban : B


16. Watak tokoh ayah penyayang digambarkan melalui....

A. Tindakan yang dilalui tokoh 

B. Dialog antar tokoh dalam cerpen 

C. Dijelaskan langsung oleh pengarang 

D. Penjelasan yang didapat dari pengarang

Jawaban : B

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel