Aturan Terbaru Jumlah Responden Aplikasi PMP Versi 2017

Aturan Terbaru Jumlah Responden Aplikasi PMP Versi 2017 -  Seperti yang telah diumumkan secara resmi dalam websiten Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan yang beralamat di pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id bahwa untuk input dan pengiriman data kuesioner Aplikasi PMP 2016 sudah ditutup sejak tanggal 02 mei 2017 lalu.

Adapun proses input dan pengiriman data PMP akan kembali dibuka setelah keluarnya Rilis Aplikasi PMP 2017 (silahkan anda buka link tersebut untuk mengetahui detail informasinya.

Maka dari itu, silahkan anda persiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin agar dalam proses input data bisa berlangsung dengan baik dan lancar.

Aturan Terbaru Jumlah Responden Aplikasi PMP Versi 2017


Mudah-mudahan dengan adanya rilisnya aplikasi PMP versi terbaru 2017, tidak akan ada lagi hambatan teknis yang ditemui, baik dalam hal pengisian data kuesioner, infrastruktur penunjang hingga proses pengiriman data. 

Seperti yang diketahui, dalam Aplikasi PMP sebelumnya, proses pengiriman data menjadi hambatan yang tidak kunjung bisa diselesaikan. Masalahnya data tidak bisa dikirim padahal koneksi internet sangat bagus sekali. Semoga saja semua persoalan itu bisa terselesaikan. amiin

Pembaruan Aplikasi PMP Versi 2017


Setiap ada rilis aplikasi terbaru, hal utama yang perlu diketahui adalah daftar pembaruan yang terdapat di dalamnya. Kira-kira apakah ada perbedaan yang signifikan di Aplikasi PMP Versi 2017 dengan aplikasi versi sebelumnya? 

Jelas ada perbedaan. Namun perbedaan yang paling menonol berada pada jumlah responden yang harus mengisi kuesioner PMP.

Jika dalam Aplikasi PMP versi sebelumnya, jumlah peserta didik yang menjadi responden wajib adalah 10 orang untuk setiap kelas, maka dalam Aplikasi PMP Versi 2017 jumlah responden peserta didik yang wajib mengisi kuesioner hanya 5 anak dalam setiap kelas. 

Lalu bagaimana dengan responden lain?

Sesuai dengan Draf Perangkat Instrumen Pemetaan PMP Versi 2017, jumlah responden  yang wajib mengisi instrument kuesioner PMP adalah sebagai berikut:
  • Kepala sekolah 
  • Guru/Perwakilan dari Guru,  dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Minimal 1 orang guru per tingkat kelas untuk jenjang pendidikan SD 
  2. Minimal 1 orang guru mapel Pendidikan Agama dan Guru Mapel pendidikan jasmani dan kesehatan  jenjang pendidikan pada SD 
  3. Minimum 1 orang guru per mata pelajaran (Mapel) untuk jenjang pendidikan SMP/SMA/SMK 
  4. Total seluruh perwakilan guru minimal adalah 8 - 10 guru

  • Peserta didik, dengan ketentuan sebagai berikut: 
  1. Minimal 5 peserta didik per tingkat kelas (khusus peserta didik jenjang pendidikan SD hanya untuk kelas 4 – 6). 
  2. Total perwakilan responden peserta didik minimal minimal adalah 15 siswa untuk tiap sekolah. 

  • Responden dari Perwakilan komite sekolah, dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Minimal 1 orang dari perwakilan pimpinan komite sekolah
  2. Minimal 2 orang dari perwakilan orang tua peserta didik

  • Responden Pengawas yang bertugas menjadi pengawas pembina/manajerial sekolah terkait 

Itu adalah data pembaruan pada aplikasi PMP Versi 2017 yang berhubungan dengan jumlah responden yang harus mengisi kuesioner.

Adakah pembaruan lain?

Ada. Pembaruan lainnya berada pada Instrumen kuesioner. Di mana instrumen yang dipakai untuk menilai mutu sebuah sekolah mengalami perubahan dan penyempurnaan.

Salah satunya, terdapat penambahan pertanyaan yang berhubungan dengan Standar Sarana dan Prasarasana Sekolah. Semua itu masuk dalam Indikator Penyusunan Instrumen PMP 2017.

Adapun bagan Indikator Penyusunan Instrumen PMP Versi 2017 bisa anda lihat pada gambar di bawah ini:

Aturan Terbaru Jumlah Responden Aplikasi PMP Versi 2017


Sahabat dikbud sekalian, dalam postingan kali ini saya belum bisa membagikan pedoman penggunaan maupun Aplikasi PMP Versi 2017 kepada anda semua. Sebab, sampai dengan saat ini Aplikasi PMP Versi terbaru itu masih dalam tahap diujicobakan pada  aplikasi pmp_2.0.rc2.002. 

Aplikasi PMP ini masih bersifat beta, maka dari itu belum bisa disebarluaskan kepada semua. Setelah aplikasi siap dirilis, pasti nanti akan diumumkan secara resmi melalui website PMP di alamat http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. 

Oh iya, sekedar mengingatkan saja bahwa untuk pengumpulan data dan informasi melalui Aplikasi PMP Versi 2017 diharapkan semua selesai selama kurang lebih 4 bulan dimulai dari Bulan Juni sampai dengan September 2017.

Secara teknis tidak ada yang berbeda jauh mengenai penggunaan Aplikasi PMP Versi 2017. Namun setelah aplikasi ini resmi dirilis, lebih baik anda membaca pedomannya terlebih dahulu.

Sekian informasi mengenai Aturan Terbaru Jumlah Responden Aplikasi PMP Versi 2017 yang dapat saya sampaikan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel