Cara Mengambil Data dari Dapodik ke Aplikasi MPD

Pada artikel sebelumnya saya telah membagikan informasi kepada andasemuanya mengenai Cara Installasi Aplikas MPD di Laptop/PC beserta updaternya.

Selanjutnya, kini saya akan memebrikan informasi lanjutannya mengenai Cara Mengambil Data dari Dapodik ke Aplikasi MPD.

Tahap ini bisa dikatakan sebagai sinkronisasi awal dari dapodik ke MPD. Fungsinya supaya berbagai data yang terdapat di Aplikasi Dapodik yang sudah diisikan dengan benar bisa secara otomatis masuk ke dalam Aplikasi MPD. Sehingga anda tidak perlu susah payah menginput ulang semua data.

Cara Mengambil Data dari Dapodik ke Aplikasi MPD


Sungguh sangat lelah sekali jika kita harus menginput semua data sepert yang di dapodik ke Aplikasi MPD. Maka dari itu, ada sebuah fitur yang sengaja dibuat agar bisa secara otomatis mengambil data aplikasi dapodik secara cepat dan tepat.

Dengan menggunakan cara ini, cukup waktu sekitar 2 menit saja maka semua data dapodik bisa masuk ke Aplikasi MPD.

Apakah memang bisa? Ya bisa, sebab Aplikasi MPD memang dibuat terintegrasi dengan Aplikasi Dapodik. Sehingga keduanya memang saling terhubung.

Bagaimakah caranya? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Cara Mengambil Data dari Dapodik ke Aplikasi MPD 


Oke saya akan membuat tutorialnya di sini. Ikuti semua petunjuk yang saya sampaikan agar proses sinkronisasi berjalan lancar ya. Ayo kita mula:

  • Klik 2 kali pada ikon Aplikasi MPD yang berada di dekstop PC/Laptop anda, tunggu sampai halaman login muncul
  • Silahkan Login sebagai admin. Ingat ya, sebagai ADMIN jangan yang lain. Caranya ialah pada kolom Username diisi dengan “admin”, Password juga diisi “admin”, setelah itu Pilih Level User sebagai “Admin” (Tang petik jangan ikutan di masukkan ya kawan)
  • Setelah semua terisi, Klik Tombol “Masuk” yang berada di bawah
  • Kemudian anda akan di bawa masuk menuju ke laman awal Aplikasi MPD (Home). Di sini selanjutnya kita akan melaukan pengambilan data dari Dapodik
  • Caranya, Klik Menu “Ambil Data Dapodik” yang berada di sebelah kiri. Lokasinya berada di bawah Menu Password dan di Atas Menu Data User. (Cari baik-baik sampai ketemu, jangan sampai salah lho)
  • Sesudah anda klik, maka akan muncul laman “Data Referensi Dapodik”, yang terdiri dari 9 data meliputi Data Sekolah, Data Semester, Data Peminatan/Jurusan, Data Mata Pelajaran, Data guru, Data Siswa, Data Rombel/Kelas, Data Anggota Rombel dan Data Pebelajaran
  • Selanjutnya kita harus melakukan sinkronisasi pada 9 data referensi dapodik tersebut
  • Untuk melakukan sinkronisasi data referensi dapodik, bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu Satu Per Satu atau dengan cara sekaligus. Jika ingin melakukan sinkronisasi satu per satu maka silahkan klik tombol “Sinkronisasi Data Sekolah” yang berada di bawahnya pada masing-masing data. Tapi jika ingin semuanya langsung otomatis melakukan sinkronisasi, silahkan Klik Tombol “Sinkron Semua Data” yang berwarna merah dan terletak di samping kanan atas dari kesembilan data referensi dapodik. (Gunakan cara yang kedua saja biar prosesnya lebih cepat)
  • Tunggu sampai proses pengambilan data dari dapodik ke Aplikasi MPD Selesai. (Lihat Gambar di atas)
  • Jika proses pengambilan data selesai, maka warna Data Referensi Dapodik akan berubah, yang awalnya semuanya merah kemudian akan berubah menjadi warna-warni seperti gambar yang ada  di bawah ini:
Cara Mengambil Data dari Dapodik ke Aplikasi MPD



  • Selesai


Silahkan dipraktekkan ya kawan. Jika ada masih kendala silahkan tulis pertanyaanmu di kolom komentar yang ada di bawah.

Sekian informasi mengena Cara Mengambil Data dari Dapodik ke Aplikasi MPD yang bisa kami sapaikan semoga bisa membantu.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Mengambil Data dari Dapodik ke Aplikasi MPD"

  1. kalo ada data yg tertinggal(di dapodik) ndak ikt terbaca di MPD cara mengatasinya gimana ya gan?

    BalasHapus