Cara Mengatasi Kekurangan Virtual Memory Server UNBK 2017


Cara Mengatasi Kekurangan Virtual Memory Server UNBK 2017 - Sobat admin dan proktor Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Semoga anda semuanya dalam keadaan sehat selalu sehingga bisa mengawal proses UNBK dari awal hingga akhir.

Tak terasa pelaksanaan UNBK tinggal beberapa bulan saja. Berbagai sarana prasarana harus segera dipersiapkan supaya ketika hari pelaksanaan telah tiba proses ujian akan berlangsung lancar tanpa adanya suatu halangan yang berarti.

Mengapa demikian? Sebab pelaksanaan UNBK sangat berbeda sekali dengan Ujian berbasis kertas dan pensil.

Karena semuanya menggunakan komputer, maka diperlukan kesiapan sarana terutama komputer dan server yang memadai untuk pelaksanaan UNBK,

Apabila di sekolah anda, komputer yang tersedia belum memenuhi spesifikasi yang ditentukan maka mulai saat ini segera lakukan pembaruan.

Mumpung ada kesempatan untuk mempersiapkan segalanya. Apabila spesifikasi komputer yang dimiliki tidak sesuai dengan standar yang ditentukan. Kemungkinan besar proses pelaksanaan UNBK akan terganggu.

Hal ini disebabkan karena sistem yang terdapat di dalam komputer tidak sesuai dengan standar minimal yang harus dipenuhi.

Salah satu standar minimal yang harus terdapat pada komputer untuk UNBK adalah virtual memory server.

Saya sendiri menyarankan agar menggunakan memori minimal ddr 3. Apabila memori yang dimiliki lebih kecil maka sangat dimungkinkan sistem tidak bisa berjalan dengan baik.

Misalnya saja, jika memori yang terdapat pada server UNBK adalah dd2 yang masing-masing 8 Gb. Padahal jumlah client adalah 40 unit.

Baca juga: Cara Instalasi Client dan Xambro UNBK

Kendati dalam pelaksanaannya bisa berjalan, namun sangat tidak disarankan sekali. Sebab pasti prosesnya akan berjalan sangat lamban karena terlalu berat.

Lantas bagaimana solusinya? Tenang saja, bagi anda yang virtual memory server UNBK masih kurang bisa diperbesar.

Maka dari itulah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Cara Mengatasi Kekurangan Virtual Memory Server UNBK 2017.

Bagi anda yang mengalami persoalan ini, diharapkan untuk memperhatikan dengan seksama penjelasan berikut ini.

Cara Mengatasi Kekurangan Virtual Memory Server UNBK 2017


Pengertian UNBK


Sebelum membahas mengenai Cara Mengatasi Kekurangan Virtual Memory Server UNBK 2017. Terlebih dahulu saya akan menjelaskan mengenai apa itu UNBK.

Ujian nasional berbasis computer (UNBK) adalah sebuah tes yang dilakukan dengan berbasis komputer dengan penyajian dan pemilihan soalnya dilakukan dengan cara terkomputerisasi sehingga semua  peserta tes ujian akan memperoleh paket soal yang berbeda-beda dan tidak mungkin sama.

Pada awalnya, tes dengan terkomputerisasi ini disebut dengan UN CBT. Kemudian pada tahun 2016 disebut dengan UNBK, di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbus) digunakanya sistem aplikasi ujian dengan menggunakan komputer ini bertujuan untuk memperoleh hasil tes yang valid dan bisa dipertanggung jawabkan.

Ujian Nasional sendiri akan diselenggarakan dalam kurun waktu yang bersamaan, untuk jenjang pendidikan SMP sederajat , SMA/MA dan SMK.

Mata pelajaran yang akan diujikan adalah beberapa mata pelajaran yang sama dengan ujian menggunakan Paper Based Test (PBT) atau ujian dengan kertas yang selama ini dilaukan.

Jadi masing-masing peserta ujian akan mengerjakan semua mata pelajaran secara terkomputerisasi  dengan waktu yang sudah ditentukan oleh pusat.

Adapun Model ujian UNBK dilakukan dengan menggunakan VHD offline supaya sekolah dapat melakukan berbagai persiapan dan latihan secara rutin  mengenai penggunaan aplikasi UNBK.

System yang dirancang offline ini tidak perlu menggunakan akses internet, cukup dengan memakai jaringan local saja.

Sedangkan untuk pelaksanaan Ujian Nasional akan bersifat semi online, hanya server saja yang akan terkoneksi dengan internet, karena melakukan sync ke server pusat dan menggunakan vhd semi online.

Spesifikasi Hardware Server Lokal UNBK


Untuk Server lokal UNBK, Spesifikasi hardware yang harus disediakan ialah sebagai berikut:

  • Processor adalah core i5
  • RAM minimal adalah 8 GB
  • Networking adalah LAN card 2 buah.
  • OS  adalah 64 bit dengan Windows 7 / Windows server 8 /linux. 
  • Jenisnya adalah  PC/Tower/Desktop dan bukan Laptop
  • Cadangan  harus memiliki Minimal 1 server (spek setara)
  • UPS yang dimiliki minimal adalah 500VA


Spesifikasi Hardware Komputer Peserta


Untuk komputer peserta UNBK, spesifikasi hardware yang harus disediakan adalah sebagai beriku

  • Processor minimal Pentium 4
  • RAM Minimal adalah 512 MB
  • Networking adalah LAN kabel
  • OS minimal Windows XP terinstall .NET Framework 3.5
  • Jenisnya adalah PC/Tower/Desktop / Laptop
  • Browser yang digunakan adalah Chrome dan tercopy XAMBRO (Applikasi browser dari  puspendik)
  • Cadangan yang harus dimiliki minimal adalah 10%


Cara Mengatasi Kekurangan Virtual Memory Server UNBK 2017


Bagi rekan-rekan yang hanya bisa memiliki server dengan memory minim 8 Gb sebaiknya perlu diperbesar lagi virtual memory windowsnya. Hal ini bertujuan agar sistem dapat  berjalan dengan normal tanpa adanya suatu hambatan apapun.

Mengapa virtual memory windows harus diperbesar? Sebab dalam UNBK 2017 pada proses simulasi yang keduan akan semakin membutuhkan resource yang lebih besar, Terutama dalam hal ketersediaan virtual memory baik di sistem windows dan virtualbox.

Untuk itulah virtual memory windows anda ada baiknya segera diperbesar. Untuk mengakomodir kebutuhan untuk UNBK.

Nah berikut ini saya akan memberikan tutorial mengenai Cara Mengatasi Kekurangan Virtual Memory Server UNBK 2017.

Tutorial yang saya buat ini adalah untuk operasi sistem windows 7. Perhatikanlah langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik kanan pada ikon komputer yang ada di windows (jendela) explore atau pada menu Start
  2. Klik Menu Propertise
  3. Klik Menu Advance System Setting
  4. Klik Menu Setting pada bagian Performance
  5. Klik Menu Tab Advance
  6. Klik Change
  7. Kemudian Pada bagian Custom Size, silahkan anda perbesar bagian maximum size (Mb) sesuai dengan kebutuhan
  8. Selesai, virtual memory windows anda berhasil diperbesar

Kendati tutorial di atas saya lakukan pada windows 7, bukan berarti untuk sistem di atasnya tidak bisa.

Untuk windows 10 langkah-langkah untuk memperbesar virtual memory windows hampir sama dengan windows 7. Anda hanya perlu menyesuaikan beberapa langkah saja.

Demikianlah informasi mengenai Cara Mengatasi Kekurangan Virtual Memory Server UNBK 2017 yang bisa saya bagikan untuk anda sekalian.

Segera persiapkan sebaik mungkin segala sarana dan prasarana untuk keperluan UNBK. Hal ini sangat penting sekali, sebab kelancaran UNBK salah satu faktor utamanya terletak pada kesiapan sarpras. Semoga artikel ini dapat membantu anda semuanya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel