Cara Mudah Cetak Kartu Anggota SIM PKB

Cara Mudah Cetak Kartu Anggota SIM PKB - Semua Guru yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, diharuskan mempunyai Akun SIM PKB. Jika tidak, maka akan mempengaruhi proses pendataan anda. Di antaranya dalam hal melihat Info GTK.

Bagi bapak/ibu guru yang sudah mendaftarkan diri dalam SIM PKB, ada baiknya mengecek data anda apakah benar-benar sudah menjadi anggota komunitas atau belum.

Cara Mudah Cetak Kartu Anggota SIM PKB


Salah satu cara untuk memastikan diri bahwa seorang Guru, Kepala Sekolah dan juga Pengawas Sekolah telah benar-benar menjadi anggota SIM PKB ialah dengan mempunyai Kartu Anggota PKB atau yang biasa disebut juga Kartu Identitas GTK.

Kartu Anggota SIM PKB adalah sebuah kartu khusus yang diterbitkan oleh Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) dengan menggunakan Aplikasi SIM PKB.

Di dalam Kartu Anggota SIM PKB berisikan informasi data diri Guru, yang mencakup Nama Lengkap, Kelompok Kerja (Pokja), Kabupaten dan Provinsi.

Artikel: Informasi Hasil Rakornas SIM PKB

Untuk memiliki kartu ini, bukan perkara sulit. Anda tidak perlu menghubungi Dinas Pendidikan/Ketua Kelompok kerja. Kartu Anggota SIM PKB bisa dengan mudah anda cetak sendiri melalui Akun SIM PKB anda masing-masing.

Lalu, bagaimana Cara Mudah Cetak Kartu Anggota SIM PKB?

Untuk mencetak Cetak Kartu Anggota SIM PKB anda harus melakukan beberapa langkah berikut ini:
  • Pertama, silahkan Login ke Akun SIM PKB anda masing-masing dengan mengunjungki alamat website berikut app.simpkb.id
  • Apabila anda telah berhasil melakukan Login, kemudian klik tombol Menu
  • Klik Menu Profilku atau juga bisa melihat Komunitas anda
  • Klik pada Menu Cetak Kartu Anggota
  • Silahkan cek foto profil Anda masing-masing, apabila profil Anda belum diberikan foto diri maka silahkan ganti gambar profil tersebut dengan foto yang Anda inginkan. Saran saya gunakan foto yang formal ya
  • Adapun cara mengganti foto profil Kartu Anggota SIM PKB ialah dengan meng-Klik Tanda Pensil yang berada di samping Profil, selanjutnya sesudah fitur ubah foto berhasil tebuka klik file dan unggah foto yang Anda inginkan dengan ukuran 250 x 250 pixel atau juga bisa 220 x 300 pixel yang penting maksimal ukuran file fotonya adalah 100 Kb.
  • Selanjutnya, di menu Data Komunitas silahkan klik gambar printer seperti gambar nomor 1 di atas untuk download Kartu Anggota SIM PKB
  • Berikutnya silahkan anda print kartu tersebut. Adapun contoh Kartu Anggota Komunitas SIM PKB bisa anda lihat pada gambar nomor 2 di atas. (fotonya sengaja saya samarkan ya)
Catatan Penting!!! Di dalam Menu Profil ada informasi mengenai Data Kontak. Isilah data tersebut secara lengkap terutama pada alamat email. Masukkan email (Gmai) anda yang masih aktif. Sehingga nanti apabila anda mengalami gagal login karena lupa password maka anda bisa mereset ulang dengan cara Klik Tombol Lupa Password, maka kemudian sistem akan mengirimkan notofikasi ke data email anda. Jadi isilah dengan alamat email yang valid ya.

Demikianlah informasi mengenai Cara Mudah Cetak Kartu Anggota SIM PKB yang bisa saya sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Cetak Kartu Anggota SIM PKB"

Posting Komentar