Cara Update Aplikasi Dapodik Versi 2017c yang Benar


Saahabat operator sekolah, menanggapi berbagai keluhan yang terdapat pada Aplikasi Dapodikdasmen versi 2017b, saat ini Tim Dapodikdasmen Pusat telah resmi melakukan Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2017c.

Pembaruan aplikasi ini dimaksudkan untuk memperbaiki berbagai kekurangan yang terdapat pada aplikasi dapodik versi sebelumnya. Sehingga proses pendataan bisa dilakukan secara lancar.

Aplikasi yang dirilis kali ini berupa Updater/Patch, jadi anda tidak perlu melakukan install ulang terhadap aplikasi dapodik di PC anda.

Cara Update Aplikasi Dapodik Versi 2017c yang Benar


Cukup unduh file updater di website dapodikdasmen, lalu lakukan proses updater.

Bagaimana caranya?

Untuk membantu anda dalam melakukan update terhadap aplikasi dapodik versi 2017c, berikut ini kami berikan petunjuk mengenai langkah-langkah lengkapnya supaya proses pembaruan bisa berlangsung dengan benar.

Cara Update Aplikasi Dapodik Versi 2017c yang Benar

Pembaharuan aplikasi versi 2017.c ada dua jenis yaitu melalui updater/patch dan pembaruan online. Untuk patch/updater dapat diunduh pada menu unduhan pada laman dapodik dikdasmen (dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan/).

Install updater/patch versi 2017.c dapat langsung dilakukan pada semua versi Aplikasi dapodik versi 2017 yang terinstal di komputer ( versi 2017, versi 2017.a, versi 2017.b). Sedangkan pembaruan online mensyaratkan aplikasi yang terinstal harus versi 2017.b

Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Menggunakan UPDATER Aplikasi Dapodik versi 2017c


  • Silahkan Unduh file UPDATER Aplikasi Dapodik versi 2017c pada website dapodikdasmen di alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita/rilis-pembaruan-aplikasi-dapodik-2017c
  • Lakukan proses installasi sampai dengan selesai. Jangan pernah memberhentikan proses installasi.
  • Setelah selesai Lakukan refresh terhadap PC dengan cara menekan  tombol keybord Ctrl + F5

2. Pembaruan Aplokasi Dapodik Versi 2017c secara Online

Untuk melakukan pembaruan aplikasi dapodik secara online, caranya adalah sebagai berikut:

  • Pastikanlah komputer/laptop anda terkoneksi internet.
  • Silahkan anda login ke dalam Aplikasi Dapodik Versi 2017.b
  • Masuklah pada menu Pengaturan, kemdian Klik Cek Pembaruan Aplikasi, klik pada tombol yang bertuliskan “Cek Pembaruan”.
  • Maka kemudian akan ditampilkan keterangan yang berisikan bahwa Pembaruan Tersedia. Pembaruan Tersedia (Dapodik 2017c ) Apakah Anda ingin melanjutkan proses pembaruan tersebut? Pastikan anda tidak menutup jendela browser sebelum proses pembaruan aplikasi dapodik versi 2017c selesai dilakukan!
  • Silahkan Klik tombol “Lanjutkan”, maka sistem akan secara otomatis melakukan update pembaruan aplikasi.
  • Sesudah proses pembaruan selesai, silahkan klik tombol “Muat ulang halaman sekarang”..

Perlu anda lketahui bahwa Pembaruan Aplikasi Dapodik 2017c dilakukan guna untuk membenahi berbagai masalah yang berhubungan dengan entri data nilai rapor, US/USBN di dalam aplikasi dapodik.

Untuk melakukan input nilai rapor, US/USBN anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:


  1. Pastikanlah anda telah sukses melakukan update/pembaruan ke dalam Aplikasi Dapodik versi 2017c.
  2. Lakukan sinkronisasi aplikasi dapodik. Sinkronisasi ini bertujuan supaya seluruh referensi semester yang dibutuhkan bisa turun ke Aplikasi Dapodik, sehingga akan mengaktifkan pilihan semester ganjil dan genap pada Tahun Pelajaran 2014/2015, semester ganjil dan genap Tahun Pelajaran 2015/2016, serta semester ganjil dan genap pada Tahun Pelajaran 2016/2017.
  3. Generate Prefill Nilai Rapor. Proses generate prefill rapor harus anda akukan supaya data pembelajaran dan data anggota rombongan dari semester-semester yang terdahulu dapat masuk ke dalam Aplikasi Dapodik.
  4. Periksalah kelengkapan data anggota rombel di dapodik dan data pembelajaran pada semester dimana anda akan melakukan proses entri data nilai rapor peserta didik.
  5. Pastikanlah bahwa akun guru setiap mata pelajaran dan wali kelas sudah aktif dan bisa digunakan untuk login ke dalam Aplikasi Dapodik.

Supaya lebih memahami berbagai mekanisme terkait dengan Aplikasi Dapodik versi terbaru ini, silahkan anda baca terlebih dahulu panduannya yangh bisa diunduh melalui website dapodikdasmen.
Demikianlah informasi mengenai Cara Update Aplikasi Dapodik Versi 2017c yang benar semoga bisa membantu anda semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel