Pedoman Penyelenggaraan UKK SMK Tahun 2017


Pedoman Penyelenggaraan UKK SMK Tahun 2017 - Selain melaksanakan Ujian Nasional, jenjang Pendidikan SMK juga akan melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) sesuai dengan jurusan yang digeluti oleh peserta didik.

Bagi anda yang belum tahun Ujian Kompetensi Keahlian adalah Ujian Nasional yang terdiri atas Ujian Teori Kejuruan dan Ujian Praktik Kejuruan.

Sehingga nantinya para peserta didik tidak hanya diuji kemampuan kognitif mengenai mapel produktif mereka masing-masing. Namun mereka juga akan di tes praktik sesuai dengan program keahlian setiap siswa.

Baca juga: Uji Kompetensi Keahlian untuk SMK

Supaya pelaksanaan UKK berjalan dengan lancar maka perlulah di susun Pedoman Penyelenggaraan UKK SMK Tahun 2017.

Pedoman ini nantinya menjadi acuan resmi SMK di seluruh Indonesia dalam pelaksanaan UKK. Sehingga diharapkan tidak ada lagi masalah yang dihadapi sekolah ketika hari pelaksanaan telah tiba.

Pedoman Penyelenggaraan UKK SMK Tahun 2017


Mengapa harus Ada UKK?


Untuk mengetahui alas an mengapa harus ada UKK di SMK, mari kita simak Kata Pengantar dari Direktur PSMK dalam Pedoman Penyelenggaraan UKK SMK Tahun 2017 ini.

Pelaksanaan UKK ini berhubungan dengan salah satu dari bagian 8 standar  dalah Standar Nasional Pendidikan yang memiliki tujuan untuk menjamin:

(a) Perencanaan terhadap penilaian peserta didik sesuai dengan kompetensi  yang hendak dicapai dan berdasarkan pada prinsip-prinsip penilaian

(b) Pelaksanaan  penilaian peserta didik dilakukan secara professional, terbuka, edukatif, efektif, efisien, dan disesuaikan dengan konteks sosial budaya yang ada

(c) Pelaporan hasil penilaian peserta didik  yang harus dilakukan secara objektif, informative dan akuntabel.

Sayangnya pada kenyataannya masih terdapat banyak sekali sekolah yang belum memenuhi tujuan penilaian seperti standar yang sudah ditetapkan.

Ujian Nasional khusus bagi peserta didik SMK adalah bagian dari proses penilaian untuk mengukur tingkat ketercapaian tujuan institusional pendidikan.

Ujian Nasional sendiri bukanlah sebuah tujuan akhir dari proses pendidikan. Namun UN merupakan tujuan dari dihasilkannya tamatan yang berkompeten sesuai kebutuhan dunia kerja saat ini.

Ujian nasional bagi kejuruan SMK dilakukan dalam bentuk Uji Kompetensi Keahlian (UKK). Hasil dari Uji Kompetensi Keahlian yang dilakukan oleh peserta didik akan menjadi indikator tingkat ketercapaian standar kompetensi lulusan.

Sedangkan bagi para stakeholder pendidikan, UKK akan dijadikan sebagai informasi atas kompetensi yang dimiliki para calon tenaga kerja.

Maka dari itulah diperlukan sebuah perangkat dan mekanisme untuk memperkuat pengakuan dari pihak stakeholder terhadap kualitas pendidikan di SMK.

Materi uji yang ada pada UKK disusun dengan berdasarkan jenjang kompetensi lulusan SMK pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Kompetensi lulusan SMK yang sesuai dengan KKNI minimal memuat kemampuan melaksanakan pekerjaan secara spesifik, operasional dasar,  dan kualiti kontrol.

Adapun mengenai soal ujian kompetensi keahlian akan dirancang dalam bentuk ujian Teori Kejuruan (tes tertulis yang berupa pilihan ganda) dan Praktik Kejuruan yang berbentuk projek yang dilakukan secara individual.

Teori Kejuruan digunakan untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap landasan pengetahuan yang telah diajarkan selama proses pembelajaran di kelas.

Selain itu, teori Kejuruan juga digunakan untuk menguji tingkat analisis, daya nalar dan penyelesaian masalah dari para peserta didik.

Sedangkan Praktik Kejuruan digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan peserta uji dalam mengerjakan sebuah tugas atau membuat suatu produk sesuai dengan tuntutan standar kompetensi yang berlaku.

Pedoman Penyelenggaraan UKK SMK Tahun 2017 ini diharapkan bisa menjadi acuan umum bagi para pihak yang terlibat dalam Penyelenggaraan Uji Kompetensi Keahlian pada Ujian Nasional SMK tahun pelajaran 2016/2017.

Isi Pedoman Penyelenggaraan UKK SMK Tahun 2017


Adapun isi Pedoman Penyelenggaraan UKK SMK Tahun 2017 meliputi berbagai hal. Mulai dari pengertian dasar hingga proses pelaksanaan UKK pada tahun ini.

Buku Pedoman  ini memuat berbagai informasi penting yang meliputi:

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

I. PENGERTIAN DAN PETUNJUK UMUM

II. ACUAN NORMATIF

III. TUJUAN

IV. SASARAN

V. PERANGKAT UJI KOMPETENSI KEAHLIAN

VI. PENGGANDAAN DAN PENGIRIMAN

VII. JENIS UJI KOMPETENSI KEAHLIAN

VIII. MEKANISME PELAKSANAAN UKK

A. Verifikasi Tempat Penyelenggaraan Ujian Praktik Kejuruan

B. Uji Kompetensi bersama Dunia Usaha/Dunia Industri atau Institusi Pasangan

C. Uji Kompetensi dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-P1, P2, dan P3)

D. Penguji

IX. PELAKSANAAN UJIAN PRAKTIK KEJURUAN

A. Pelaksanaan Ujian Praktik Kejuruan

B. Penilaian dan Penskoran Ujian Praktik Kejuruan

X. PELAKSANAAN UJIAN TEORI KEJURUAN

XI. PENGUMPULAN DAN PENSKORAN HASIL UJIAN TEORI KEJURUAN

A. Pengumpulan Hasil Ujian Berbasis Kertas

B. Pemindaian LJUN dan Penskoran Nilai

C. Perhitungan Dan Pengiriman Nilai

XII. KRITERIA KELULUSAN DAN PENGUMUMAN KELULUSAN

XIII. PENERBITAN SERTIFIKAT KOMPETENSI

XIV. PEMANTAUAN PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI KEAHLIAN

XV. BIAYA PENYELENGGARAAN UJI KOMPETENSI KEAHLIAN

Daftar Nama dan Kode Kompetensi Keahlian SMK Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017

Tanggal Penting Pelaksanaan UN SMK Tahun 2016/2017

Download Pedoman Penyelenggaraan UKK SMK Tahun 2017


Untuk mendapatkan buku Pedoman Penyelenggaraan UKK SMK Tahun 2017 ini silahkan anda kunjung link Google Drive berikut: https://drive.google.com/file/d/0B_IXI3YZt3FjU3NkT2Q0cnZxcm8/view

Jika tidak bisa mengunduhnya, anda tak perlu khawatir. Sebab saya akan mengulasnya satu per satu sampai habis. Supaya kawan-kawan semuanya dapat memahami isi buku panduan in secara lengkap.

Namun perlu diketahui bahwa Pedoman Penyelenggaraan UKK SMK Tahun 2017 sampai sekarang masih berstatus draft. Itu artinya masih dalam tahap finalisasi dan kemungkinan masih akan dilakukan proses editing.

Kendati demikian, materi yang disampaikan pada buku ini, saya rasa tidak akan jauh berbeda. Sehingga sangat penting sekali untuk anda pelajari sejak awal.

Penutup


Uji Kompetensi Keahlian (UKK) ini hanya diperuntukkan bagi jenjang Sekolah Menengah Kejuruan. Hal ini dikarenakan SMK memang berfokus pada pendidikan vokasi peserta didik.

Dengan adanya UKK ini, maka kemampuan peserta didik dalam hal teori dan Pratik mengenai kkompetensi keahliannya masing-masing dapat diketahui. Sehingga selepas lulus, mereka akan mampu bersaing dan menyesuaikan dengan kebutuhan kerja.

Supaya pelaksanaan UKK di seluruh SMK bisa berjalan dengan lancar, maka dibuatlah buku Pedoman Penyelenggaraan UKK SMK Tahun 2017.

Tujuan pembuatan buku ini adalah untuk menjadi pegangan bagi semua SMK ketika melaksanakan UKK di sekolah masing-masing.

Dengan ada panduan yang jelas mengenai UKK mulai dari tahap awal sampai akhir, diharapkan pelaksanaan ujian ini bisa berlangsung secara lancar tanpa ada suatu halangan apapun.


Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pedoman Penyelenggaraan UKK SMK Tahun 2017"

Posting Komentar