Cara Mengisi MoU Kerjasama di Dapodik

Cara Mengisi MoU Kerjasama di Dapodik. Sobat Operator Dapodik, pada Aplikasi Dapodik 2016c terdapat berbagai macam Pembaruan. Salah satunya mengenai nota kesepahaman (MoU) yang khusus untuk Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK.

Permasalahan ini banyak ditemui dan dialami oleh operator dapodik SMK yang sudah mengupdate aplikasi ke versi 2016c. Persoalan yang muncul adalah setiap SMK harus mengisi MoU kerjasama SMK, jika tidak ada maka saat melakukan validasi data akan muncul peringatan Invalid pada data yang intinya bahwa Kompetensi Keahlian atau Jurusan di SMK tersebut Wajib memiliki minimal satu kerjasama (MoU).

Cara Mengisi MoU Kerjasama di Dapodik
Cara Mengisi MoU Kerjasama di Dapodik.

Peringatan Invalid tersebut artinya, anda wajib mengisi data yang diminta. Apabila hal itu tidak dilakukan maka data Dapodik anda tidak bisa disinkronisasi atau hanya sampai pada tahap validasi saja.

Tentu, anda tak ingin hal ini terjadi bukan? Sebab, seandainya data Dapodik tidak bisa di sinkronisasi maka kemungkinan besar berbagai macam program dari pemerintah tak bisa diberikan. Mulai dari BOS, dana PIP sampai dengan dana Sertifikasi Guru yang mengajar di sekolah anda.

Sebuah konsekuensi yang tak diinginkan oleh semua sekolah. Karena akan berdampak besar terhadap kegiatan dan proses pembelajaran di sekolah tersebut yang dapat merugikan semua pihak.

Lantas, apa yang harus dilakukan apabila muncul peringatan pengisian MoU Kerjasama pada setiap Kompetensi Keahlian? Jawabannya adalah segera isi data tersebut, tidak ada cara lain lagi. Mengapa demikian? perlu dipahami bersama, SMK merupakan sekolah formal yang fokus pada pendidikan kejuruan.

Pendidikan di SMK mengutamakan pemberian keterampilan kepada siswa yang disesuaikan dengan progam keahlian. Setiap jurusan atau Program Keahlian harus sesuai dengan kebutuhan dunia usaha. Misalnya, pada Jurusan Teknik Sepeda Motor, siswa di jurusan ini harus memahami betul bagaiman pola pembelajaran dan segala materi terkait dengan jurusan TSM.

Jangan sampai, pembelajaran Mapel Produktif di kelas berbeda dengan apa yang diharapkan Dunia Industri yang bisa mengakibatkan kompetensi para lulusan tidak sesuai dengan kebutuhan pasar. Atas dasar inilah, maka SMK harus memiliki Nota Kesepahaman (MoU) sebagai bagian dari proses pembelajaran siswa agar memiliki kompetensi yang diharapkan Dunia kerja.

Cara Mengisi MoU Kerjasama di Dapodik

Setelah memahami apa yang saya sampaikan di atas, selanjutnya adalah mengisi data MoU Kerjasama SMK dengan Dunia Industri ke dalam Dapodik. Anda perlu memperhatikan langkah-langkah berikut ini supaya data yang diinput benar.

1. Pastikan sudah Memiliki Kerjasama (MoU) dengan Dunia Industri

Seperti yang sudah saya terangkan bahwa SMK adalah pendidikan yang fokus untuk mengasah ketrampilan siswa. Maka wajib menjalin kerjasama dengan perusahan atau industri. Kerjasama tersebut harulah tertulis dalam sebuah kertas dan di sahkan secara resmi. Sebab akan dijadikan sebagai dasar input data di Dapodik. Formatnya harus lengkah, terdapat nomor surat, nama jelas, alamat, isi perjanjian hingga tanda tangan resmi.

Bagaimana dengan SMK yang belum memiliki kerjasama dengan Dunia Industri? Jawabanya satu, segera cari perusahaan untuk bekerjasama. Ini adalah hal wajib yang harus dipenuhi di SMK.

2. Masuklah ke Aplikasi Dapodik

Usai resmi menjalin kerjasama dengan perusahaan langkah selanjutnya adalah menginput data ke dalam Dapodik. Caranya cukup mudah, setelah berhasil Login ke Dapodik, kemudian klik tombol Sekolah yang berada di sebelah kiri.

3. Masuk ke Data Rinci sekolah

Selanjutnya silahkan anda masuk ke dalam Menu data rinci sekolah. Di situ akan ditampilkan beberapa Menu lagi. Tekan panah berwarna putih di sebelah kanan supaya menu tersebut bergeser. Pilih Fitur Relasi Dunia Usaha dan Industri

4. Isi Semua Data Relasi Dunia Usaha dan Industri

Tabel Relasi Dunia Usaha dan Industri harus diisi terlebih dahulu. Selama tabel ini belum terisi maka MoU kerjasama tidak akan bisa diisi. Sebab keduanya saling berhubungan

5. Pilih Fitur MoU Kerjasama dan Isi semua Datanya

Ada beberapa data yang harus anda isi, yaitu Jenis Kerjasama, Dunia Usaha & Industri, Nomor MoU, Judul MoU, Tanggal Mulai dan Selesai kerjasama, hingga Nama Dunia Industri tersebut. Semua data tersebut harus diisi agar dinyatakan valid.

6. Jangan Lupa Pilih Jenis Kerjasama yang benar

Saat Mengisi Data MoU kerjasama anda harus teliti, sebab dI dalam fitur Jenis Kerjasama terdapat berbagai macam pilihan di antaranya adalah, Prakerin Siswa SMK, Prakerin Guru SMK, Pengembangan Teching Factory Kerjasama Kurikulum sampai dengan Kerjasasama Komersial. Pengisian data Jenis Kersama harus disesuaikan dengan MoU yang disepakati Kedua belah pihak.

7. Simpan Data Anda

Setelah semua data dipastikan diinput dan benar, anda harus menyimpannya dengan menekan tombol simpan yang ada di atasnya. Dengan begitu data anda akan tersimpan dan tidak akan hilang.

8. Ulangi semua langkah tersebut hingga semua Program Keahlian memasukkan data MoU kerjasamanya

9. Silahkan Klik Menu Kompetensi Keahlian yang dilayani,

10. Pilih salah satu paket keahlian yang ada

11. Pilih Menu Akreditasi & MoU Kerjasama pada Tabel tersebut

12. Pilih Fitur MoU Kerjasama

13. Pilih Fitur Tambah, Cari data MoU melalui List Box

14. Terakhir Klik Simpan

15. Ulangi Langkah tersebut agar semua jurusan di sekolah anda terisi MoU Kerjasama semua

Catatan Penting!!! Agar benar dalam input data, saat melakukan kerjasama atau MoU dengan perusahaan, pihak sekolah harus secara detail menentukan kerjasama apa yang akan dilakukan. Format kerjasama alangkah baiknya memasukkan berbagai data yang diperlukan di dalam Dapodik.

Sampai di sini, Cara Mengisi MoU Kerjasama di Dapodik mudah buka? Segera isi data tersebut agar validasi Invalid di Dapodik hilang.

4 Responses to "Cara Mengisi MoU Kerjasama di Dapodik"

  1. Untuk alamat kecamatan tidak terdeteksi bagai mana solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gunakan Mozila Firefox pak, sebab menu itu masih bug aplikasi. selengkapnya baca penjelasan ini http://www.panduandapodik.id/2016/12/cara-mengatasi-nama-kecamatan-tak.html

      Hapus
  2. Untuk Bidang Usaha tidak terapat pilihan (Kesehatan) bagaimana solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang banyak yang tidak terdapat pilihan. untuk sementara pilih yang paling mendekati bidang usaha. sepertinya di versi 2017 nanti akan diperbaiki

      Hapus