Cara Memperbaiki Proses Klaim NUPTK di Verval PTK


Cara Memperbaiki Proses Klaim NUPTK di Verval PTK - Pengajuan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) telah dibuka kembali oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Bedanya, saat ini pengajuan NUPTK tidak lagi dilakukan melalui website Padamu Negeri. Melainkan berdasarkan pada data Dapodik masik-masing PTK.

Jika dianggap sudah layak maka ia akan otomatis menjadi calon penerima NUPTK di dalam Sistem Verifikasi dan Validasi (Verval) PTK.

Bagi anda yang sudah termasuk ke dalam calon penerima NUPTK, maka segera upload beberapa dokumen penunjang. Supaya pengajuannya segera di approve oleh beberapa pihak yang berwenang.

Cara Memperbaiki Proses Klaim NUPTK di Verval PTK


Berkaitan dengan hal tersebut, saya telah menjelasnkannya pada artikel yang berjudul, Fitur Calon Penerima NUPTK Sudah Aktif, Segera Upload Dokumen Anda.

Silahkan anda baca artikel tersebut, supaya mengetahui bagaimana caranya mengupload berbagai data yang diperlukan terkait penerbitan NUPTK.

Kali ini saya akan membahas sebuah artikel yang berkaitan dengan proses penerbitan NUPTK melalui Sistem Verval PTK.

Ada sebuah masalah terkait adanya keterangan Proses Klaim NUPTK untuk beberapa guru. Persoalan ini nampaknya tidak hanya dialami oleh satu dua orang guru saja, melainkan banyak dialami oleh para guru di Indonesia secara umum.

Pada gambar di bawah anda bisa melihat, bahwa terdapat seorang guru yang status validasinya adalah Proses Klaim NUPTK.

Hal ini tentunya sangat meresahkan, sebab dengan begitu maka guru tersebut tidak bisa mengajukan berkas-berkas untuk penerbitan NUPTK.

Pertanyaan selanjutnya adalah, adakah solusu untuk mengatasi hal tersebut? Bagaimana Cara Memperbaiki Proses Klaim NUPTK di Verval PTK?

Baca juga: Cara Upload Data Calon Penerima NUPTK Agar Cepat di Approve

Sehubungan dengan masalah tersebut, di sini saya akan mencoba menjelaskan solusi mengatasi masalah tersebut.


Cara Memperbaiki Proses Klaim NUPTK di Verval PTK


Ada 2 kasus mengenai Status Validasi berisi Proses Klaim NUPTK, yaitu:

  • Kasus pertama, guru bersangkutan sudah pernah memiliki NUPTK, namun data NUPTK tersebut tidak dimasukkan ke dalam Aplikasi Dapodik. Sehingga di Sistem Verval PTK, ia diindikasikan sudah mempunyai NUPTK. Solusinya adalah Aktifkan kembali NUPTK anda. Masukkan ke dalam Aplikasi Dapodik supaya data anda yang awalnya berisi keterangan Proses Klaim NUPTK, bisa kemudian menjadi VALID.
  • Pada kasus yang kedua ini cukup membuat banyak pihak pusing. Sebab guru tersebut, benar-benar belum pernah memiliki NUPTK. Awalnya mereka dinyatakan sebagai Calon Penerima NUPTK, namun selang beberapa waktu kemudia dalam Sistem Verval PTK dinyatakan dalam Proses Klaim NUPTK. Permasalahan ini banyak sekali, sehingga mereka tida bisa mengajukan berkas pengajuan NUPTK.

Untuk masalah yang kedua ini, ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan:

  1. Hubungi pihak Operator Dapodik di Dinas Kabupaten/Kota masing-masing. Tanyakan kepada mereka apa penyebab adanya keterangan Proses Klaim NUPTK pada data anda. Setelah dipastikan penyebabnya, mintalah untuk meriject status anda sebagai calon penerima NUPTK. Apakah ini tidak akan membatalkan seseorang menjadi calon penerima NUPTK? Iya ini akan membatalkan, namun selama data di dapodik anda sudah memenuhi syarat pengajuan NUPTK maka secara otomatis anda akan masuk kembali ke Calon Penerima NUPTK.
  2. Silahkan Hubungi Helpdesk Dapodikdasmen Pusat di laman http://helpdesk.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ atau juga bisa kepada Unit Layanan Terpadu Kemendikbud di laman http://ult.kemdikbud.go.id/ sampaikan semua permasalahan yang anda alami melalui laman tersebut. Nanti anda akan memperoleh penjelasan mengenai data anda tersebut.
  3. Tunggu Status Validasi di Sistem Verval PTK berubah secara otomatis. Ada yang berpendapat bahwa adanya keterangan Status Validasi berisikan Proses Klaim NUPTK disebabkan karena sistem sedang dalam penyempurnaan. Sehingga mengakibatkan beberapa data berubah demikian. maka tunggu saja sampai sistem bekerja normal dan disempurnakan, sehingga nanti data akan kembali menjadi Calon Penerima NUPTK.


Penutup


Pada intinya adanya status Proses Klaim NUPTK disebabkan karena input data di Aplikasi Dapodik anda. Sebab semua data yang ada dalam Sistem Verval PTK diambil dari dapodik.

Maka dari itu, kualitas dan validitas data yang dientri ke dalam Aplikasi Dapodik harus benar-benar valid. Jangan sampai ada data yang tidak benar.

Selama data anda semuanya valid, maka dalam Verval PTK tidak akan menjadi persoalan.

Demikianlah informasi mengenai Cara Memperbaiki Proses Klaim NUPTK di Verval PTK yang bisa saya sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Memperbaiki Proses Klaim NUPTK di Verval PTK"

  1. solusi mengatasi salah upload dokumen pengajuan NUPTK

    BalasHapus