Soal PKn Kelas 11 : Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia

Hallo sobat semuanya pada artikel kali ini admin akan berbagi Soal PKn Kelas 11 Materi Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia kepada anda semuanya. 

Simak di bawah ini : 

1. Jelaskan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara!

Jawaban : Perdamaian dunia memiliki arti penting bagi suatu negara karena tanpa adanya perdamaian dunia, suatu bangsa tidak akan dapat melaksanakan pembangunan dan mewujudkan tujuannnya. Perdamaian adalah syarat multlak bagi terlaksanannya pembangunan. 

2. Bagaimana keterlibatan bangsa Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia?

Jawaban : Keterlibatan Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia dilakukan 
melalui kerja sama hubungan internasional maupun melalui oraganisasi internasional. Upaya ini dilakukan secara aktif oleh Indonesia karena merupakan salah satu dari tujuan negara Indonesia sebagaimana terdapat dalam alinea 4 Pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945

3. Mengapa bangsa Indonesia harus terlibat dalam upaya untuk mewujudkan perdamaian dunia?

Jawaban : Karena Salah satu tujuan nasional Indonesia sebagaimana tercantum dalam alinea ke-4 Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Salah satu konsekuensi dari tujuan tersebut adalah bangsa Indonesia harus senantiasa berperan serta dalam menciptakan perdamaian dunia. Hal tersebut dikarenakan bangsa Indonesia merupakan bagian dari seluruh umat manusia di dunia sehingga sudah seharusnya bangsa Indonesia berada pada barisan terdepan dalam upaya menciptakan perdamaian dunia

4. Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan suatu negara mengadakan hubungan internasional!

Jawaban : Perlunya kerja sama dalam bentuk hubungan internasional antara lain karena faktor-faktor berikut.

a. Faktor internal, yaitu adanya kekhawatiran terancam kelangsungan hidupnya baik melalui kudeta maupun intervensi dari negara lain.

b. Faktor ekternal, yaitu ketentuan hukum alam yang tidak dapat dipungkiri bahwa suatu negara tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dan kerja sama dengan negara lain. Ketergantungan tersebut terutama dalam upaya memecahkan masalah-masalah ekonomi, politik, hukum, sosial budaya, serta pertahanan dan keamanan.

5. Deskripsikan berbagai bentuk kerja sama yang dilakukan Indonesia dengan negara lain!

Jawaban : Sejak merdeka Indonesia sudah mulai aktif dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia. Hal ini dapat dilihat dari berbagai aktivitas yang dilakukan oleh Negara dalam kegiatan berikut ini;
a. Indonesia menjadi anggota yang ke-60 Perserikatan BangsaBangsa (PBB) pada tanggal 28 September 1950. Meskipun pernah keluar dari keanggotaan PBB pada tanggal 7 Januari 1965 sebagai bentuk protes atas diterimanya Malaysia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, tetapi pada tanggal 28 September 1966, Indonesia masuk kembali menjadi anggota PBB dan tetap sebagai anggota yang ke-60.

b. Memprakarsai penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika (KAA) pada tahun 1955 yang melahirkan semangat dan solidaritas negara-negara Asia-Afrika yang kemudian melahirkan Dasasila Bandung.

c. Keaktifan Indonesia sebagai salah satu pendiri Gerakan NonBlok (GNB) pada tahun 1961. Bahkan, pada tahun 1992 dalam Konferensi Negara-negara Non-Blok yang berlangsung di Jakarta, Indonesia ditunjuk menjadi Ketua GNB. Melalui GNB ini, secara langsung Indonesia telah turut serta meredakan ketegangan perang dingin antara Blok Barat dan Blok Timur

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel