Cara Entri Nilai Mapel Agama Bila dalam 1 Rombel Ada 2 Mapel Agama


Ada sebuah pertanyaan dari para operator dapodik yang sampai saat ini masih belum banyak orang mengetahui jawabannya.

Pertanyaan tersebut ialah Bagaimana Cara Mengisi Nilai Rapor, US/USBN Mapel Agama Bila dalam 1 Rombel terdapat 2 Mapel Agama?

Cara Entri Nilai Mapel Agama Bila dalam 1 Rombel Ada 2 Mapel Agama


Misalnya di dalam sebuah rombongan belajar, terdapat peserta didik yang berbeda agama, contohnya saja Islam dan Kristen atau Budha dan Konghuchu dan lain sebagainya.

Seperti yang kita ketahui, di Indonesia mengakui beberapa agama. Kesemua agama tersebut juga masuk di dalam sistem pendidikan nasional kita.

Semua siswa mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang layak, tanpa membeda-bedakan agama atau keyakinan mereka.

Untuk keperluan administratif, keyakinan atau agama para peserta didik juga di dalam Aplikasi Dapodikdasmen. Tentu anda para operator sudah faham dengan hal ini. Sebab di dalam kolom data siswa juga terdapat keterangan Agama.

Di Aplikasi Dapodikdasmen terdapat 6 Pendidikan Agama, yaitu Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Agama Kristen, Pendidikan Agama Katholik, Pendidikan Agama Hindu, Pendidikan Agama Buddha Pendidikan Agama Konghuchu dan Pendidikan Kepercayaan terhadap Tuhan YME.

Kesemua jenis pendidikan tersebut diperuntukkan guna mengakomodir agama para peserta didik yang beragam.

Hal ini biasanya banyak terdapat di sekolah-sekolah negeri. Di mana keyakinan para peserta didiknya sangat heterogen.

Tentu, data agama ini harus disesuaikan dengan agama para peserta didik. Apabila dia Islam maka diisi Pendidikan Agama Islam. Apabila dia beragama Katholik maka harus diisi dengan Pendidikan Agama Katholik dan seterusnya.

Bagaimana jika dalam 1 rombel terdapat 2 agama peserta didik yang berbeda?

Ya tetap harus diisi sesuai dengan agama peserta didik masing-masing. Pada intinya semua data harus riil apa adanya.

Baca juga: Panduan Entri Nilai Rapor untuk Kurikulum KTSP 

Lalu bagaimana cara entri nilai jika terdapat kondisi demikian? apakah hanya perlu diinputkan salah satu mapel agama saja? Ataukah kedua-duanya harus diinputkan?

Jika kedua-duanya harus diinputkan, lantas bagaimana urutannya? Namun jika hanya satu mapel saja, siapa guru yang harus menginputnya?

Nah untuk menjawab berbagai pertanyaan tersebut, silahkan anda baca penjelasan berikut ini:

Cara Entri Nilai Mapel Agama Bila dalam 1 Rombel Ada 2 Mapel Agama

Memang perlu diakui, semenjak adanya penambahan fitur Nilai di Aplikasi Dapodikdasmen banyak berbagai pertanyaan yang muncul. Salah satunya seperti yang sedang kita bahas saat ini.

Sampai sekarang, memang belum ada penjelasan secara resmi mengenai hal ini. Namun dari hasil uji coba dan diskusi dari temang-teman operator dapat ditarik kesimpulan berikut ini:


  • Ketika ada 2 Mapel agama di dalam 1 Rombel, maka di dalam entrian nilai nama mapelnya diubah menjadi Pendidikan Agama saja, tanpa ada tambahan Islam. Kristen, Katholik, Hindhu, Budha, Konghuchu dan Kepercayaan
  • Pengubahan nama mapel menjadi Pendidikan Agama saja itu disesuaikan dengan blangko ijazah yang hanya terdapat Mapel Pendidikan Agama semata. Lihat pada gambar di bawah ini. 
Cara Entri Nilai Mapel Agama Bila dalam 1 Rombel Ada 2 Mapel Agama


  • Untuk mengubah nama mapel menjadi Pendidikan Agama saja, caranya adalah Klik mapel agama tersebut, klik ubah, setelah diubah kemudian Simpan
  • Kendati nanti guru mapel yang tercantum di aplikasi adalah guru mapel agama islam saja mislanya, ia juga dapat mengentri nilai peserta didik yang beragama lain. Sebab secara otomatis semua peserta didik akan masuk ke dalam Mapel Pendidikan Agama
  • Untuk nilai peserta didik yang beragama lain, silahkan berkonsultasi dengan guru mapel agama tersebut. Sehingga diperoleh nilai yang benar-benar valid.
  • Selesai. 

Pada intinya solusi yang bisa kami berikan adalah mengubah nama Mapel Pendidikan Agama yang spesifik menjadi Pendidikan Agama saja.

Hal ini disesuaikan dengan nama mapel agama yang tertera di dalam blangko ijazah peserta didik.
Memang alangkah lebih baiknya, menurut saya agar Pendidikan Agama ini secara spesifik dicantumkan ke dalam entrian nilai. Baik itu untuk rapor, US/USBN.

Semoga saja hal ini segera mendapat respon dan keterangan yang jelas dari para pemangku kebijakan.

Demikianlah informasi mengenai Cara Entri Nilai Mapel Agama Bila dalam 1 Rombel Ada 2 Mapel Agama yang dapat kami sampaikan kepada anda semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel