Cara Mudah Cek Data Peserta Sertifikasi Guru Terbaru Tahun 2017


Sahabat Guru, pada bulan Maret ini pengumuman mengenai peserta Sertifikasi Guru Tahun 2017 sudah dikeluarkan.

Maka dari itulah dalam kesempatan kali saya akan membagikan informasi tentang Cara Mudah Cek Data Peserta Sertifikasi Guru Terbaru Tahun 2017.

Ini sangat penting sekali supaya anda semua bisa mengetahui apakah pada tahun ini sudah masuk dalam kategori guru yang sudah di sertifikasi atau belum.

Semuanya pasti berharap agar bisa segera bisa disertifikasi. Dengan begitu dia akan bisa memperoleh Tunjangan Profesi Guru yang selama ini diidam-idamkan.

Hal ini sangat wajar sekali mengingat sampai sekarang, masalah kesejahteraan guru masih cukup memprihatinkan.

Cara Mudah Cek Data Peserta Sertifikasi Guru Terbaru Tahun 2017


Banyak dari para guru yang harus mengajar dengan imbalan/gaji yang jauh dari kata cukup. Untuk itulah mereka sangat berharap bisa memperoleh tunjangan profesi.

Kembali lagi pada judul artikel. Berdasarkan dari Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) yang bernomor 296/M/KPT/2016  yang membahas tentang Penetapan Perguruan Tinggi Penyelenggara Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan Melalui Program Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), untuk Cara Mudah Cek Data Peserta Sertifikasi Guru Terbaru Tahun 2017 adalah sebagai berikut:

  1. Masuklah ke website Informasi Sertifikasi Guru yang bisa anda lihat pada link berikut ini http://kemdiknas.swin.net.id/pub/index.php?pg=home
  2. Di daam Menu Home silahkan anda klik pada tautan yang berjudul Pilih Daftar Peserta atau Calon Peserta. (Lokasinya berada di bawah)
  3. Setelah itu anda akan di bawa ke daam Menu Pilih Daftar Peserta atau Calon Peserta. Untuk mengecek data anda, silahkan masukkan NUPTK secara benar dan lengkap. Ingat jumlah angka dalam NUPTK itu ada 16 digit. Masukkanlah semua digit dengan benar jangan sampai ada yang salah. (Bisa anda lihat pada gambar di atas)
  4. Sesudah anda memasukkan data NUPTK secara benar kemudian klik ikon search logo lup yang berada di samping kanannya. Lihatlah hasil yang dimunculkan dalam data tersebut.
Nah sangat mudah sekali bukan? Kuncinya adalah pada NUPTK. Jika anda memasukkan datanya dengan benar maka data akan keluar.

Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2017


Untuk penetapan peserta sertifikasi guru Tahun 2017 akan menggunakan hasil verifikasi dari calon peserta pada tahun 2016. Calon peserta sertifikasi ini akan dibagi menjadi dua kelompok yaitu:

  1. Calon peserta sertifikasi guru dengan status verifikasinya tahun 2016 adalah telah disetujui A1, diambil sesuai dengan kuota. Selanjutnya status verifikasi sekarang bagi guru yang berada kelompok ini disebut peserta.
  2. Peserta tidak lulus Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) dengan status akhir selain TL (tidak lulus) dan GTA (gugur tanpa alasan). Status verifikasi sekarang guru yang berada di dalam kelompok ini disebut calon peserta.

Khusus bagi kelompok status verifikasi peserta, diharap segera memastikan berkas yang masih lengkap di LPMP.

Sedangkan bagi mereka kelompok status verifikasi silahkan calon peserta untuk melengkapi ulang berbagai berkas dokumen untuk sertifikasi ke Dinas Pendidikan yang berada Kabupaten/Kota masingmasing dan Dinas Propinsi bagi guru pada jenjang Pendidikan Menengah (Dikmen) seperti SMA/SMK sederajat.

Sertifikasi Bagi Guru yang Diangkat sebelum Tahun 2016


Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 29 Tahun 2016 yang membahas tentang Sertifikasi Bagi Guru yang Diangkat sebelum Tahun 2016 ada beberapa ketentuan khusus bagi guru yang masuk dalam kategori ini.

Pada  Pasal 6 ayat (5)  Permendikbud tersebut dijelaskan bahwa Bagi para Guru yang dinyatakan lulus Uji Kompetensi Guru (UKG) pada akhir PLPG Jika ia telah memperoleh nilai paling rendah 80”

Adapun ketentuan tersebut ialah:

  • Guru bersangkutan telah terdaftar dalam DAPODIK
  • Guru terkait sudah memenuhi semua syarat adminsitrasi
  • Skor UKG minimal adalah 55 (bagi para guru yang diangkat mulai dari tahun 2006)


Demikianlah informasi mengenai Cara Mudah Cek Data Peserta Sertifikasi Guru Terbaru Tahun 2017 yang bisa saya sampaikan kepada anda sekalian.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Cek Data Peserta Sertifikasi Guru Terbaru Tahun 2017"

Posting Komentar