Cara Menggunakan Fitur Forum Guru Pembelajar


Cara Menggunakan Fitur Forum Guru Pembelajar. Forum adalah salah satu aktivitas inti dalam sebuah sesi GP Moda Daring. Forum ini disediakan sebagai sarana melakukan diskusi antar peserta guru pembelajar. Bahkan dengan para mentor dan pengampu sebagai fasilitatornya sehingga terbangung relasi yang baik antar mereka.

Di dalam fitur Forum para peserta bisa menjawab berbagau pertanyaan, mengungkapkan beragam pendapatnya, dan berbagi pengalaman yang dialami kepada peserta lain, Sehingga dari proses tersebut diharapkan akan terbentuk sebuah pemahaman yang menyeluruh (konstruktivisme).

Cara Menggunakan Fitur Forum Guru Pembelajar
Cara Menggunakan Fitur Forum Guru Pembelajar.

Tema yang dibahas pada tiap forum sudah ditentukan sebelumnya yang berupa beberapa pertanyaan. Nantinya para peserta diwajibkan melakukan kegiatan diskusi sesuai dengan tema dan pertanyaan yang disampaikan dalam forum.

Para peserta juga wajib memberikan berbagau tanggapan atas jawaban dari peserta lain. Isi komentar dari tanggapan tersebut haruslah berisi komentar yang positif jangan punya niat untuk menjatuhkan. Tanggapan juga harus fokus terhadap masalah yang sedang dibahas dengan memberi solusinya. Alhasil tujuan akhir dari kegiatan diskusi melalui fitur forum ini dapat tercapai, yaitu terjadinya pertukaran ide, wawasan serta pengalaman antar peserta GP Moda Daring.

Pada aktivitas Guru Pembelajar Daring ini ada dua jenis forum yang bisa anda digunakan yaitu:

1.  Forum Umum adalah forum yang dipergunakan untuk melakukan kegiatan diskusi teknis teknis dan akademis umum pada kursus yang sedang diambil oleh peserta GP Moda Daring

2. Forum Sesi adalah forum yang dipergunakan untuk melakukan kegiatan diskusi tentang tema yang diberikan pada setiap sesi GP Moda daring.

Adapun Cara Menggunakan Fitur Forum Guru Pembelajar adalah sebagai berikut:

a. Memulai kegiatan forum

Untuk bisa mememulai kegitan forum anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Klik tautan yang bertuliskan Forum letaknya berada pada sesi yang sedang anda diikuti. Maka selanjutya akan tampil laman forum tersebut.

2. Pada laman yang tampil itu akan ada sebuah pengantar diskusi di dalam forum. Misalnya dalam bentuk pertanyaan, ketentuan ketika menjawab dan ketentuan ketika memberikan sebuah komentar. Usai selesai membaca pengantar forum tersebut maka anda bisa memulai kegiatan diskusi dengan klik tombol yang bertuliskan “add a new discussion topic”.

3. Setelah anda mengisi kotak isian untuk membuat/memulai tema baru sesuai dengan pertanyaan pada setiap forum. Kemudian silahkan klik tombol yang bertuliskan “post to forum”. Usai ketiga hal tersebut anda lakukan, berarti anda telah memulai Forum di dalam GP Moda Daring.

b. Memberikan komentar

Kegiatan selanjutnya yang perlu dilakukan dalam fitur forum ialah menjawab pertanyaan pada tema diskusi forum. Selain itu kegiatan lainnya yaitu memberi komentar atas dua tema/jawaban di diskusi dari peserta lain. Sehingga diharapkan komentar yang diberikan tersebut merupakan komentar positif dan terfokus pada tema topik diskusinya.

1. Apabila akan memberi komentar bisa dilakukan dengan cara mengklik tautan tema diskusi dari para peserta lain yang akan anda berikan komentar

2. Usai Klik tautan dari judul tema diskusi dari peserta lain maka akan muncul sebuah laman. Selanjutnya klik tautan yang bertuliskan “reply” letaknya berada di sebelah kanan bagian bawah isi dari tema diskusi.

3. Usai melakukan pengisian di dalam kotak isian yang bertujuan memulai/membuat tema baru sesuai dengan pertanyaan di dalam forum. Selanjutnya klik tombol yang bertuliskan “post to forum”, sehingga akan tampil daftar tema diskusi

Catatan Penting. Bagi semua jawaban/komentar diskusi yang sudah dikirim, bisa dihapus/diubah dalam dalam kurun waktu maksimal 30 menit usai komentar/jawaban dari tema diskusi tersebut dikirimkan. Usai waktu 30 menit tersebut maka Komentar/jawaban diskusi yang sudah dikirim tak bisa lagi diubah/hapus.

Demikian informasi mengenai Cara Menggunakan Fitur Forum Guru Pembelajar yang bisa saya sampaikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel