Cara Mengatasi Registrasi Prefill Rapor Gagal karena Data Tidak Masuk



Sahabat Operator Dapodikdasmen yang berbahagia, di sini saya akan kembali membahas mengenai Entri Nilai Rapor.

Tema yang saya bahas berjudul Cara Mengatasi Registrasi Prefill Rapor Gagal karena Data Tidak Masuk.

Apakah anda juga salah satu orang yang mengalami hal ini? Jika iya maka perhatikan penjelasan berikut ini.

Seperti yang anda ketahui bersama, bahwa di dalam Aplikasi Dapodik Versi 2017 B terdapat beberapa pembaruan, salah satunya ialah Nilai Rapor.

 Cara Mengatasi Registrasi Prefill Rapor Gagal karena Data Tidak Masuk


Fitur tersebut, diperuntukkan bagi para guru mata pelajaran untuk mengentri nilai rapor peserta didik sesuai dengan mapel yang diampunya.

Agar bisa mengentri data nilai rapor, terlebih dahulu operator harus melakukan registrasi Nilai Rapor ke dalam Aplikasi Dapodik.

Prefill ini berisi data pembelajaran masing-masing rombongan belajar yang telah dientrikan ke dalam Dapodik pada semester-semester sebelumnya.

Selama anda belum melakukan regstrasi prefill nilai rapor, maka anda tidak akan bisa melakukan input nilai rapor. Maka dari itu, anda harus memperhatikan tahap ini dengan seksama.

Mengenai cara registrasi prefill nilai rapor, telah saya jelaskan secara lengkap pada artikel yang berjudul Cara Registrasi Data Prefill Nilai Rapor di Dapodik.

Namun, dalam beberapa kasus yang dijumpai oleh kawan-kawan operator terdapat sebuah hambatan, yaitu GAGAL MELAKUKAN REGISTRASI PREFILL NILAI RAPOR.

Kegagalan registrasi ini ditandai dengan munculnya informasi yang berisikan "Maaf beberapa data tidak masuk". Tentu masalah ini sangat memusingkan sekali, apalagi batas waktu pengiriman nila rapor sebentar lagi habis, yaitu pada tanggal 30 Mei 2017.

Masalah gagal registrasi karena data tidak masuk ini bukan hanya dialami oleh sebagian operator saja, melainkan banyak operator yang mengalami kasus serupa.

Akibat Gagal Registrasi Prefill Nilai Rapor Karena Data Tidak Ditemukan

Ketika anda gagal melakukan registasi prefill nilai rapor karena Data Tidak Ditemukan ialah Menu Nilai Rapor di Dapodik tidak bisa digunakan.

Kalaupun bisa muncul dan digunakan, data yang tampil di dalamnya tidak akan penuh. Ada sebagian data (pembelajaran, nama peserta didi/nama GTK) tida keluar. Sehingga menyebabkan nilai rapor tidak bisa diinput semuanya.

Lalu, bagaimana Cara Mengatasi Registrasi Prefill Rapor Gagal karena Data Tidak Masuk? Bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan supaya data prefill sukses diregistrasikan ke dalam Aplikasi Dapodik? Berikut ini tahap-tahapnya:

Cara Mengatasi Registrasi Prefill Rapor Gagal karena Data Tidak Masuk

Untuk mengatasi gagal melakukan registrasi Prefill Nilai Rapor karena Data Tidak Masuk, ada beberapa hal yang harus anda lakukan, yaitu:

  1. Laukan Syncron terhadap data Dapodik anda terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya data terupdate anda sudah terkirim ke server pusat
  2. Selanjutnya, silahkan anda Install Ulang Aplikasi Dapodik di PC anda. Pastikan anda menginstall ulang Dapodik Versi terbaru yaitu versi 2017 B
  3. Sesudah selesai melakukan install ulang, silahkan anda lakukan sinkronisasi dapodik lagi
  4. Selanjutnya, lakukan generate prefill Nilai Rapor dengan menggunakan Security Kiss
  5. Simpanlah data prefill Rapor yang berhasil anda ke dalam data  C:\prefill_dapodik komputer anda
  6. Lakukan setting Dapodik melalui Menu Pengaturan> Kemudian Klik Prefill Rapor
  7. Maka lihatlah pasti nanti akan muncul keterangan "Registrasi Berhasil"

Sesudah ada keterangan yang berisikan bahwa registrasi berhasil, itu tandanya proses registrasi prefill nilai rapor anda sukses dilakukan.

Nah apabila anda mengalami masalah yang serupa dengan hal tersebut, maka lakukanlah langkah-
langkah di atas.

Demikianlah informasi mengenai Cara Mengatasi Registrasi Prefill Rapor Gagal karena Data Tidak Masuk yang bisa saya sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to " Cara Mengatasi Registrasi Prefill Rapor Gagal karena Data Tidak Masuk "

  1. registrasi prefill raport pada aplikasi dapodikdasmen 2017b berhasil, namun pada saat cek nilai raport pada aplikasi dapodik datanya kosong ... nilai tersebut tidk tampil ,,, bagaimana solusinya pak ?? trimss

    BalasHapus