Uji Kompetensi Keahlian SMK Tahun 2017

Uji Kompetensi Keahlian SMK Tahun 2017. Sahabat pendidikan di seluruh Indonesia, ada kabar terbaru terkait dengan dunia pendidikan khususnya di jenjang Sekolah Menengah Kejuruan. Dalam rilis resminya, Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud mengumumkan terdapat satu jenis ujian/tes baru, yang disebut dengan Uji Kompetensi Keahlian atau disingkat dengan UKK.

UKK ini hanya diperuntukkan bagi SMK saja. Sehingga untuk anda yang berada di SMA atau MA tenang saja. Kendati demikian informasi ini bisa menjadi tambahan pengetahuan yang mungkin saja bisa bermanfaat suatu hari nanti, baik buat pribadi maupun untuk perkembangan dunia pendidikan dalam skala luas.

Uji Kompetensi Keahlian untuk SMK
Uji Kompetensi Keahlian untuk SMK.

Apa itu Uji Kompetensi Keahlian SMK?


Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah salah satu cara pemerintah dalam usahanya untuk mejamin mutu pendidikan di satuan pendidikan khusus Sekolah Menengah Kejuruan. Dalam penjelasan resminya dikatakan ini sebagai bagian intervensi pemerintah, tentu intervensi yang dimaksud memiliki arti positif. Sebab bertujuan menajamin kualitas mutu di lingkungan SMK.

Tujuan Uji Kompetensi Keahlian Tahun 2017


Adanya Uji Kompetensi Keahlian (UKK) mempunyai tujuan utama yaitu untuk mengukur sejauh mana pencapaian kompetensi peserta didik di level tertentu yang sesuaikan dengan kompetensi keahlian yang dipelajari selama proses pembelajaran di SMK.

Artinya yang diujikan di sini adalah yang berkaitan dengan kompetensi masing-masing peserta didik. Misalnya, ada seorang siswa yang masuk dalam Program Keahlian Teknik Sepeda Motor, maka dalam UKK yang diujikan berkaitan dengan segala sesuatu mengenai jurusan Teknik Sepeda Motor yang dipelajari siswa tersebut.

Uji Kompetensi Keahlian terdiri dari dua hal, yaitu Ujian Praktik Kejuruan pada umumnya dilakukan sebelum waktu pelaksanaan Ujian Nasional (UN), serta Ujian Teori Kejuruan yang memang menjadi bagian dari seluruah rangkaian pelaksanaan Ujian Nasional di SMK.

Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian Tahun 2017


Berbeda dengan ujian pada umumnya, dalam  Ujian Praktik Kejuruan bisa diselenggarakan dengan menggunakan standar tertentu yang ditetapkan oleh dunia usaha dan industri, Lembaga (badan) Sertifikasi Profesi dan perangkat uji yang telah dikeluarkan oleh Kemendikbud di berbagai tempat pelaksanaan uji kompetensi.

Maksudnya standar kelulusan Uji Kompetensi Keahlian bisa ditetapkan oleh dunia industri yang bekerjasama dengan SMK. Tentunya, industri ini harus sesuai dengan kompetensi keahlian yang ada di sekolah. Misalanya, pada Kompetensi Keahlian Busa Butik maka yang bisa menetapkan standar adalah perusahaan yang bergerak dalam hal Busana Butik.

Setiap Satuan pendidikan yang akan menyelenggarakan Uji Kompetensi Keahlian harus dinyatakan layak dijadikan sebagai pelaksanaan tempat uji kompetensi oleh koordinator UN pada Tingkat Provinsi atau Lembaga Sertifikasi Profesi tertentu. Jadi tidak semua satuan pendidikan bisa melaksanakan UKK ini.

Perangkat Uji Kompetensi Keahlian Tahun 2017


Segala macam perangkat yang berkaitan dengan ujian praktik yang dikeluarkan oleh Kemendikbud bersifat terbuka. Artinya para siswa yang menjadi peserta ujian ini bisa berlatih dengan menggunakan perangkat UKK yang disediakan sebelum pelaksanaan ujian dimulai.

Adapun perangkat Uji Kompetensi Keahlian terdiri atas 6 hal, yaitu Kisi-kisi Ujian/Soal Teori kejuruan atau KST, Soal Teori Kejuruan atau STK , Kisi-kisi Soal Praktik Kejuruan atau KSP, Soal Praktik Kejuruan atau SPK, Lembar Pedoman Penilaian Soal Praktik atau PPsp dan Instrumen Verifikasi Penyelenggara Ujian Praktik Kejuruan atau InV. Semua perangkat tersebut akan saya bahas satu per satu di bawah ini.

Kisi-kisi Soal/Ujian Teori kejuruan (KST) Tahun 2017


Kisi-kisi soal ujian Teori Kejuruan (KST) adalah sebuah konsep, prosedur, prinsip-prinsip, materi, bahan, dan berbagai hal lain yang harus dikuasai siswa peserta uji kompetensi keahlian dalam melaksanakan pekerjaan pada bidang tertentu. Kisi-kisi ujian Teori kejuruan ini berdifat terbuka untuk umum.

Sesuai dengan namanya, kisi-kisi biasanya berisi tentang konsep atau pedoman pelaksanaan uji kompetensi keahlian. Jadi, para peserta bisa mengetahui bayangan pelaksanaan UKK dari kisi-kisi ini. Sebab dalam pelaksanaan ujian pasti akan mengacu pada kisi-kisi yang telah ditentukan.

Sampai artikel ini saya tulism Kisi-kisi soal ujian Teori Kejuruan belum dirilis oleh Dit PSMK Kemendikbud. Jadi anda semua perlu bersabar sebenatar. Jika sudah diunggah pasti saya akan membagikannya kepada anda sekalian.

Soal Teori Kejuruan (STK) Tahun 2017


Soal Teori Kejuruan atau STK adalah sejumlah soal yang berupa pilihan ganda dengan menggunakan 5 opsi jawaban. Pasti anda tidak asing dengan soal model ini, karena sama dengan soal UN atau UAS yang menggunakan pilihan ganda dengan opsi jawaban a, b, c, d dan e.

Soal Teori Kejuruan terdiri dari dua model ujian, yaitu model Ujian Nasional Berbasis Kertas atau Paper-based Test dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau yang dalam bahasa inggris disebut dengan Computer-based Test.


Kisi-kisi Soal Praktik Kejuruan (KSP) Tahun 2017


Kisi-kisi soal ujian Praktik Kejuruan adalah sebuah kompetensi utama dari Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang wajib dikuasai oleh peserta uji kompetnsi keahlian dalam melaksanakan setiap pekerjaan di bidang tertentu.

Kisi-kisi soa; ujian Praktik kejuruan akan dipergunakan sebagai acuan dalam melakukan pembuatan terhadap perangkat ujian praktik kejuruan yang meliputi Soal Praktik Kejuruan, Lembar Pedoman Penilaian, dan Instrumen Verifikasi.

Soal Praktik Kejuruan (SPK) Tahun 2017


Soal Praktik Kejuruan (SPK) adalah sejumlah soal yang berupa penugasan bagi para peserta uji kompetensi keahlian untuk membuat dan mengerjakan suatu produk/jasa yang sesuai dengan kompetensi kehalian masing-masing.

Lembar Pedoman Penilaian Soal Praktik (PPsp) Tahun 2017


Lembar Pedoman Penilaian Soal Praktik (PPsp) adalah rubrik yang akan dipergunakan untuk melakukan pemberian skor pada setiap komponen penilaian. Lembar penilaian ini akan memuat beberapa hal yaitu komponen penilaian, sub-komponen penilaian, pencapaian kompetensi, serta kriteria penilaian praktik yang dilakukan.

Instrumen Verifikasi Penyelenggara Ujian Praktik Kejuruan (InV) Tahun 2017


Instrumen Verifikasi Penyelenggara Ujian Praktik Kejuruan (InV) adalah datan instrumen yang akan dipergunakan untuk melakukan penilaian terhadap kelayakan satuan pendidikan (sekolah) atau institusi lain. Tujuannya sebagai tempat untuk menyelenggarakan ujian Praktik Kejuruan.

Instrumen Verifikasi Penyelenggara Ujian Praktik Kejuruan (InV) memuat empat standar utama, yaitu standar persyaratan peralatan utama, standar persyaratan peralatan pendukung dan standar persyaratan tempat atau ruang serta memuat berbagai persyaratan penguji yang terdiri atas penguji dari pihak internal dan eksternal.

Nantinya semua perangkat Uji Kompetensi Keahlian tersebut bisa anda dapatkan dengan cara mengunduhnya. Namun, saya ulangi lagi bahwa sampai sekarang semua perangkat itu belum dikeluarkan. Mudah-mudahan informasi meneganai Uji Kompetensi Keahlian SMK Tahun 2017 ini bisa berguna.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Uji Kompetensi Keahlian SMK Tahun 2017"

Suryati Abbas mengatakan...

TERIMAKASIH INFONYA,DITUNGGU INFO SELANJUTNYA...

arif khoirudin mengatakan...

sama-sama. siappp

Nurhasmawati Hamzah mengatakan...

kalau boleh tau tanggal berapa kira2 pelaksanaan UKK dimulai apakah serentak atw tergantung skolah masing2?

arif khoirudin mengatakan...

sampai hari ini belum ada pengumuman resmi, sabar...

Reeval Hadyan Rahagi mengatakan...

Tergantung sekolahnya Bu.. asal sekolahnya udah diverifikasi sbgai tempat untuk pelaksanaan Uji Kompetensi oleh dinas pendidikan dan dinyatakan layak.

kartika natadireja mengatakan...

contoh lembar penilaian nya kek mana ya??

arif khoirudin mengatakan...

nanti lw sudah keluar saya bagikan

Posting Komentar