https://apps.bkn.go.id/ProfilPns/ Alamat Cara Cek NIP & Pangkat PNS Terbaru


Jika anda seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau yang sekarang lebih sering disebut dengan Aparatur Sipil Negara (ASN), keberadaan Nomor Induk Pegawai (NIP) menjadi sangat penting.

NIP ini menjadi identitas resmi seseorang yang menandakan telah benar-benar seorang PNS/ASN.

Data NIP PNS/ASN, harus valid sesuai dengan identitas pemiliknya. Jangan sampai, antara data yang berada dalam NIP berbeda dengan di akta kelahiran.

Cara Cek NIP & Pangkat PNS Terbaru


Maka dari itu, silahkan segera dicek validitas data NIP anda. Sudah sesuaikah dengan data yang seharusnya.

Dari sini pasti muncul pertanyaan, Bagaimana caranya mengecek kesesuaian data yang tertera dalam NIP dengan Nama, Tempat, Tanggal Lahir dan Unit kerja Para PNS/ASN?

Lantas Bagaimanakah caranya untuk mengecek NIP dan cara mengecek Profil dari para PNS?

Perlu diketahui bersama, bahwa pihak BKN pusat telah mempunyai sarana dan prasaran yang mengakomodir kebutuhan untuk melakukan pengecekan kesesuaian antara data NIP dengan dengan Nama, Tempat Tanggal Lahir, Pangkat dan unit kerja dari para PNS/ASN terkait.

Artikel Terkait: Aturan Jabatan Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya

Sebenarnya, untuk melakukan pengecekan terhadap NIP dan juga cara mengecek data Profil PNS/ASN sekarang ini sangat mudah sekali. Anda cukup membuka laman baru (website) untuk melaukan pengecekan terhadap profil PNS.

Website tersebut ialah beralamat https://apps.bkn.go.id/ProfilPns/

Apakah anda semua ingin mengetahui dan mengecek kesesuaian data yang tertera dalam NIP dengan Nama, Tempat, Tanggal Lahir dan Unit kerja anda?

Jika saya boleh menyarankan, alangkah baiknya bapak/ibu sesekali mengecek kesesuaian data yang tertera dalam NIP dengan Nama, Tempat, Tanggal Lahir dan Unit kerja anda.

Terutama bagi anda yang baru diangkat sebagai  PNS/ASN. Mengapa demikian?

Pengecekan kesesuaian data NIP dan identitas ini bertujuan untuk meastikan bahwa semua data anda di BKN semuanya telah benar-benar valid.

Sebab apabila ada data yang berbeda, dan itu terus saja anda biarkan suatu saat bisa merugikan diri sendiri. Sebab bisa berpengaruh terhadap pemberian gaji dan aneka tunjangan lain.

Sejak tahun 2011 yang lahu,  Cara mengecek NIP atau Cara mengecek Profil PNS/ASN bisa juga digunakan untuk mengecek SK Kenaikan Pangkat yang telah diajukan kepada pihak BKN.

Ingat ya, yang bica dicek ialah SK untuk Kenaikan Pangkat bukannya Hasil Penetapan PAK. Pada umumnya, jika SK Kenaikan Pangkat telah diterbitkan sekalipun SK itu belum juga diterima oleh si pemiliknya, Pangkat dan golongan sudah akan menyesuaikan dengan pangkat dan golongan yang terbaru.

Maka dari itu, apabila dalam proses pengecekan ditemukan adanya ketidaksesuaian data misalnya saja Nama, Tempat, Tanggal Lahir, Pangkat golongan dan juga Unit Kerja, Bapak/Ibu akan diminta untuk sesegera mungkin memperbaikin data yang tida sesuai itu dengan menghubungi langsung ke kantor BKD di kabupaten/kota/propinsi di mana anda berada.

Untuk lebih jelasnya di bawah ini adalah contoh hasil dari pengecekan NIP dan juga Pangkat atau Cara mengecek Profil PNS di Website terbaru Profil PNS yang beralamat https://apps.bkn.go.id/ProfilPns/

Cara Cek NIP & Pangkat PNS Terbaru


Lantas, bagaimanakah caranya untuk mengecek NIP atau Cara Cek Profil PNS? 

Caranya sebenarnya sangat mudah sekali, cukup beberapa langkah maka data anda akan keluar:
  • Buka Browser
  • Masukkan alamat https://apps.bkn.go.id/ProfilPns/ di jendela browser anda
  • Lalu masukan  data NIP yang berlaku (harus lengkap ya)
  • KLIK CARI, maka data anda akan keluar.

Jika anda ingin mencoba untuk mengecek NIP/Profil PNS silahkan kunjungi website https://apps.bkn.go.id/ProfilPns/

Sekian informasi mengenai https://apps.bkn.go.id/ProfilPns/ Alamat Cara Cek NIP & Pangkat PNS Terbaru yang dapat kami sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "https://apps.bkn.go.id/ProfilPns/ Alamat Cara Cek NIP & Pangkat PNS Terbaru"

  1. salam, maaf saya mau bertanya. Apakah CPNS juga memiliki NIP ? Jika benar bagaimana cara cek NIP CPNS .. Terima Kasih

    BalasHapus
  2. kenapa ga bisa d akses lgi ya situs buat check nip ny?

    BalasHapus
  3. Maaf pak / buk.Kenapa sekarang sulit mengecek profil pns, biasanya gampang

    BalasHapus