Cara Membuat Rombongan Belajar Kurikulum Merdeka di Dapodik

Hallo sobat semuanya pada artikel kali ini admin akan berbagi tutorial mengenai Cara Membuat Rombongan Belajar Kurikulum Merdeka di Dapodik yang benar kepada anda semuanya.

Dapodik versi 2023 mengakomodir program Implementasi Kurikulum Merdeka. Rombongan belajar Kurikulum Merdeka berbeda dengan kurikulum sebelumnya.  Pastikan pada menu Beranda, implementasi kurikulum sekolah sudah tertera menjadi “Merdeka”.

Pada menu sekolah, sub-menu Data Rinci Sekolah, tabulasi Program Pengajaran Dilayani tambahkan program “Merdeka”.

Masuk ke menu Rombongan Belajar, tambah rombongan belajar yang mengimplementasikan kurikulum Merdeka. Catatan: Bagi rombongan belajar yang mengalami perubahan kurikulum dari kurikulum 2013 ke kurikulum Merdeka, harap membuat rombongan belajar baru.

Pada tabulasi pembelajaran Kurikulum Merdeka, terdapat mata pelajaran Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pada matpel ini diisi oleh PTK yang mendapatkan tugas tambahan Koordinator P5.

Catatan: Koordinator P5 memiliki maksimal 6 jam per minggu yang terbagi di 3 rombongan belajar. PTK yang menjabat sebagai Koordinator P5 dapat menambahkan tugas tambahan pada Data Rinci PTK.

Kurikulum Merdeka mewajibkan mengisi data “Pilih Tema P5” pada tabulasi Pembelajaran. Pemilihan tema diisi oleh guru yang bertugas sebagai fasilitator P5. Pemilihan tema sesuai dengan Kepmendikbud 262/M/2022.

Demikianlah informasi mengenai Cara Membuat Rombongan Belajar Kurikulum Merdeka di Dapodik, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel