Rilis Aplikasi Dapodik 2017

Rilis Aplikasi Dapodik 2017. Sobat operator dapodik memasuki awal Tahun 2017 Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementeria Pendidikan dan Kebudayaan akan kembali memperbarui Aplikasi Dapodik. Pengumuman ini resmi diumumkan melalui website dapodikdasmen.

Berita ini harus menjadi perhatian semua pihak, terutama bagi operator dapodik dan Kepala sekolah SD, SMP, SMA, SMK dan SLB di seluruh Indonesia. Sebab sesuai dengan pengalaman yang ada, setiap rilisnya aplikasi dapodik versi terbaru pasti akan disertai dengan berbagai macam pembaruan. Untuk itu, operator perlu memahami semua pembaruan yang ada.

Rilis Aplikasi Dapodik 2017
Rilis Aplikasi Dapodik 2017.

Adanya kabar Rilis Aplikasi Dapodik 2017, tentu menjadi berita gembira. Diharapkan aplikasi terbaru ini bisa menyempurnakan kekurangan yang ada pada versi sebelumnya, yaitu Aplikasi Dapodik 2016c.  Selain itu, juga diharapkan agar tak ada lagi Bug (kesalahan) aplikasi di dalam dapodik. Sehingga kerja operator bisa berjalan dengan lancar tanpa suatu hambatan.

Seperti diketahui, dalam aplikasi dapodik versi sebelumnya terdapat beberapa bug aplikasi yang sangat mengganggu. Terakhir di versi 2016c, sepengetahuan saya khusus untuk SMK masih terdapat Bug di bagian menu Relasi Dunia Usaha & Industri. Di menu, sekolah wajib mengisi data relasi DUDI secara lengkap, namun pada Kolom kecamatan/kabupaten data tidak bisa muncul. Sehingga pengisian data ini tidak bisa disimpan dan berakhir dengan kegagalan.

Semoga saja, semua persolan yang kesalahan yang ada di aplikasi dapodik versi 2016c bisa diselesaikan melalui Rilis Aplikasi Dapodik 2017. Sesuai dengan pengumuman resmi yang ada Rilis Aplikasi Dapodik 2017 akan dilakukan pada Tanggal 29 Januari 2017. Berarti sekitar 1 bulan lagi dari sekarang.

Kenapa Rilis Aplikasi Dapodik 2017 masih lama? Sebab pada tanggal 16-28 Januari 2017 aplikasi baru memasuki tahap uji coba aplikasi. Pengujian aplikasi dapodik 2017 ini dilakukan secara terbatas. Tujuannya, untuk memastikan bahwa aplikasi terbaru ini benar-benar layak dipergunakan oleh para operator sekolah.

Tim Dapodikdasme pusat ingin memberikan yang terbaik bagi para operator, sehingga tidak ada kesalahan sistem yang bisa mengganggu kerja operator. Mulai dari ketika melakukan proses entri data, pengiriman data dapodik, sampai dengan manajemen Dapodik yang berada di server pusat. Semuanya diharapkan siap ketika resmi dirilis.

Setelah melakukan pengujian terbatas terhadap aplikasi dapodik 2017, diharapkan aplikasi ini dapat dirilis sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Yaitu, pada tanggal 29 Januari 2017. Sebagai operator, kita juga berharap agar apa yang direncanakan tersebut bisa berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Terkait dengan adanya pesiapan untuk memasang infrastruktur server dan pembaruan (Upgrade Database Dapodik) dalam waktu dekat ini Tim Dapodikdasmen pusat hendak melakukan pemeliharaan server dan perbaikan terhadap aplikasi dapodik. Semua ini dilakukan dalam rangka persiapan Rilis Aplikasi Dapodik 2017.

Sehubungan dengan adanya kegiatan tersebut, pihak sekolah baik kepala sekolah dan operator dapodik harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Melakukan Sinkronisasi Dapodik versi 2016c

Bagi operator sekolah yang sampai saat ini masih menggunakan aplikasi dapodik versi 2016b diimbau untuk segera memperbarui aplikasi menjadi versi 2016c. Hal ini wajib dilakukan mengingat bahwa periode semester gasal tahun ajaran 2016/2017 akan berakhir pada akhir desember (31 desember 2016).

Untuk itu, diharapkan para operator dapodik  sekolah segera melakukan sinkronisasi sebelum tiba taggal 31 Desember 2016 hingga pukul 23.59 WIB. Apabila melebihi waktu yang telah ditentukan, maka data tidak akan bisa dikirim.

Informasi mengenai batas sinkronisasi dapodik ini diharapkan bisa disebar kepada para operator sekolah di seluruh Indonesia. Sebab dalam Rilis Aplikasi Dapodik 2017 nanti hanya ada installer tidak ada Updater. Artinya, anda harus memasukkan data prefill terbaru supaya data dapodik terakhir anda bisa diinput kembali secara otomatis.

2. Adanya Pemeliharaan Server

Setelah berakhir masa sinkronisasi aplikasi dapodik versi 2016c, yaitu pada tanggal 31 Desember 2016 pukul 23.59 tim dapodikdasmen pusat akan melakukan pemeliharaan terhadap server dapodik. Kegiatan ini akan dilakukan mulai tanggal 1-15 januari 2017.

Selama proses pemeliharaan server ini, pihak sekolah TIDAK DIIZINKAN melakukan sinkronisasi data Dapodik. Biasanya, secara otomatis akan mengalami kegagalan dan pada informasi terdapat keterangan Koneksi Internet Lambat.

Bagi para operator dapodik sekolah agar memperhatikan kedua hal penting tersebut. Sebab ini berhubungan dengan kualitas data dapodik anda. Serta beragam program pendidikan dari pemerintah pusat. Agar tidak ada kasus keterlambatan sinkronisasi dapodik lagi, diharapkan informasi ini disebarluaskan ke semua pihak.

Semoga saja dengan Rilis Aplikasi Dapodik 2017, proses pendataan terkait dengan dapodik akan semakin baik dan mudah. Semua fitur juga bisa digunakan secara maksimal dan tidak ada lagi Bug Aplikasi. Sembari menunggu Rilis Aplikasi Dapodik 2017 mari kita koreksi validitas data yang ada.

Sumber http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita/ingat-batas-waktu-sinkronisasi-aplikasi-dapodik-2016c-semester-ganjil-2016-2017


Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rilis Aplikasi Dapodik 2017"

Posting Komentar