Cara Input Data Relasi Dunia Usaha & Industri di Dapodik

Cara Input Data Relasi Dunia Usaha & Industri di Dapodik. Sobat Operator Dapodik sudahkah anda sekalian melakukan sinkronisasi data? Apabila belum, segeralah melakukan sinkronisasi sebab batas Cut Off Dapodik untuk pengambilan data BOS pada Triwulan 1 pada Tahun 2017 akan diambil berdasarkan pada data yang dikirim maksimal tanggal 15 Desember 2016.

Jika sampai waktu yang telah ditentukan tidak melakukan sinkronisasi data, maka anda akan mengalami kerugian sendiri. Apa kerugiannya? Yaitu tidak memperoleh dana BOS pada triwulan pertama Tahun 2017. Hal ini bukanlah hal yang mengada-ada, sebab sudah terbukti pada penyaluran dana BOS pada tahun ini. Ada banyak sekolah yang tak memperoleh dana BOS lantaran hingga batas waktu yang ditentukan tak kunjung melakukan sinkronisasi.

 Cara Input Data Relasi Dunia Usaha & Industri di Dapodik

Cara Input Data Relasi Dunia Usaha & Industri di Dapodik.

Untuk bisa sinkronisasi Dapodik, anda harus melengkapi berbagai data yang ada. Jika ada salah satu data utama yang tak diisi atau keliru dalam mengisi sudah bisa dipastikan saat melakukan validasi maka akan muncul keterangan data Invalid. Itu artinya anda harus segera memperbaiki data agar bisa segera sinkronisasi.

Seperti yang anda ketahui, pada Aplikasi Dapodik Terbaru Versi 2016c terdapat berbagai macam Pembaruan. Salah satu Pembaruan penting di dalamnya akan saya bahas pada kesempatan ini. Pembaruan Apakah itu? Pembaruan yang saya maksud adalah kewajiban mengisi Relas Dunia Usaha & Industri Khusus bagi SMK.

Data Relasi Dunia Usaha & Industri di Dapodik memang hanya diperuntukkan bagi SMK saja. Mengapa demikian? sebab SMK adalah pendidikan vokasi yang fokus pada ketrampilan atau keahlian tertentu. Untuk itu sudah seharusnya, SMK perlu memiliki Relasi Dunia Usaha & Industri yang nantinya menjadi Mitra bagi SMK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan lulusannya agar memiliki keahlian yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja.

Pada Aplikasi Dapodik Versi 2016c, Data Data Relasi Dunia Usaha & Industri WAJIB diisi. Sebab data ini berhubungan dengan pengisian Kolom MoU Kerjasama SMK. Apabila kolom Data Relasi Dunia Usaha & Industri belum diisi, maka dapat dipastikan data MoU anda tak bisa diisi.

Jika MoU Kerjasama SMK tidak bisa diisi maka dalam Validasi akan muncul Invalid Data. Sehingga anda tidak bisa melakukan sinkronisasi Dapodik. Tentu anda tidak ingin hal itu terjadi bukan? Untuk itulah silahkan anda baca artikel ini baik-baik sebab pengisian data Data Relasi Dunia Usaha & Industri perlu cara khusus. Banyak dari para operator bahkan gagal mengisi data ini sebab langkah yang diterapkan kurang tepat.


Cara Input Data Relasi Dunia Usaha & Industri di Dapodik

1. Login Ke Dapodik dan Masuk Tabulasi Menu Sekolah

Kolom data Relasi Dunia Usaha & Industri berada dalam Tabulasi Menu Sekolah. Tepatnya dibagian Data Rinci Sekolah yang berada di bawah. Pastikan Dapodik di PC sudah diupdate ke versi terbaru yaitu versi 2016c.

2. Klik Menu Relasi Dunia Usaha & Industri

Untuk Menemukan Menu Relasi Dunia Usaha & Industri, silahkan Klik Panah yang mengarah ke kanan dan Cari data relasi dunia usaha ini. Tepatnya berada di antara Menu Yayasan dan Unit Produksi. Apabila sudah ketemu silahkan klik satu kali.

3. Isi Semua Data yang Diminta

Data yang harus diinput dalam Menu Relasi Dunia Usaha & Industri ada dua macam, yaitu data Wajin dan tidak wajib. Data yang harus anda isi adalah data Wajib. Adapun data yang termasuk kategori ini adalah Nama, Bidang Usaha, Dusun, Desa Kelurahan dan Kecamatan/Kabupaten. Data harus diisi dengan benar dan Valid.

Meski tidak semua data termasuk data wajib, namun saya menganjurkan mengisi semua data yang diminta. Semakin lengkap data yang anda isi, maka semakin baik pula kualitas data Dapodik anda. Untuk mengisi semua data, silahkan anda Klik Kolom Tambah di Menu Relasi Dunia Usaha & Industri.

4. Klik Tombol Simpan

Setelah semua data telah anda isi dengan benar, langkah terakhir adalah Tekan Tombol Simpan. Seperti yang anda ketahui, tombol ini berfungsi untuk menyimpan data yang sudah anda input ke dapodik, sehingga nanti bisa divalidasi.

Ulangi langkah-langkah di atas sampai semua Program Keahlian yang ada di SMK anda memiliki data Relasi Dunia Usaha & Industri di Dapodik. Sampai di sini maka proses telah selesai.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Input Data Relasi Dunia Usaha & Industri

Kendati terlihat mudah, namun nyatanya banyak operator yang gagal menginput data Relasi Dunia Usaha & Industri. Kasus yang banyak terjadi, data yang sudah diinput tidak bisa disimpan sebab data mengenai daerah tempat industri tidak sesuai. Maka dari itu, agar tidak ada kendala perhatikan hal-hal berikut ini.

A. Isi Data Bidang Usaha dengan Benar. Data ini tergolong Wajib diisi, cara mengisinya anda tinggal memilih jenis Bidang Usaha yang ada. Pilih salah satu bidang usaha yang memang menjadi spesialisasi Dunia Usaha & Industri yang menjadi mitra anda.

B. Isi Data Kecamatan/Kabupaten dengan Benar. Data ini juga termasuk Wajib diisi, caranya silahkan ketik nama Kecamatan/Kabupaten tempat Dunia Usaha & Industri yang menjadi mitra anda berada. Tunggu sampai data yang anda ketik muncul. Apabila sudah muncul silahkan klik satu kali.

C. Gunakan Browse Mozila Firefox. Ini sangat penting, sebab jika menggunakan browser lain data kecamatan/kabupten tidak bisa muncul. Saya tidak tahu kenapa hal ini terjadi, tapi nyatanya demikian. setelah saya beralih menggunakan mozila dengan mudah nama kecamatan akan muncul.

Persoalan gagal menyimpan data Relasi Dunia Usaha & Industri biasanya terletak di sini, karena nama kecamatan/Kabupaten tidak muncul, maka gunakanla Mozila saja biar lebih lancar.

Itulah Informasi mengenai Cara Input Data Relasi Dunia Usaha & Industri di Dapodik yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa membantu anda semua untuk segera melakukan sinkronisasi Dapodik sebelum batas Cut Off yang telah ditentukan


4 komentar

Saya masih belum berhasil menentukan lokasi koordinat Relasi Dunia Usaha & Industri dan masih invalid.. Mohon solusinya..

untuk menentukan lokasi koordinat harus konek dg iternet pak

hese euyy.. ngababarikeun.
applikasi dapodik banyak kendala, banyak masalah..
saya koneksi internet dengan akses yg baik, tetap saja error.
mohon untuk IT dapodik, sebelum menuntut sekolah mengisi data dengan benar dan disiplin,
tolong intropeksi dulu applikasinya..

makaasih

setuju. Semoga saja aspirasinya segera mendapat respon dari yang berwenang.


EmoticonEmoticon