Daftar Tugas Operator Dapodik yang Tak Banyak Diketahui

Semangat Pagi para Operator Dapodik. Tentu sebagai Operator Dapodik anda sudah merasakan bagaimana susah senangnya menjalani pekerjaan mengelola Dapodik Sekolah. Ada yang bahagia-bahagia saja, namun banyak pula yang bersusah-susah ria.

Perlu difahami, keberadaan Operator Dapodik di sebuah sekolah merupakan keniscayaan yang harus ada. Sebab melalui Dapodik semua data sekolah dikirim ke Kemendikbud. Mulai dari Peserta Didik, PTK, BOS, PIP hingga sertifikasi guru semua diambil berdasarkan Dapodik.

Daftar Tugas Operator Dapodik yang Tak Banyak Diketahui
Daftar Tugas Operator Dapodik yang Tak Banyak Diketahui.

Mengingat sangat pentingnya peran Operator Dapodik di sebuah sekolah, harusnya keberadaan operator diperhatikan betul oleh pemimpin sekolah. Sayangnya hal itu belum banyak didapatkan oleh para Operator Dapodik.

Perannya yang berada di “balik layar” sekolah, seakan kurang dianggap penting.  Bahkan kerapkali, karena pekerjaannya selalu di depan Laptop dan online dengan internet banyak guru mengira operator Dapodik kerjanya hanya bermain Media Sosial semata.

Seperti yang diunggah ole akun Facebook bernama Ana Ogi. Beliau mengunggah pertanyaan dari seseorang mengenai tugas dari Operator Dapodik Sekolah. Berikut ini kutipannya:

TANYA: Selamat malam pak, maaf mau bertanya. Sebetulnya yang di kerja Operator itu apa pak? Kok Operator di sekolah saya, kalau saya amati kerjanya tiap hari internetan terus, katanya Chating di WA, Telegram atau FB. Kan lebih baik pak Operator itu kerjakan tugasnya.

Nah pernahkah anda ditanya seperti itu? Tentu pertanyaan tersebut membuat anda kecewa berat. Hal ini wjar mengingar tugas berat seorang Operator Dapodik ternyata belum banyak diketahui oleh PTK. Padahal dalam kegiatannya online setiap saat, para Operator sedang memperjuangkan nasib para PTK tersebut.

Lantas bagaimana jika anda ditanya seperti pertanyaan di atas? Berikut ini jawaban yang perlu anda uraikan:

Tugas Operator Dapodik Sekolah antara lain

1. Menginput Data Dapodik Sekolah

2. Verifikasi dan Validasi Peserta Didik (VerValPD)

3. Verifikasi dan Validasi (VerValPTK)

4. Verifikasi dan Validasi (VerValSP)

5. Menginput data Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) Sekolah

Jika yang bertanya masih belum faham, silahkan bukakan masing-masing tugas tersebut. Supaya dilihat langsung apa yang dikerjakan di setiap tugas Operator Dapodik Sekolah.

Untuk masalah Operator Dapodik yang selalu Online berikut ini jawabannya. Operator memang harus selalu online, karena memang pekerjaannya menuntut seperti itu. Untuk mengisi data di Aplikasi Dapodik, sebetulnya bisa Offline, namun dengan berkembangnya Aplikasi, tidak bisa Offline terus. Harus online, misalnya untuk mengirim data, atau misalnya ingin menarik siswa atau PTK, itu harus Online.

Kalau yang Verval-Verval itu harus Online 100%. Kalau operator sering online atau chating di WA atau Telegram, itu menurut saya bagus pak, bahkan kalau perlu di dukung, karena terkadang operator menemukan problem atau kendala pengisian, salahsatu caranya adalah bertanya di Group-Group Operator, baik di FB, WA atau Telegram. Karena tidak mungkin Operator menemukan kendala pengisian data bertanya dengan orang di sekolah, karena mungkin ngak paham, jadi operatornya "curhat" di beberapa group. Kalau Operator seperti itu, justru bagus, artinya Operator-nya aktif dan tidak mau ketinggalan informasi.

Saran untuk Pemegang Kebijakan di Sekolah

Harus diakui tugas Operator Dapodik saat ini memang sangat berat dan penting sekali bagi kemajuan sekolah. Meski bekerja di balik layar namun merekalah “Jantung” sekolah. Jika mereka tidak ada dapat dikatakan sekolah akan mati. Untuk itu saya memberikan beberapa saran kepada para pemegang kebijakan di masing-masing sekolah, supaya:

1. Selalu memotivasi para Operator Dapodik, beban kerjanya yang sangat berat terkadang membuat semangat menurun

2. Fasilitasi mereka. Dalam tugasnya, operator paling tidak harus difasilitasi Laptop dan modem supaya dalam proses input data bisa dilakukan secara berkelanjutan dan tak ketinggalan informasi

3. Beri dukungan secara moril dan materiil. Beban berat yang dipikul Operator seringkali tak sesuai dengan penghargaan yang diberikan. Maka segeralah beri penghargaan yang baik supaya kinerja mereka semakin baik.

4. Lakukan sosialisasi kepada PTK mengenai tugas Operator Dapodik. Supaya mereka turut serta membantu dan mendukung tugas Operator Dapodik Sekolah


EmoticonEmoticon