Ingin Jadi Duta Rumah Belajar? Berikut Ini Caranya


Sahabat dikbud di seluruh Indonesia, sudah tahukah anda jika saat ini ada sebuah program bernama Duta Rumah Belajar?

Jika sahabat belum mengetahuinya, alangkah baiknya menyimak baik-baik informasi berikut. Barangkali nanti sahabat tertarik untuk mengikuti. Sebab banyak manfaat dan keuntungan yang dapat diperoleh.

Saya sendiri mengetahui informasi adanya program Duta Rumah Belajar melalui fanpage resmi Pustekkom Kemdikbud.

Duta Rumah Belajar


Apabila anda ingin mengecekanya secara langsung boleh saja, silahkan ketikkan Pustekkom Kemdikbud di fitur pencarian Facebook, nanti akan muncul berbagai informasi terkait dengan dunia pendidikan. Salah satunya pemberitahuan tentang Duta Rumah Belajar.

Apa itu Program Duta Rumah Belajar?


Pastinya anda bertanya-tanya mengenai apa itu Program Duta Rumah Belajar. Hal ini sangat wajar mengingat program ini termasuk gagasan baru dari Pustekkom Kemdikbud.

Duta Rumah Belajar adalah sebuah program di mana nanti para guru akan dipilih oleh pihak Pustekkom Kemdikbud guna menjadi agen sosialisasi mengenai pemanfaatan Rumah Belajar kepada para guru lain, peserta didik, dan  masyarakat yang berada di daerahnya masing-masing.

Jadi dari pengertian tersebut dapat dipahami bahwa para Duta Rumah Belajar mempunyai tugas utama untuk mengajak semua stakeholder pendidikan untuk memanfaatkan Rumah Belajar.

Tentunya ini menjadi sebuah terobosan yang patut diapresiasi oleh semua pihak, karena dapat mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Apa sih tujuan adanya program Duta Rumah Belajar?

Program Duta Rumah Belajar ini mempunyai tujuan utama untuk meningkatkan kompetensi TIK Guru yang berbasis pada multimedia & WEB di 34 Provinsi.

Apa Keuntungan Menjadi Duta Rumah Belajar?

Adanya program Duta Rumah Belajar memberikan banyak keuntungan bagi mereka yang terpilih. Adapun keuntungan-keuntungan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Memperoleh program peningkatan kompetensi dalam bidang TIK
  • Mengikuti Kegiatan Seminar Pemanfaatan TIK yang dilaksanakan di Jakarta
  • Memperoleh Piagam Penghargaan
  • Semua nama guru yang menjadi Duta Rumah Belajar akan diumumkan melalui Website resmi Rumah Belajar yang beralamat di http://belajar.kemdikbud.go.id
  • Akan diikutsertakan untuk menjadi seorang Trainer Rumah Belajar, ketika ada pelatihan mengenai Pemanfaatan Rumah Belajar di lokasi yang menjadi tempat Duta Rumah Belajar berada
Nah banyak sekali kan keuntungannya? Pastinya ini sangat bermanfaat sekali buat anda di masa mendatang.

Cara Mendaftar Duta Rumah Belajar

Jika anda ingin menjadi salah satu Duta Rumah Belajar, maka terlebih dahulu harus melakukan pendaftaran diri.

Proses pendaftaran dilakukan secara online di alamat website http://belajar.kemdikbud.go.id/pelatihan yang berada di kolom ToT Duta Rumah Belajar.

Adapun syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi Duta Rumah Belajar adalah sebagai berikut:

  1. Pendaftar adalah seoraang Guru mata pelajaran atau  Guru kelas
  2. Telah terdaftar di Program Rumah Belajar
  3. Telah terdaftar di SIM Pelatihan Rumah Belajar
  4. Telah melakukan sosialisasi mengenai Pemanfaatan Rumah Belajar kepada para guru lainnya minimal berasal dari 10 Sekolah lainnya dengan dengan mempergunakan SIM Pelatihan
  5. Mengirimkan bahan belajar yang berasal dari hasil pemanfaatan Rumah Belajar di bagian Karya Guru

Itu saja syarat yang harus anda penuhi untuk menjadi seorang guru Duta Rumah Belajar. Apabila semua syarat tersebut sudah terpenuhi maka segeralah untuk mendaftar.

Namun jika ada beberapa syarat yang belum terpenuhi, maka sesegeralah dilengkapi semuanya supaya anda lolos pada tahap pendaftaran.

Marilah kita sama-sama  bersemangat untuk menyebar luaskan konten-konten pembelajaran yang inovatif untuk kemajuan pendidikan di Indonesia yang lebih baik.

Demikianlah informasi mengenai program Duta Rumah Belajar yang dapat kami sampaikan kepada anda semuanya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel